Memahami Fitur Keselamatan Kia Sonet dan Nissan Magnite

kia sonet premiere

Opsi SUV bertambah sejak kedatangan Kia Sonet dan Nissan Magnite. Menempati kasta terkecil denga harga relatif terjangkau, ukurannya termasuk mini. Perbekalan fitur seolah menjadi obat penenang dimensi kompak. Deret kelengkapan dibawa sebagai senjata. Dari sisi peningkat kenyamanan penumpang sudah jelas terbukti mewah dan canggih. Lantas bagaimana soal peranti keselamatan? Siapa lebih komplet dan aman? Mari simak potensinya.

Kia Sonet

Sonet didagangkan dalam enam opsi varian. Pembagiannya mulai dari kasta bertransmisi manual tipe Standard dengan tebusan serendah Rp 193 juta, Active Rp 204,5 juta, dan Smart Rp 238,5 juta. Baru posisi di atasnya diisi oleh jajaran varian otomatis iVT seperti Smart iVT seharga Rp 251,5 juta, Dynamic iVT Rp 265 juta, dan ditutup oleh Premiere iVT Rp 289 juta.

Jelas varian tertinggi menawarkan potensi maksimum keluarga Sonet di Tanah Air menyoal fitur keselamatan. Total airbag saja ada enam titik. Empat melindungi sisi frontal dan samping penumpang depan sementara dua menutup penuh jendela samping. Tapi perlu diketahui, kantong udara enam titik hanya dapat dinikmati ketika meminang Premiere sebab sisanya menggendong perbekalan standar dual SRS Airbag.

Urusan peranti mendasar berupa sabuk pengaman tidak diramaikan nilai spesial. Sistem pengaman tiga titik eksis untuk empat penumpang saja sementara posisi belakang tengah menganut sabuk dua titik. Selain itu, sistem penguncian three pointed seat belt terbilang konvensional, merupakan unit Emergency Locking Retractor (ELR) yang bakal mengunci posisi ketika dihentak cepat.

Lanjut ke garda perlindungan berkendara, basisnya sudah didukung komplementer penghela laju. Adalah Anti-lock Braking System, Electronic Brake-force Distribution, dan Brake Assist sebagai standar di seluruh varian. Siap memberikan pengereman optimal dan terkendali di berbagai kondisi cuaca.

Baru dari trim Smart M/T ke atas, beberapa penjaga tambahan mejeng. Contoh Electronic Stability Control demi meminimalisir gejala selip seperti understeer atau oversteer saat bermanuver. Lanjut lagi ada Hill Assist Control (HAC), bantu pengemudi mengeksekusi tanjakan dengan menahan posisi diam selama beberapa detik sebelum beranjak. Di samping itu, tersemat pula fungsi Emergency Stop Signal guna menginformasikan pengguna jalan di belakang saat rem mendadak.

Asisten bermanuver pun mejeng di Sonet meski tentunya bukan merupakan asisten berkendara aktif. Setidaknya suguhkan informasi ekstra pendukung keselamatan. Misal Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang memantau tekanan angin ban. Selain itu, kelengkapannya disudahi oleh kamera mundur plus sensor jarak.

Baca Juga: Nissan Magnite Raih Empat Bintang ASEAN NCAP

Nissan Magnite

Nissan Magnite HDC

Soal pembagian trim, Nissan hanya menyajikan tiga varian Magnite di Tanah Air. Dibuka oleh model termurah Upper M/T seharga Rp 208,8 juta, Premium M/T Rp 226,3 juta, dan ditutup oleh Premium CVT senilai Rp 238,8 juta. Di rentang harga segini Magnite tawarkan basis perbekalan yang tak kalah mumpuni. Standar tinggi ditetapkan tanpa membedakan kasta atas dan bawah.

Memang tidak memungkinkan dalam Magnite untuk dilindungi airbag sebanyak enam titik. Di trim tertinggi sekalipun sokongan tambahan kala terjadi celaka sebatas diwakili Dual SRS Airbag. Seolah tanpa keistimewaan, begitu pula pada komposisi safety belt. Disediakan empat unit sabuk pengaman tiga titik dan satu unit sabuk dua titik khusus penumpang tengah.

Tapi tunggu dulu, kalau melihat spesifikasi sabuk pengaman, Nissan Magnite tawarkan nilai lebih. Sebab bukan sebatas kuncian ELR, khusus penumpang depan kebagian fungsi pretensioner dan force limiter. Begitu terjadi celaka, sabuk akan segera mengencang bersamaan dengan aktifnya sensor airbag. Baru kemudian jeratan dikendurkan untuk meredam gaya gerak sehingga meminimalisir cedera dada terkait safety belt. Sementara itu, dua penumpang belakang tetap memanfaatkan sistem ELR.

Juga tak kalah menarik adalah isi dari pos jaga handling. Pada trim seharga Rp 208,8 juta saja sudah kebagian alat kontrol stabilitas elektronik berupa Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS). Sebuah penawaran menggiurkan bagi mereka yang memprioritaskan keselamatan. Juga Hill Start Assist dan hazard otomatis saat rem mendadak telah menjadi standar seluruh varian. Berkaca dari kelengkapan ini tentu ABS, EBD, dan BA tak perlu ditanyakan lagi.

Alat bantu pantauan lain bahkan lebih memikat walau terkesan berlebihan. Adalah kamera 360 derajat Around View Monitor (AVM) spesifik trim Premium. Suguhkan kemudahan saat bermanuver di ruang sempit agar tidak senggol sana-sini. Kelengkapan varian tertinggi itu juga dibarengi fitur pemantau tekanan angin ban TPMS.

Simpulan

Jika sebatas mengacu pada fitur keselamatan dan harga, Nissan Magnite terbukti tawarkan nilai lebih soal keselamatan. Ia siapkan deret fitur komprehensif dalam paket banderol yang lebih murah untuk kelengkapan setara di Sonet. Ditambah lagi Magnite telah membuktikan kemampuan dengan menorehkan empat bintang pada pengujian ASEAN NCAP. Bukan nilai sempurna memang, tapi setidaknya itu menjadi gambaran seberapa baik standar keselamatan SUV terkecil Nissan. (Krm/Odi)

Baca Juga: Kelebihan Nissan Magnite yang Membuatnya Cocok Dijadikan Mobil Pertama

Nissan Magnite vs Kia Sonet Comparison

Nissan Magnite
  • Rp 277 - 308 Juta
Kia Sonet
  • Rp 349 - 370 Juta
Kia Sonet vs Nissan Magnite

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Carvaganza

  • Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ahmad Karim . 19 Mei, 2021
  • FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    Wahyu Hariantono . 14 Jan, 2021

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Nissan Jagokan Line-up e-Power di GJAW 2024
    Nissan Jagokan Line-up e-Power di GJAW 2024
    Alvando Noya . 25 Nov, 2024
  • Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Ahmad Karim . 02 Jul, 2021
  • Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ahmad Karim . 12 Jan, 2021
  • Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Ahmad Karim . 05 Jan, 2021
  • Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Anjar Leksana . 04 Jan, 2021
  • Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Ahmad Karim . 18 Mei, 2021
  • Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Ahmad Karim . 02 Feb, 2021
  • Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Ahmad Karim . 30 Des, 2020
  • Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Ahmad Karim . 29 Des, 2020
  • First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    Ahmad Karim . 14 Jan, 2021