Melihat Fasilitas Perakitan Baterai dan Motor Listrik Zeekr di Tiongkok

Zeekr Factory

OTO Media Group menerima undangan dari Zeekr, produsen kendaraan listrik asal Tiongkok, untuk mengunjungi salah satu fasilitas mereka, yaitu VRMET atau Vindi Energy Mobility Technology Co., Ltd. Fasilitas ini adalah bagian dari Geely Holding Group dan beroperasi di bawah Zeekr Intelligent Technology, bersama dengan merek Zeekr itu sendiri.

Berlokasi di Hangzhou Bay New Area, Ningbo, fasilitas ini berperan sebagai pusat penelitian dan pengembangan, produksi, serta penyediaan komponen-komponen penting seperti baterai, motor listrik, sistem pengisian, dan sistem penyimpanan energi. Selain itu, ada tiga fasilitas lain yang terletak di Distrik Xiaoshan (Hangzhou), Donggang Industrial Park (Quzhou), dan Distrik Xuecheng (Zaozhuang).

Kunjungan kami berawal dari area perakitan paket baterai, yang merupakan sumber daya utama untuk kendaraan listrik. Proses perakitan ini melibatkan kombinasi kerja antara robot dan tenaga kerja manusia yang terampil. VRMET tidak hanya memproduksi baterai untuk Zeekr, tetapi juga untuk konsumen dan merek lain seperti Lotus, Polestar, Volvo, Smart, Lynk & Co, Geely Galaxy, Geometry, dan lainnya.

Tour guide kami, yang juga bekerja untuk VRMET, menjelaskan bahwa fasilitas di Hangzhou Bay New Area dapat memproduksi hingga 500 paket baterai setiap hari. Dengan dua shift kerja, masing-masing menghasilkan 250 paket. Produksi satu paket baterai membutuhkan waktu sekitar tiga jam. Proses yang memakan waktu ini tidak hanya termasuk perakitan, tetapi juga pengujian langsung untuk memastikan keamanan dan kinerja produk mencapai standar tertinggi.

Sebagai informasi, VRMET mampu memproduksi baterai hingga 1,047 juta unit per tahun dengan beragam varian, termasuk paket yang kompatibel dengan infrastruktur 800V, 400V, PHEV, dan HEV. Zeekr memanfaatkan tipe 800V dan 400V yang dapat diisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 15 menit dan 30 menit berturut-turut.

Adapun fasilitas untuk sistem penggerak listrik atau motor listrik, yang memproduksi dua tipe, yaitu EDS1 dan EDS2. Perbedaan kedua tipe ini terletak pada kebutuhan atau model dari kendaraan, entah itu kendaraan listrik murni, HEV, atau PHEV. Produksi EDS1 mencapai 460 ribu unit per tahun, sementara EDS2 sekitar 80 ribu unit per tahun.

Produk-produk ini merupakan komponen inti dari motor listrik yang akan distribusikan ke berbagai merek atau klien. Output tenaga motor bisa diatur untuk memenuhi kebutuhan tiap merek. VRMET memiliki kapasitas produksi tahunan sebanyak 1,35 juta unit di sektor sistem penggerak listrik. Proses pembuatan motor listrik, mirip dengan baterai, bergantung pada robot untuk menjamin presisi dan performa yang tinggi.

"Otomatisasi pada motor listrik nyaris mencapai 70 persen. Sementara itu, otomatisasi di pabrik (VRMET Hangzhou Bay New Area) secara total hampir mencapai 80 persen," kata pemandu tur di China, Senin (09/09).

Sampai sekarang, VREMT sudah mendapatkan lebih dari 1.233 hak paten, yang meliputi 697 paten untuk sel baterai, modul, paket baterai, sistem manajemen baterai (BMS), kontrol motor elektronik, dan produk penyimpanan energi. (Hfd)

