Melihat Fasilitas Perakitan Baterai dan Motor Listrik Zeekr di Tiongkok

Zeekr Factory

OTO Media Group menerima undangan dari Zeekr, produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, untuk mengunjungi salah satu fasilitas mereka, yaitu VRMET atau Vindi Energy Mobility Technology Co., Ltd. Fasilitas ini adalah bagian dari Geely Holding Group dan beroperasi di bawah Zeekr Intelligent Technology, bersama dengan merek Zeekr itu sendiri.

Berlokasi di Hangzhou Bay New Area, Ningbo, fasilitas ini berperan sebagai pusat penelitian dan pengembangan, produksi, serta penyediaan komponen-komponen penting seperti baterai, motor listrik, sistem pengisian, dan sistem penyimpanan energi. Selain itu, ada tiga fasilitas lain yang terletak di Distrik Xiaoshan (Hangzhou), Donggang Industrial Park (Quzhou), dan Distrik Xuecheng (Zaozhuang).

Kunjungan kami berawal dari area perakitan paket baterai, yang merupakan sumber daya utama untuk kendaraan listrik. Proses perakitan ini melibatkan kombinasi kerja antara robot dan tenaga kerja manusia yang terampil. VRMET tidak hanya memproduksi baterai untuk Zeekr, tetapi juga untuk konsumen dan merek lain seperti Lotus, Polestar, Volvo, Smart, Lynk & Co, Geely Galaxy, Geometry, dan lainnya.

VREMT

Tour guide kami, yang juga bekerja untuk VRMET, menjelaskan bahwa fasilitas di Hangzhou Bay New Area dapat memproduksi hingga 500 paket baterai setiap hari. Dengan dua shift kerja, masing-masing menghasilkan 250 paket. Produksi satu paket baterai membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Proses yang memakan waktu ini tidak hanya termasuk perakitan, tetapi juga pengujian langsung untuk memastikan keamanan dan kinerja produk mencapai standar tertinggi.

Sebagai informasi, VRMET mampu memproduksi baterai hingga 1,047 juta unit per tahun dengan beragam varian, termasuk paket yang kompatibel dengan infrastruktur 800V, 400V, PHEV, dan HEV. Zeekr memanfaatkan tipe 800V dan 400V yang dapat diisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 15 menit dan 30 menit berturut-turut.

Adapun fasilitas untuk sistem penggerak listrik atau motor listrik, yang memproduksi dua tipe, yaitu EDS1 dan EDS2. Perbedaan kedua tipe ini terletak pada kebutuhan atau model dari kendaraan, entah itu kendaraan listrik murni, HEV, atau PHEV. Produksi EDS1 mencapai 460 ribu unit per tahun, sementara EDS2 sekitar 80 ribu unit per tahun.

Zeekr battery factory

Produk-produk ini merupakan komponen inti dari motor listrik yang akan distribusikan ke berbagai merek atau klien. Output tenaga motor bisa diatur untuk memenuhi kebutuhan tiap merek. VRMET memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 1,35 juta unit di sektor sistem penggerak listrik. Proses pembuatan motor listrik, mirip dengan baterai, bergantung pada robot untuk menjamin presisi dan performa yang tinggi.

"Otomatisasi pada motor listrik nyaris mencapai 70 persen. Sementara itu, otomatisasi di pabrik (VRMET Hangzhou Bay New Area) secara total hampir mencapai 80 persen," kata pemandu tur di China, Senin (09/09).

Sampai sekarang, VREMT sudah mendapatkan lebih dari 1.233 hak paten, yang meliputi 697 paten untuk sel baterai, modul, paket baterai, sistem manajemen baterai (BMS), kontrol motor elektronik, dan produk penyimpanan energi. (Hfd)

Baca Juga: Zeekr X7 Meluncur, Penantang Baru Tesla Model Y

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Chery Tiggo 8 CSH Sudah Mulai Produksi dan Dikirim Mei, Calon PHEV Termurah
    Chery Tiggo 8 CSH Sudah Mulai Produksi dan Dikirim Mei, Calon PHEV Termurah
    Bangkit Jaya . 28 Mar, 2025
  • Program Dealer Siaga Mitsubishi Motors Siapkan 60 Titik Pastikan Mudik Aman dan Nyaman
    Program Dealer Siaga Mitsubishi Motors Siapkan 60 Titik Pastikan Mudik Aman dan Nyaman
    Setyo Adi . 28 Mar, 2025
  • Lexus Aero Concierge Manjakan Pelanggan Dengan Privilege Mewah di Bandara
    Lexus Aero Concierge Manjakan Pelanggan Dengan Privilege Mewah di Bandara
    Zenuar Yoga . 28 Mar, 2025
  • DFSK Siap Kawal Mudik Lebaran & Perkuat Komitmen EV di Indonesia
    DFSK Siap Kawal Mudik Lebaran & Perkuat Komitmen EV di Indonesia
    Muhammad Hafid . 28 Mar, 2025
  • Mengupas Desain Eksterior Radikal Ferrari 12Cilindri
    Mengupas Desain Eksterior Radikal Ferrari 12Cilindri
    Eka Zulkarnain H . 28 Mar, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • ExxonMobil Lubricants Indonesia Kembali Gelar Mudik Gratis untuk Mekanik di 2025
    ExxonMobil Lubricants Indonesia Kembali Gelar Mudik Gratis untuk Mekanik di 2025
    Ardiantomi . Hari ini
  • Exxon Mobil Jamin Ketersedian Stok BBM di Pulau Jawa Selama Mudik 2025
    Exxon Mobil Jamin Ketersedian Stok BBM di Pulau Jawa Selama Mudik 2025
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Chery Tiggo 8 CSH Bakal Dirakit Lokal dan Meluncur Mei 2025
    Chery Tiggo 8 CSH Bakal Dirakit Lokal dan Meluncur Mei 2025
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • BP-AKR Sediakan Posko Mudik dan Promo Menarik 
    BP-AKR Sediakan Posko Mudik dan Promo Menarik 
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Toyota Siagakan 15 Posko dan 300 Bengkel Sambut Mudik 2025
    Toyota Siagakan 15 Posko dan 300 Bengkel Sambut Mudik 2025
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Update Harga LCGC Jelang Lebaran, Ada Agya Stylix Terbaru
    Update Harga LCGC Jelang Lebaran, Ada Agya Stylix Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 22 Mar, 2025
  • Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mar, 2025
  • Komparasi Jetour Dashing vs Honda HR-V vs Hyundai Creta, Pilih Mana?
    Komparasi Jetour Dashing vs Honda HR-V vs Hyundai Creta, Pilih Mana?
    Bangkit Jaya Putra . 17 Mar, 2025
  • Komparasi SUV Listrik Terbaru: Geely EX5 vs BYD Atto 3 vs Aion V
    Komparasi SUV Listrik Terbaru: Geely EX5 vs BYD Atto 3 vs Aion V
    Setyo Adi Nugroho . 14 Mar, 2025
  • Cari Mobil untuk Mudik Lebaran, Cek Harga Toyota Kijang Innova Zenix Bekas
    Cari Mobil untuk Mudik Lebaran, Cek Harga Toyota Kijang Innova Zenix Bekas
    Anjar Leksana . 14 Mar, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Tips Berkendara Nyaman dan Aman Selama Puasa Ramadhan
    Alvando Noya . 18 Mar, 2025
  • Biaya-biaya yang Harus Dipersiapkan Jelang Mudik Lebaran
    Biaya-biaya yang Harus Dipersiapkan Jelang Mudik Lebaran
    Muhammad Hafid . 17 Mar, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025