Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Hyundai i30N safety car

Kiprah Hyundai patut dicermati dan diperhitungkan. Sepak terjangnya saat mulai memasuki era milenial seolah tidak terbendung. Entah yang lain tidak peduli atau menganggap enteng. Yang jelas semua dibuat khawatir oleh merek Korea Selatan ini. Elektrifikasi produk roda empatnya bergulir cepat. Termasuk produksi infrastruktur pendukung seperti baterai.

Tapi bukan itu yang akan dibahas. Di sisi adu kebut Hyundai juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di arena rally, mereka sukses juara dunia dengan Hyundai i20. Beberapa arena balap touring juga dikangkangi. Itulah sepak terjang Divisi N yang dibentuk Hyundai beberapa tahun lalu. Timsus ini setara dengan BMW M, Toyota GR atau Mercedes-AMG.

Hari ini (20/11), kami berkesempatan mengunjungi sirkuit Mandalika yang menggelar balapan Superbike. Dorna, penyelenggara ajang itu menunjuk Hyundai N untuk menyediakan safety car Superbike. Yang menurunkan i30 N. Sedan model fastback (bagian belakang lebih landai) empat pintu ini dinilai mumpuni untuk menjaga laju motor peserta saat diperlukan.

Hyundai i30N safety car

Jujur, sejak Hyundai memperkenalkan Veloster N yang diterima dengan baik oleh media Amerika -pasar terkenal bawel terhadap sebuah produk- kami jadi penasaran. Dan kini terjawab karena ada i30 N di depan kami. Soal rasa saat ikut berpacu di dalam, akan kami bahas di artikel berikutnya, tapi yang bikin kagum adalah spesifikasi dan bagaimana Hyundai mentransformasi mobil keluarga sederhana jadi 'binatang buas'.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

Dari data spesifikasi, diketahui mesin empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter menghasilkan 280 PS dan tonjokan torsi 320 Nm. Suspensinya didesain untuk bisa melibas belokan secara maksimal tanpa khawatir mobil oleng. Saat beraksi, kami perhatikan lembar spesifikasi ini sepertinya tidak berlebihan. Raungan mesin dan letupan dari knalpot menunjukan ini bukan mobil sembarangan.

Interiornya agak berbeda dengan versi jalan raya. Karena sebagai safety car, dijejali peranti komunikasi dengan pit. Ditambah lagi tombol-tombol lampu strobo untuk memandu pembalap di belakang. Yang mengejutkan, di belakang masih tersedia jok layak diduduki meski ditembus oleh batang roll cage. Peranti wajib mobil yang berlaga di sirkuit balap.

 

Mengapa Pilih Hyundai N?

Hyundai i30N safety car

Pertanyaan ini terjawab setelah beberapa kali menelusuri situs otomotif dunia. Kesimpulannya, Hyundai membentuk produk N berdasarkan kebutuhan sebuah mobil balap yang kompetitif. Mobilnya harus bertenaga, lincah di lintasan.

Dari situ, hadir tiga pilar utama yang wajib ada saat mobil tersebut diberikan logo N. Ini berlaku juga untuk i30 N. Pertama disebut Corner Rascal, mobil haris lincah. Makanya muncul suspensi khusus dibuat untuknya.

Kedua, HMI atau Human Machine Interface. Memberikan beragam informasi untuk pengendara atau penumpang. Baik dalam bentuk digital yang tampil di layar di kabin. Ini yang memberikan sensasi berbeda saat mobil dikendarai.

Ketiga, peranti khusus balap. Mulai dari penggunaan ban khusus balap agar pengemudinya mengetahui apa yang dialami mobil, sekaligus memberikan cengkraman ke aspal secara maksimal. Ada juga indikator G-force, launch control hingga peranti aerodinamika adaptif.

Itulah modal yang membuat Hyundai percaya diri menyodorkan i30 N untuk memandu pembalap Superbike, sampai musim balap 2023. Kami mencoba mobil ini di Sirkuit Mandalika. Hasilnya akan kami sajikan di artikel berikutnya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Disinyalir Hyundai Ioniq 5 Versi N Tertangkap Kamera Paparazzi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • HMID Kenalkan Hyundai Jamin 2025, Beri Perlindungan Maksimal untuk Konsumen
    HMID Kenalkan Hyundai Jamin 2025, Beri Perlindungan Maksimal untuk Konsumen
    Muhammad Hafid . 21 Feb, 2025
  • IIMS 2025: Hyundai Luncurkan Stargazer Essential Dengan Fitur Lebih Lengkap
    IIMS 2025: Hyundai Luncurkan Stargazer Essential Dengan Fitur Lebih Lengkap
    Anindiyo Pradhono . 16 Feb, 2025
  • IIMS 2025: Hyundai Venue Lengkapi Keluarga SUV, Lawan Raize, WR-V, Sonet
    IIMS 2025: Hyundai Venue Lengkapi Keluarga SUV, Lawan Raize, WR-V, Sonet
    Anindiyo Pradhono . 14 Feb, 2025
  • FIRST DRIVE: Uji Performa dan Fitur New Hyundai Creta N Line Jakarta - Lampung
    FIRST DRIVE: Uji Performa dan Fitur New Hyundai Creta N Line Jakarta - Lampung
    Anjar Leksana . 13 Feb, 2025
  • Jadi Andalan Masyarakat, Ini Keunggulan Ditawarkan Dealer Hyundai Lampung
    Jadi Andalan Masyarakat, Ini Keunggulan Ditawarkan Dealer Hyundai Lampung
    Anjar Leksana . 10 Feb, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Hyundai Jaga dan Jamin, Bikin Tenang Selama Masa Kepemilikan Kendaraan
    Hyundai Jaga dan Jamin, Bikin Tenang Selama Masa Kepemilikan Kendaraan
    Muhammad Hafid . 21 Feb, 2025
  • Detail Spesifikasi dan Fitur Hyundai Venue 1.0 Turbo
    Detail Spesifikasi dan Fitur Hyundai Venue 1.0 Turbo
    Anjar Leksana . 20 Feb, 2025
  • Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Zenuar Yoga . 19 Feb, 2025
  • Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Zenuar Yoga . 19 Feb, 2025
  • Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Hyundai Perluas Ekosistem EV Indonesia dengan Program EV Charging Subscription
    Zenuar Yoga . 19 Feb, 2025
  • Bedah Kelengkapan New Hyundai Creta N Line Non-Turbo 2025
    Bedah Kelengkapan New Hyundai Creta N Line Non-Turbo 2025
    Anjar Leksana . 06 Feb, 2025
  • Seleksi Low SUV yang Layak Jadi Pertimbangan di Awal 2025
    Seleksi Low SUV yang Layak Jadi Pertimbangan di Awal 2025
    Alvando Noya . 04 Feb, 2025
  • 5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
    Muhammad Hafid . 30 Jan, 2025
  • Mencari Perbedaan Varian All New Hyundai Santa Fe
    Mencari Perbedaan Varian All New Hyundai Santa Fe
    Alvando Noya . 28 Jan, 2025
  • Perbandingan Harga dan Performa BYD Denza D9 dengan Rival-rivalnya
    Perbandingan Harga dan Performa BYD Denza D9 dengan Rival-rivalnya
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jan, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024