Baca Juga: Zeekr X7 Meluncur, Penantang Baru Tesla Model Y

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • BAIC Indonesia Tunjuk Jurnalis Senior Pecinta Off-Road Jadi Brand Ambassador
    BAIC Indonesia Tunjuk Jurnalis Senior Pecinta Off-Road Jadi Brand Ambassador
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Sudah 19 Tahun di Indonesia, Ini Yang Membuat Toyota Fortuner Jadi SUV Ikonik
    Sudah 19 Tahun di Indonesia, Ini Yang Membuat Toyota Fortuner Jadi SUV Ikonik
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Zeekr Serius Lirik Pasar Global, Begini Mereka Kembangkan Produknya
    Zeekr Serius Lirik Pasar Global, Begini Mereka Kembangkan Produknya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Terjebak Macet Parah Seperti di Puncak, Hindari Hal Berikut Agar Mobil Tidak Rusak
    Terjebak Macet Parah Seperti di Puncak, Hindari Hal Berikut Agar Mobil Tidak Rusak
    Setyo Adi . Hari ini
  • Neta X Rilis Harga Resmi Pekan Depan, Sudah Mulai CKD
    Neta X Rilis Harga Resmi Pekan Depan, Sudah Mulai CKD
    Bangkit Jaya . 18 Sep, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bukti Komitmen Purnajual, Kia Adakan Program Service Clinic On Tour
    Bukti Komitmen Purnajual, Kia Adakan Program Service Clinic On Tour
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BMW i5 Resmi Hadir, Jadi Pelopor Station Wagon EV Kelas Premium
    BMW i5 Resmi Hadir, Jadi Pelopor Station Wagon EV Kelas Premium
    Wahyu Hariantono . 18 Sep, 2024
  • MG Motor Indonesia Siapkan SUV Baru Tahun Depan
    MG Motor Indonesia Siapkan SUV Baru Tahun Depan
    Anindiyo Pradhono . 18 Sep, 2024
  • Neta X Siap Dijual Resmi Pekan Depan, Fitur Lengkap Jadi Senjata
    Neta X Siap Dijual Resmi Pekan Depan, Fitur Lengkap Jadi Senjata
    Bangkit Jaya Putra . 18 Sep, 2024
  • Catatan Konsumsi Bahan Bakar New Kia Carnival Diesel 2024 selama Pengetesan
    Catatan Konsumsi Bahan Bakar New Kia Carnival Diesel 2024 selama Pengetesan
    Anjar Leksana . 18 Sep, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Perbandingan SUV Kompak EV, Neta X, Omoda E5, Atto 3, MG ZS EV, dan Hyundai Kona Electric
    Perbandingan SUV Kompak EV, Neta X, Omoda E5, Atto 3, MG ZS EV, dan Hyundai Kona Electric
    Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2024
  • Menilik Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cloud EV Senilai Rp398 Juta
    Menilik Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cloud EV Senilai Rp398 Juta
    Anjar Leksana . 15 Agu, 2024
  • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Alvando Noya . 13 Agu, 2024
  • Tidak Dapat Insentif, Ini Daftar Harga Mobil Hybrid Populer 2024
    Tidak Dapat Insentif, Ini Daftar Harga Mobil Hybrid Populer 2024
    Anjar Leksana . 08 Agu, 2024
  • Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
    Setyo Adi Nugroho . 18 Sep, 2024
  • Cara Berkendara Mobil Listrik Secara Hemat dan Tingkatkan Jarak Tempuh
    Cara Berkendara Mobil Listrik Secara Hemat dan Tingkatkan Jarak Tempuh
    Anjar Leksana . 06 Sep, 2024
  • Langkah dan Cara Klaim Asuransi Mobil Secara Mudah
    Langkah dan Cara Klaim Asuransi Mobil Secara Mudah
    Anjar Leksana . 02 Sep, 2024
  • Persiapan Berkendara dengan Mobil Listrik dalam Berbagai Kondisi
    Persiapan Berkendara dengan Mobil Listrik dalam Berbagai Kondisi
    Setyo Adi Nugroho . 27 Agu, 2024
  • Biar Performa Tetap Prima, Jangan Lupa Ganti Oli Secara Berkala
    Biar Performa Tetap Prima, Jangan Lupa Ganti Oli Secara Berkala
    Ardiantomi . 25 Agu, 2024
  • Road Test New Kia Carnival Premiere: Aksentuasi Kenyamanan Tinggi Sang MPV
    Road Test New Kia Carnival Premiere: Aksentuasi Kenyamanan Tinggi Sang MPV
    Anjar Leksana . 14 Sep, 2024
  • First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    First Drive New Toyota Fortuner 4x2 VRZ: Tambah Fitur TSS dan T-intouch
    Setyo Adi Nugroho . 13 Sep, 2024
  • Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Off-road Test New Toyota Fortuner 2.8 GR-S 4x4: Untuk Segala Medan
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2024
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Road Test All New Nissan Serena e-Power: Teknologi Hybrid Bikin Nyaris Sempurna
    Road Test All New Nissan Serena e-Power: Teknologi Hybrid Bikin Nyaris Sempurna
    Anindiyo Pradhono . 10 Sep, 2024