Melihat Fasilitas Perakitan Baterai dan Motor Listrik Zeekr di Tiongkok

Zeekr Factory

OTO Media Group menerima undangan dari Zeekr, produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, untuk mengunjungi salah satu fasilitas mereka, yaitu VRMET atau Vindi Energy Mobility Technology Co., Ltd. Fasilitas ini adalah bagian dari Geely Holding Group dan beroperasi di bawah Zeekr Intelligent Technology, bersama dengan merek Zeekr itu sendiri.

Berlokasi di Hangzhou Bay New Area, Ningbo, fasilitas ini berperan sebagai pusat penelitian dan pengembangan, produksi, serta penyediaan komponen-komponen penting seperti baterai, motor listrik, sistem pengisian, dan sistem penyimpanan energi. Selain itu, ada tiga fasilitas lain yang terletak di Distrik Xiaoshan (Hangzhou), Donggang Industrial Park (Quzhou), dan Distrik Xuecheng (Zaozhuang).

Kunjungan kami berawal dari area perakitan paket baterai, yang merupakan sumber daya utama untuk kendaraan listrik. Proses perakitan ini melibatkan kombinasi kerja antara robot dan tenaga kerja manusia yang terampil. VRMET tidak hanya memproduksi baterai untuk Zeekr, tetapi juga untuk konsumen dan merek lain seperti Lotus, Polestar, Volvo, Smart, Lynk & Co, Geely Galaxy, Geometry, dan lainnya.

VREMT

Tour guide kami, yang juga bekerja untuk VRMET, menjelaskan bahwa fasilitas di Hangzhou Bay New Area dapat memproduksi hingga 500 paket baterai setiap hari. Dengan dua shift kerja, masing-masing menghasilkan 250 paket. Produksi satu paket baterai membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Proses yang memakan waktu ini tidak hanya termasuk perakitan, tetapi juga pengujian langsung untuk memastikan keamanan dan kinerja produk mencapai standar tertinggi.

Sebagai informasi, VRMET mampu memproduksi baterai hingga 1,047 juta unit per tahun dengan beragam varian, termasuk paket yang kompatibel dengan infrastruktur 800V, 400V, PHEV, dan HEV. Zeekr memanfaatkan tipe 800V dan 400V yang dapat diisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 15 menit dan 30 menit berturut-turut.

Adapun fasilitas untuk sistem penggerak listrik atau motor listrik, yang memproduksi dua tipe, yaitu EDS1 dan EDS2. Perbedaan kedua tipe ini terletak pada kebutuhan atau model dari kendaraan, entah itu kendaraan listrik murni, HEV, atau PHEV. Produksi EDS1 mencapai 460 ribu unit per tahun, sementara EDS2 sekitar 80 ribu unit per tahun.

Zeekr battery factory

Produk-produk ini merupakan komponen inti dari motor listrik yang akan distribusikan ke berbagai merek atau klien. Output tenaga motor bisa diatur untuk memenuhi kebutuhan tiap merek. VRMET memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 1,35 juta unit di sektor sistem penggerak listrik. Proses pembuatan motor listrik, mirip dengan baterai, bergantung pada robot untuk menjamin presisi dan performa yang tinggi.

"Otomatisasi pada motor listrik nyaris mencapai 70 persen. Sementara itu, otomatisasi di pabrik (VRMET Hangzhou Bay New Area) secara total hampir mencapai 80 persen," kata pemandu tur di China, Senin (09/09).

Sampai sekarang, VREMT sudah mendapatkan lebih dari 1.233 hak paten, yang meliputi 697 paten untuk sel baterai, modul, paket baterai, sistem manajemen baterai (BMS), kontrol motor elektronik, dan produk penyimpanan energi. (Hfd)

Baca Juga: Zeekr X7 Meluncur, Penantang Baru Tesla Model Y

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Lexus RC F Segera Stop Produksi, Bakal Ada Edisi Perpisahan
    Lexus RC F Segera Stop Produksi, Bakal Ada Edisi Perpisahan
    Alvando Noya . Hari ini
  • BMW Indonesia Klaim Puncak Pasar Mobil Premium Sepanjang 2024
    BMW Indonesia Klaim Puncak Pasar Mobil Premium Sepanjang 2024
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • IIMS 2025 Jadi Momentum Industri Otomotif Nasional Bangkit Awal Tahun
    IIMS 2025 Jadi Momentum Industri Otomotif Nasional Bangkit Awal Tahun
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Huawei Punya Robot Untuk EV Charging Otomatis
    Huawei Punya Robot Untuk EV Charging Otomatis
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Pilihan SUV Besar Premium, Simak Perbedaan Mazda CX-70 dan CX-80 Versi Australia
    Pilihan SUV Besar Premium, Simak Perbedaan Mazda CX-70 dan CX-80 Versi Australia
    Eka Zulkarnain H . 18 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ini Bedanya SUV Baru Mazda CX-80 dengan CX-70
    Ini Bedanya SUV Baru Mazda CX-80 dengan CX-70
    Alvando Noya . Hari ini
  • Komitmen Denza di Indonesia, Diler Pertama di BSD City Siap Melayani
    Komitmen Denza di Indonesia, Diler Pertama di BSD City Siap Melayani
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Suzuki Bakal Luncurkan Mobil SUV Baru di Semester 1 Tahun Ini
    Suzuki Bakal Luncurkan Mobil SUV Baru di Semester 1 Tahun Ini
    Ardiantomi . Hari ini
  • BMW Dominasi Pasar Premium dan EV di Indonesia
    BMW Dominasi Pasar Premium dan EV di Indonesia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Meluncur 22 Januari 2025, Tengok Spesifikasi BYD Denza D9
    Meluncur 22 Januari 2025, Tengok Spesifikasi BYD Denza D9
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024