Melihat Fasilitas Perakitan Baterai dan Motor Listrik Zeekr di Tiongkok
OTO Media Group menerima undangan dari Zeekr, produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, untuk mengunjungi salah satu fasilitas mereka, yaitu VRMET atau Vindi Energy Mobility Technology Co., Ltd. Fasilitas ini adalah bagian dari Geely Holding Group dan beroperasi di bawah Zeekr Intelligent Technology, bersama dengan merek Zeekr itu sendiri.
Berlokasi di Hangzhou Bay New Area, Ningbo, fasilitas ini berperan sebagai pusat penelitian dan pengembangan, produksi, serta penyediaan komponen-komponen penting seperti baterai, motor listrik, sistem pengisian, dan sistem penyimpanan energi. Selain itu, ada tiga fasilitas lain yang terletak di Distrik Xiaoshan (Hangzhou), Donggang Industrial Park (Quzhou), dan Distrik Xuecheng (Zaozhuang).
Kunjungan kami berawal dari area perakitan paket baterai, yang merupakan sumber daya utama untuk kendaraan listrik. Proses perakitan ini melibatkan kombinasi kerja antara robot dan tenaga kerja manusia yang terampil. VRMET tidak hanya memproduksi baterai untuk Zeekr, tetapi juga untuk konsumen dan merek lain seperti Lotus, Polestar, Volvo, Smart, Lynk & Co, Geely Galaxy, Geometry, dan lainnya.
Tour guide kami, yang juga bekerja untuk VRMET, menjelaskan bahwa fasilitas di Hangzhou Bay New Area dapat memproduksi hingga 500 paket baterai setiap hari. Dengan dua shift kerja, masing-masing menghasilkan 250 paket. Produksi satu paket baterai membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Proses yang memakan waktu ini tidak hanya termasuk perakitan, tetapi juga pengujian langsung untuk memastikan keamanan dan kinerja produk mencapai standar tertinggi.
Sebagai informasi, VRMET mampu memproduksi baterai hingga 1,047 juta unit per tahun dengan beragam varian, termasuk paket yang kompatibel dengan infrastruktur 800V, 400V, PHEV, dan HEV. Zeekr memanfaatkan tipe 800V dan 400V yang dapat diisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 15 menit dan 30 menit berturut-turut.
Adapun fasilitas untuk sistem penggerak listrik atau motor listrik, yang memproduksi dua tipe, yaitu EDS1 dan EDS2. Perbedaan kedua tipe ini terletak pada kebutuhan atau model dari kendaraan, entah itu kendaraan listrik murni, HEV, atau PHEV. Produksi EDS1 mencapai 460 ribu unit per tahun, sementara EDS2 sekitar 80 ribu unit per tahun.
Produk-produk ini merupakan komponen inti dari motor listrik yang akan distribusikan ke berbagai merek atau klien. Output tenaga motor bisa diatur untuk memenuhi kebutuhan tiap merek. VRMET memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 1,35 juta unit di sektor sistem penggerak listrik. Proses pembuatan motor listrik, mirip dengan baterai, bergantung pada robot untuk menjamin presisi dan performa yang tinggi.
"Otomatisasi pada motor listrik nyaris mencapai 70 persen. Sementara itu, otomatisasi di pabrik (VRMET Hangzhou Bay New Area) secara total hampir mencapai 80 persen," kata pemandu tur di China, Senin (09/09).
Sampai sekarang, VREMT sudah mendapatkan lebih dari 1.233 hak paten, yang meliputi 697 paten untuk sel baterai, modul, paket baterai, sistem manajemen baterai (BMS), kontrol motor elektronik, dan produk penyimpanan energi. (Hfd)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test