Membaca Peluang Masuknya Hyundai Palisade ke Indonesia

Hyundai Palisade

Hyundai Indonesia berpeluang memboyong flagship SUV Palisade. Kans masuk sini tergolong tingg, walau ceruknya tak seluas medium SUV. Namun kedatangannya bisa turut mendongkrak citra merek. Kalau di Tanah Air, bisa bertemu rival sepadan seperti Mazda CX-9 dan pantas juga disejajarkan brand Eropa. 

Saat peluncuran Ioniq dan Kona Electric, salah satu petinggi perusahaan menyebut bakal menambah lini produk. "Jadi memang, kalau kita lihat kondisi pandemi tidak melunturkan semangat kami. Juga demi meningkatkan perekonomian di Indonesia. Pemerintah sangat mendukung percepatan mobil listrik. Dan kami merasa tidak perlu menunggu lagi untuk meluncurkan mobil tahun depan. Kami banyak menyiapkan produk teknologi tinggi, bagi MPV dan SUV. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak sumber yang bisa dimanfaatkan sebagai basis ekspor," jelas Makmur, Managing Director Hyundai Motors Indonesia, dalam konferensi pers secara virtual pekan kemarin.

Bisa jadi sang SUV mengacu pada Palisade. Kemudian bukti lainnya ialah daftar unit di Samsat DKI Jakarta. Tertulis PALISADE22LX2CRDIWA dengan nilai jual dasar (prepajak dan marjin) Rp 459 juta. Kona EV saja punya nilai jual Rp 403 juta, sekarang di pasar menjadi Rp 674,8 juta. Anda betul mobil bongsor itu didagang, kemungkinan tembus Rp 700 jutaan OTR. Mari berkenalan lebih dekat dengannya.

Baca Juga: Ini Bedanya Hyundai Kona Versi Listrik dan Gasoline

Ia mendebut global saat pembukaan Los Angeles Auto Show 2018. Tak hanya menjadi SUV termahal pabrikan, Palisade juga menawarkan kenyamanan melalui kapasitas kabin terbesar dan fleksibilitas kursi. Palisade memiliki konfigurasi penumpang hingga delapan orang dewasa. Bahkan masih menyisakan ruang kargo lapang. Tersedia opsi jok baris kedua model captain seat. Kepraktisannya didapat dari fleksibilitas pengaturan tempat duduk.

kabin palisade

Melipat serta menggeser baris kedua, hanya melalui metode One-Touch. Seketika tersedia akses menuju baris ketiga. Tampah praktis lagi, jok baris ketiga mampu dilipat secara elektrik. Data luas kabinnya menunjukkan kapasitas bagasi terbesar dibandingkan lawan-lawan selevel. Mobil ini sangat ideal untuk perjalanan jauh bersama keluarga. Ditambah lagi sarana hiburan lengkap mulai dari monitor layar sentuh 10-inci, wireless charging, 7 USB slot, jok baris kedua dengan ventilasi udara dan masih banyak lainnya. Kabin dirancang untuk menciptakan relaksasi bagi seluruh penumpang. Semua kusi terlapisi material kulit premium Nappa. Semoga versi Indonesia jua begini.

Ada yang menarik dalam rangkaian sistem infotainment. Palisade menawarkan sistem intercom agar pengemudi dapat lebih mudah berkomunikasi dengan penumpang baris kedua maupun ketiga. Caranya dengan mengaktifkan mode conversation di perangkat audio. Terdapat juga Rear Sleep Mode. Ini memungkinkan pengemudi atau penumpang depan punya frekuensi suara audio sendiri. Ya, tidak mengganggu penumpang belakang.

Baca Juga: Menjangkau Konsumen Lebih Dekat, Hyundai Buka City Store di Lotte Avenue

Mesin

Sebagai sumber tenaga, Palisade menggunakan mesin V6 3,8-liter dengan siklus Atkinson, direct injection dual CVVT. Tenaga sebesar 295 PS, kemudian torsi 355 Nm. Pasangan transmisinya adalah otomatis 8-speed. Pengoperasiannya berupa tombol, bukan bentuk tuas lagi. Pilihan konfigurasi penggerak ada roda depan (FWD) dan empat roda (AWD). Sistem AWD digawangi HTRAC dengan mode pengaturan torsi secara elektrik. Namun, agaknya bukan itu yang tersedia bagi pasar Indonesia kelak. Kemungkinan besar pakai enjin penenggak solar 2,2 liter empat silinder direct injection. Dorongan induksi turbo membuncah 202 PS di 3.800 rpm. Momen puntir maksimal tersedia 441 Nm sejak 1.750 rpm. Alasannya, selain pajak lebih murah, mesin diesel dinilai relatif irit bahan bakar.

