Melihat Potensi Kehadiran Suzuki Gixxer SF 250 di Tanah Air
Koridor motor sport fairing 250 cc di pasar Indonesia begitu besar. Walau kapasitas ruang bakar sama, namun di Indonesia bakal kian banyak variasi jumlah silinder: tunggal, dua, empat. Dibuktikan oleh hadirnya Kawasaki Ninja ZX-25R atau dikenal Ninja 4-silinder. Yang langsung merangsang Honda untuk membenahi Honda CBR250RR. Penyegaran Yamaha R25 pun sepertinya juga bakal terjadi. Karena pasar lain sudah mendapatkannya.
Suzuki belum punya barang sejenis di Indonesia. Sejatinya ada motor serupa di India seperti Gixxer 250 silinder tunggal dan GSX 250. Potensinya jelas ada walau tidak begitu besar. Memang belum ada konfirmasi dari pabrikan. Namun bila mereka mengenalkan Gixxer 250 single silinder duluan. Berarti ada kesempatan bagi konsumen GSX-R150 untuk naik level. Di Negeri Barata sana, unit dilepas Rp 33 jutaan. Seandainya didagangkan di sini maka lompatan harga tidak terlalu jauh. Korelasinya bila dibanding langsung mendatangkan GSX 250 dua silinder.
Jika betul Suzuki menjajakan Gixxer SF 250, perusahaan punya kans menggarap lahan ini. Kalau misal sukses, barulah main ke level lebih tinggi lagi lewat GSX 250 dua silinder. Lantas kapan waktu yang tepat untuk melantai? Bisa jadi pabrikan memanfaatkan semester pertama 2021. Menangkap momentum meningkatknya kembali daya beli konsumen setelah lesu sepanjang 2020 lalu. Toh animo masyarakat beli motor sport tetap berpotensi tinggi.
Baca Juga: Suzuki GSX-R150 Berdandan ala Tim MotoGP Suzuki Ecstar
Berkenalan Lebih Dekat
Gixxer SF 250 diluncurkan pada Mei 2019 di India. Unit ditenagai mesin 249 cc, tanpa radiator tapi pakai Suzuki Oil Cooling System (SOCS). Ia bertipe SOHC diklaim lebih irit, namun memberi tenaga optimal. Hasil ruang bakar memberi tonjokan torsi 22,6 Nm di 7.500 rpm. Kemudian luapan tenaga 26,5 PS pada 9.000 rpm. Penyaluran power pakai girboks manual enam percepatan. Ini bisa membantu Anda mengakses kecepatan rendah hingga menengah. Tapi masih kalah tipis dari Ninja 250SL.
Harus dibuktikan pula soal peranti SOCS. Konon membuat mesin terasa ringan nan tangkas guna melesat di kecepatan tinggi. Ia menggunakan diameter pelek 17 inci dengan balutan ban 110/70 di depan dan belakang 150/60. Bobot hanya 161 kg, berarti lebih enteng 6 kg dari Honda CBR250R. Seharusnya cukup di urusan stabilitas.
Untuk suspensi depan fork teleskopik standar dan belum upside down. Di tengah pakai redaman monoshock. Lantas nilai jual lain berupa sisipan rem cakram di tiap roda. Bahkan tiap piringan didukung perangkat anti-lock braking system (ABS). Sedang Ninja 250SL belum punya itu.
Baca Juga: Adu Fitur Sport Fairing Kelas Pemula, Honda CBR150RR Vs Yamaha R15 Vs Suzuki GSX-R150
Rancang Bangun
Tampilan sebuah Gixxer SF 250 di kelas ini cukup menggoda. Ia memiliki paras memikat pengendara muda. Ada penggabungan apik dari desain kontemporer dan rekayasa pahatan bodi, kata pabrikan. Itu dituangkan dalam siluet berjongkok rendah bersama dengan sisi garis karakter yang mengalir.
Walau silinder tunggal, Suzuki mengakalinya lewat lubang knalpot ganda atraktif nan sporty. Tapi sebaiknya jangan berharap dentuman sebulat dua silinder. Kemudian panel instrumen serbadigital. Sementara rivalnya belum punya. Untuk pecahayaan lebih baik di malam hari, Gixxer memiliki lampu LED ringkas dan tipis serta lampu kombinasi belakang. Soal tampilan bolehlah diadu dengan produk lain. Nah, benar atau tidak kedatangan sosok anyar ini, tinggal menunggu waktu saja. Atau bisa pula datang dengan lencana lain. (Alx/Odi)
Baca Juga: Suzuki Rilis GSX-R1000R Legend Edition, Edisi Jawara MotoGP
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Suzuki Unggulan
- Populer
Artikel Motor Suzuki dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test