Hasil kolaborasi terbaru Toyota dan Daihatsu dipastikan meluncur 30 April. Duo 'R' -Raize dan Rocky- bakal mengisi segmen small SUV yang baru terbentuk. Seperti menjelang debut produk anyar sebelumnya, sudah mulai bertebaran informasi dan foto di jagad maya. Bahkan brosur pun terkuak, kali ini dari Toyota Raize terlebih dahulu. Ada banyak hal menarik yang membuatnya pantas ditunggu.
Total ada 3 varian ditawarkan. Paling murah diwakili Raize 1.2 G yang memakai mesin gress 3-silinder 1.200 cc naturally aspirated. Jelas bukan 3NR-FE besutan Agya-Ayla dan Calya-Sigra. Karena jumlah silindernya ganjil. Mengulik informasi lebih dalam, didapat kode WA-VE. Belum dapat dipastikan riwayat enjin WA series ini, tapi tenaganya tergolong setara 3NR-FE. Ya, ekstraksi daya memperoleh 88 PS serta torsi maksimum 112 Nm. Pilihan transmisi termasuk manual 5-speed dan CVT. Sampai sini menarik bukan? Power besar bukan prioritas, melainkan mementingkan efisiensi bahan bakar.
Varian paling bawah tidak menyandang trim E seperti beberapa model Toyota lain. Lumayan menjanjikan kelengkapan yang tak terlalu spartan. Bahkan termasuk lengkap untuk tipe rendah. Sudah ada smart entry dengan push start/stop button, monitor floating 8 inci, Vehicle Stability Control hingga Hill Start Assist. Sesuai standar keselamatan paling dasar. Buat kebutuhan harian sangatlah mencukupi.
Baca Juga: Mengulik Perodua Ativa, Saudara Daihatsu Rocky di Negeri Seberang
Trim tengah juga varian G tapi menyandang mesin turbo. Sokongan induksi paksa di unit 1KR-VET 3-silinder 1.000 cc mampu membuncahkan tenaga 98 PS dan torsi 140 Nm. Termasuk besar hampir menyamai mesin kapasitas 1.500 cc. Pilihan transmisi juga sama, manual 5-speed dan CVT. Ya, kombinasi turbo dan girboks manual sepertinya bakal memancing adrenalin. Walau masuk dalam strata G, disiapkan fitur lebih banyak untuk varian 1.0T G. Dari luar terlihat dari pelek 17 inci beserta elemen kromium. Sarana hiburan mengadopsi monitor gambot ukuran 9 inci.
Kasta atas bukan dihias paket TRD Sportivo, melainkan GR Sport! Pertama kalinya dalam lini mobil penumpang Toyota Indonesia, nama divisi Gazoo Racing dipakai sebagai strata atas. Sudah pasti elemen sporty bakal memenuhi seluruh sisi bodi Raize. Ditambah faktor pendongkrak kemewahan seperti LED+DRL, Auto headlamp, jok kulit hingga paddle shift. Bagi konsumen pengincar model paling atas, inilah jawabannya.
Baca Juga: Toyota Raize Segera Masuk Indonesia, Kemungkinan Dilengkapi Toyota Safety Sense
Belum berhenti sampai di situ, ternyata Raize 1.0T GR Sport terbagi lagi. Ada versi lebih hebat yang dilengkapi Toyota Safety Sense (TSS). Peranti keselamatan mutlak paling komplet dengan beragam sistem aktif yang tugasnya mencegah terjadi kecelakaan. Tugas itu diemban oleh Pre-Collision System, begitu pula tersedia Adaptive Cruise Control, Lane Departure Assist, Rear Cross Traffic Alert hingga Blind Spot Monitoring. Bahkan jumlah airbag tersebar di 6 titik. Diyakini bakal menjadi small SUV paling lengkap di kelasnya.
Namun patut menunggu apa yang dimiliki oleh saudaranya, Daihatsu Rocky. Bisa jadi punya varian seistimewa Raize GR Sport TSS. Bila kembarannya di Malaysia, Perodua Ativa, sangat mungkin mendapat peranti TSS. Sabar dulu menentukan pilihan, karena bisa jadi Rocky punya fitur istimewa yang tak dimiliki Raize. Seperti diferensiasi antara Rush dan Terios, keduanya punya keunggulan tersendiri. Yang pasti, posisi Rocky diposisikan sedikit di bawah Raize. Seperti pola 'duet maut' selama ini, jumlah varian lebih beragam dan harganya lebih murah. (Odi)
Baca Juga: Mengenal Daihatsu New Global Architecture (DNGA), Bawa Potensi Keunggulan Rocky dan Raize
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.