Desain

Ukurannya yang gambot, memang sulit dipadukan desain bodi streamline. Kebanyakan berbentuk boxy seperti pola dasar desain Palisade ini. Namun bahasa rancang bangun Fluidic Sculpture 2.0 mengalir deras. Kemiripan dengan Hyundai Santa Fe dan Kona dapat dikenali dari kisi-kisi heksagonal baru. Kemudian model lampu berderet vertikal. Garis- garis di samping pun mirip, seolah Santa Fe disuntik steroid. Masa otot begitu menonjol di tubuh.

Rancangan garis mengalir khas Fluidic Sculpture ternyata berdampak positif. Coefficient of drag (Cd) dihasilkan hanya sekecil 0,33. Itu berkat sudut pilar-A yang landai, garnish di sisi spoiler belakang. Lalu optimalisasi ventilasi udara di bumer depan dengan tambahan saluran di bagian dalam, panel aerodinamika di kolong. Plus deflektor di area roda belakang.

Safety

Fitur di Palisade terbilang premium, termasuk juga sektor keselamatan. Semua varian dilengkapi teknologi Hyundai SmartSense. Yaitu peranti asistensi yang bekerja aktif maupun pasif untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Isinya antara lain: Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, High Beam Assist, Forward Collision-Avoidance Assist, Rear Cross-Traffic Collision dan Smart Cruise Control. Tak ketinggalan batalan udara sembilan titik.

Kalaupun Palisade masuk sini, kemungkinan buat tahun depan. Harapannya pandemi Covid-19 segera mereda. Putaran industri khususnya otomotif bisa kembali bergerak pulih. Produk-produk anyar bisa merangsang tumbuhnya market serta penjualan. Kedatangannya begitu dinanti. (Alx/Odi)

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Perbedaan Hyundai Ioniq Electric Versi Retail dan Fleet

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • Hyundai Masih Impor Tucson dari Korea, Lihat Peluang Produksi Lokal
    Hyundai Masih Impor Tucson dari Korea, Lihat Peluang Produksi Lokal
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
    All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
    Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
  • Peran Auto High Beam di Hyundai Santa Fe Bisa Cegah Kecelakaan Saat Malam
    Peran Auto High Beam di Hyundai Santa Fe Bisa Cegah Kecelakaan Saat Malam
    Anjar Leksana . 20 Nov, 2024
  • Eksplorasi Fitur Hyundai Ioniq 5 N, Bisa Punya Banyak Karakter
    Eksplorasi Fitur Hyundai Ioniq 5 N, Bisa Punya Banyak Karakter
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
  • Setelah Ioniq 5 N, Hyundai Rilis Model N Lagi Akhir Tahun
    Setelah Ioniq 5 N, Hyundai Rilis Model N Lagi Akhir Tahun
    Setyo Adi . 18 Nov, 2024

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • New Tucson Berstatus Impor, Hyundai Ingin Lihat Penerimaan Konsumen
    New Tucson Berstatus Impor, Hyundai Ingin Lihat Penerimaan Konsumen
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Ditawarkan Mulai Rp600 Jutaan, Simak Spesifikasi New Hyundai Tucson
    Ditawarkan Mulai Rp600 Jutaan, Simak Spesifikasi New Hyundai Tucson
    Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
  • New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
    New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
    Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
  • Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
    Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
    Setyo Adi Nugroho . 20 Nov, 2024
  • Fitur Canggih Hyundai Ioniq 5 N Bikin Punya Banyak Kepribadian
    Fitur Canggih Hyundai Ioniq 5 N Bikin Punya Banyak Kepribadian
    Wahyu Hariantono . 19 Nov, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
    Alvando Noya . 13 Agu, 2024
  • Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
    Setyo Adi Nugroho . 29 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
    Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
    Eka Zulkarnain . 25 Mei, 2023
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
    Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
  • All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
    Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2024
  • First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
    First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
    Anindiyo Pradhono . 24 Mei, 2024
  • Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
    Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
    Setyo Adi Nugroho . 13 Des, 2023
  • Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
    Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
    Wahyu Hariantono . 04 Sep, 2023