Memodifikasi Mobil yang Diasuransikan, Konsultasikan Dulu biar Tetap Valid

Toyota Hyper F-Concept

Membeli asuransi memberikan perlindungan lebih pada mobil dari risiko tak terduga. Namun, jika Anda ingin mengubah beberapa bagian kendaraan (modifikasi) dan masih ingin terlindungi, Anda harus berkomunikasi dengan perusahaan asuransi. Mengganti atau menambah komponen aksesori tidak boleh dilakukan sembarangan agar polis asuransi tetap valid atau ditolak saat klaim diajukan.

Sebagai contoh, pemilik mobil yang sudah diasuransikan harus berkonsultasi sebelum menambahkan aksesori apa pun. Jika kendaraan rusak karena modifikasi, klaim asuransi mungkin ditolak. Laporan ke perusahaan asuransi sebelumnya sangat penting untuk mengetahui apakah penambahan komponen meningkatkan profil risiko. Bahkan modifikasi kecil seperti pemasangan kaca film harus dilaporkan. Dengan melaporkan setiap perubahan, klaim asuransi Anda akan diproses tanpa masalah, karena semua perubahan telah tercatat pada data perusahaan asuransi.

“Hal ini bergantung pada lapor atau belum, usai dilakukannya modifikasi. Karena setiap perubahan yang dilakukan pada mobil bakal memiliki risiko perubahan pada asuransi pula. Umumnya setelah dilakukan modifikasi, dari Garda Oto melakukan survei ulang pada kendaraan yang diikutkan asuransi. Penyurvei selanjutnya memastikan apakah mobil itu bisa tercakup atau tidak dengan asuransi,” papar Laurentius Iwan Pranoto, Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra. 

Menurut Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) Pasal 8 mengenai perubahan risiko ayat satu dan dua, pemilik kendaraan wajib menginformasikan kepada penanggung (pihak ketiga atau asuransi) tentang setiap kondisi yang meningkatkan risiko yang dijamin. Hal ini termasuk modifikasi pada kendaraan. Berikut adalah isi dari pasal tersebut:

1. Tertanggung wajib memberitahukan kepada penanggung setiap keadaan yang memperbesar risiko yang dijamin Polis. Selambat-lambatnya dalam waktu tujuh hari kalender, bila terjadi perubahan pada bagian atau penggunaan kendaraan bermotor.

2. Sehubungan dengan perubahan risiko pada ayat (1) di atas. Penanggung berhak:

2.1. Menetapkan pertanggungan ini diteruskan dengan suku premi yang sudah ada atau dengan suku premi yang lebih tinggi.

2.2. Menghentikan pertanggungan dengan pengembalian premi sebagaimana diatur pada Pasal 27 ayat dua.

Pengecualian

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian dan atau kerusakan yang terjadi atas:

5.1. Perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan pada pembelian polis.

5.2. Ban, pelek, dop yang tidak disertai kerusakan pada bagian lain kendaraan bermotor. Kecuali yang disebabkan oleh risiko yang dijamin pada Pasal 1 ayat satu.

5.3. Kunci dan atau bagian lainnya dari kendaraan bermotor tidak melekat. Atau berada di dalam kendaraan yang diasuransikan.

5.4. Bagian dari kendaraan bermotor yang aus karena pemakaian. Sifat kekurangan material sendiri atau salah dalam menggunakannya.

5.5. Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan surat-surat lain kendaraan bermotor.

Jadi, inilah keuntungan melaporkan ke asuransi saat Anda berencana memodifikasi mobil kesayangan Anda. Dengan mendokumentasikan modifikasi kendaraan secara detail, proses klaim kerusakan akan lebih mudah jika terjadi insiden yang tidak diharapkan. Pelanggan yang ingin konsultasi atau membuat laporan dapat menghubungi call center perusahaan asuransi masing-masing, atau mengunjungi website resmi untuk informasi lebih lanjut. (Alx)

Baca Juga: Mau Diwajibkan, Kenali Apa Itu Asuransi Third Party Liability

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Setyo Adi . Hari ini
  • Adu Kelebihan SUV Listrik Rp600 Jutaan: BYD Sealion 7 Vs Aion Hyptech HT
    Adu Kelebihan SUV Listrik Rp600 Jutaan: BYD Sealion 7 Vs Aion Hyptech HT
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Xpeng G6 Meluncur Versi Facelift di Cina, Upgrade Masif Teknologi AI
    Xpeng G6 Meluncur Versi Facelift di Cina, Upgrade Masif Teknologi AI
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mazda Raih 243 Unit Penjualan di IIMS 2025, CX-5 Masih Paling Favorit
    Mazda Raih 243 Unit Penjualan di IIMS 2025, CX-5 Masih Paling Favorit
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Kia Pamerkan EV4, PV5, dan Concept EV2 di EV Day 2025: Masa Depan Mobil Listrik
    Kia Pamerkan EV4, PV5, dan Concept EV2 di EV Day 2025: Masa Depan Mobil Listrik
    Alvando Noya . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Terjual 1.353 Unit, Aion V Dominasi Penjualan di IIMS 2025
    Terjual 1.353 Unit, Aion V Dominasi Penjualan di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Toyota Kijang Innova Zenix HEV Paling Diminati di IIMS 2025
    Toyota Kijang Innova Zenix HEV Paling Diminati di IIMS 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Hyundai Catat Lebih dari 2.000 Unit Penjualan di IIMS 2025
    Hyundai Catat Lebih dari 2.000 Unit Penjualan di IIMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Neta Capai Hasil Positif di IIMS 2025, Perlihatkan Bukti Komitmen di Indonesia
    Neta Capai Hasil Positif di IIMS 2025, Perlihatkan Bukti Komitmen di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Komitmen Layanan Purnajual BAIC Indonesia, Menjamin Kendaraan Tetap Prima dan Terjaga
    Komitmen Layanan Purnajual BAIC Indonesia, Menjamin Kendaraan Tetap Prima dan Terjaga
    OTO . Hari ini
  • Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Muhammad Hafid . 27 Feb, 2025
  • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Ardiantomi . 21 Feb, 2025
  • Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
    Review Keunggulan New Mitsubishi Pajero Sport, Pemain Kuat di Segmen SUV 7-Seater
    Alvando Noya . 21 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . Hari ini
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025