Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Hyundai i30N safety car

Kiprah Hyundai patut dicermati dan diperhitungkan. Sepak terjangnya saat mulai memasuki era milenial seolah tidak terbendung. Entah yang lain tidak peduli atau menganggap enteng. Yang jelas semua dibuat khawatir oleh merek Korea Selatan ini. Elektrifikasi produk roda empatnya bergulir cepat. Termasuk produksi infrastruktur pendukung seperti baterai.

Tapi bukan itu yang akan dibahas. Di sisi adu kebut Hyundai juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di arena rally, mereka sukses juara dunia dengan Hyundai i20. Beberapa arena balap touring juga dikangkangi. Itulah sepak terjang Divisi N yang dibentuk Hyundai beberapa tahun lalu. Timsus ini setara dengan BMW M, Toyota GR atau Mercedes-AMG.

Hari ini (20/11), kami berkesempatan mengunjungi sirkuit Mandalika yang menggelar balapan Superbike. Dorna, penyelenggara ajang itu menunjuk Hyundai N untuk menyediakan safety car Superbike. Yang menurunkan i30 N. Sedan model fastback (bagian belakang lebih landai) empat pintu ini dinilai mumpuni untuk menjaga laju motor peserta saat diperlukan.

Hyundai i30N safety car

Jujur, sejak Hyundai memperkenalkan Veloster N yang diterima dengan baik oleh media Amerika -pasar terkenal bawel terhadap sebuah produk- kami jadi penasaran. Dan kini terjawab karena ada i30 N di depan kami. Soal rasa saat ikut berpacu di dalam, akan kami bahas di artikel berikutnya, tapi yang bikin kagum adalah spesifikasi dan bagaimana Hyundai mentransformasi mobil keluarga sederhana jadi 'binatang buas'.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

Dari data spesifikasi, diketahui mesin empat silinder dengan kapasitas 2.0 liter menghasilkan 280 PS dan tonjokan torsi 320 Nm. Suspensinya didesain untuk bisa melibas belokan secara maksimal tanpa khawatir mobil oleng. Saat beraksi, kami perhatikan lembar spesifikasi ini sepertinya tidak berlebihan. Raungan mesin dan letupan dari knalpot menunjukan ini bukan mobil sembarangan.

Interiornya agak berbeda dengan versi jalan raya. Karena sebagai safety car, dijejali peranti komunikasi dengan pit. Ditambah lagi tombol-tombol lampu strobo untuk memandu pembalap di belakang. Yang mengejutkan, di belakang masih tersedia jok layak diduduki meski ditembus oleh batang roll cage. Peranti wajib mobil yang berlaga di sirkuit balap.

 

Mengapa Pilih Hyundai N?

Hyundai i30N safety car

Pertanyaan ini terjawab setelah beberapa kali menelusuri situs otomotif dunia. Kesimpulannya, Hyundai membentuk produk N berdasarkan kebutuhan sebuah mobil balap yang kompetitif. Mobilnya harus bertenaga, lincah di lintasan.

Dari situ, hadir tiga pilar utama yang wajib ada saat mobil tersebut diberikan logo N. Ini berlaku juga untuk i30 N. Pertama disebut Corner Rascal, mobil haris lincah. Makanya muncul suspensi khusus dibuat untuknya.

Kedua, HMI atau Human Machine Interface. Memberikan beragam informasi untuk pengendara atau penumpang. Baik dalam bentuk digital yang tampil di layar di kabin. Ini yang memberikan sensasi berbeda saat mobil dikendarai.

Ketiga, peranti khusus balap. Mulai dari penggunaan ban khusus balap agar pengemudinya mengetahui apa yang dialami mobil, sekaligus memberikan cengkraman ke aspal secara maksimal. Ada juga indikator G-force, launch control hingga peranti aerodinamika adaptif.

Itulah modal yang membuat Hyundai percaya diri menyodorkan i30 N untuk memandu pembalap Superbike, sampai musim balap 2023. Kami mencoba mobil ini di Sirkuit Mandalika. Hasilnya akan kami sajikan di artikel berikutnya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Disinyalir Hyundai Ioniq 5 Versi N Tertangkap Kamera Paparazzi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Hyundai Bangun Proyek Hidrogen dari Sampah Pertama di Indonesia, Target Operasi 2027
    Hyundai Bangun Proyek Hidrogen dari Sampah Pertama di Indonesia, Target Operasi 2027
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2025
  • Hyundai Palisade Terbaru Meluncur di New York, Tampil Lebih Mewah Andalkan Hybrid
    Hyundai Palisade Terbaru Meluncur di New York, Tampil Lebih Mewah Andalkan Hybrid
    Alvando Noya . 18 Apr, 2025
  • LEBARAN DRIVE: Sensasi Elektrifikasi Hyundai Tucson Hybrid Melintasi Trans Jawa
    LEBARAN DRIVE: Sensasi Elektrifikasi Hyundai Tucson Hybrid Melintasi Trans Jawa
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2025
  • Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Diajak Mudik Bekasi ke Tegal, Segini Konsumsi BBM Hyundai Tucson Hybrid
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Hyundai Insteroid Tunjukkan Konsep EV Mungil Futuristik Bergaya Kekar
    Hyundai Insteroid Tunjukkan Konsep EV Mungil Futuristik Bergaya Kekar
    Setyo Adi . 07 Apr, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Hyundai Palisade 2025 Tampil Lebih Gagah, Usung Desain Boxy dan Teknologi Hybrid
    Hyundai Palisade 2025 Tampil Lebih Gagah, Usung Desain Boxy dan Teknologi Hybrid
    Alvando Noya . 17 Apr, 2025
  • Skema Cicilan Hyundai Tucson Hybrid dengan Uang Muka 25 Persen
    Skema Cicilan Hyundai Tucson Hybrid dengan Uang Muka 25 Persen
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2025
  • Insteroid, Langkah Hyundai Padukan Dunia Game, Sport, dan Otomotif
    Insteroid, Langkah Hyundai Padukan Dunia Game, Sport, dan Otomotif
    Setyo Adi Nugroho . 04 Apr, 2025
  • Menjaga Desain Streamline, Begini Penampilan Hyundai Ioniq 6 Facelift
    Menjaga Desain Streamline, Begini Penampilan Hyundai Ioniq 6 Facelift
    Setyo Adi Nugroho . 03 Apr, 2025
  • Temani Pemudik, Hyundai Sediakan Layanan Before Service dan 23 Bengkel Siaga
    Temani Pemudik, Hyundai Sediakan Layanan Before Service dan 23 Bengkel Siaga
    Anjar Leksana . 27 Mar, 2025
  • Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Manfaat Hyundai SmartSense Tucson Hybrid, Bikin Aman dan Mudik Praktis
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2025
  • Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Catatan Konsumsi Hyundai Tucson 1.6T Hybrid Dipakai Mudik 290 Km
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2025
  • Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Harga Low MPV Jelang Lebaran, Ada Stargazer Essential Tech di Model Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mar, 2025
  • Pilihan Low SUV Jelang Lebaran, Seharga Mulai Rp200 Jutaan
    Pilihan Low SUV Jelang Lebaran, Seharga Mulai Rp200 Jutaan
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Mudik Naik MPV Mewah ala Pejabat, Ini Pilihannya
    Mudik Naik MPV Mewah ala Pejabat, Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 12 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    First Drive All-new Hyundai Tucson Hybrid: Jual Kenyamanan, Jadi Opsi Masuk Akal Selain CR-V
    Bangkit Jaya Putra . 03 Des, 2024