Honda HR-V generasi terbaru tetap punya varian E sebagai trim tengah. Bila kembali ke generasi sebelumnya, tipe E merupakan yang terlaris. Sebab punya fitur paling punya value bagus berbanding dengan tawaran harganya. Pas, tidak berlebih maupun kekurangan. Nah, bagaimana dengan versi anyar. Harga ditawarkan senilai Rp379,9 juta. Cuma mengalami kenaikan Rp1 juta saja. Apakah semakin sepadan antara harga dan fitur?
Membedah All New HR-V tipe E bisa diawali dari tipe S. Karena dasar dalam teknis dan fitur-fiturnya sama, hanya mendapatkan beberapa peranti tambahan. Mulai dari luar, bisa dikenali dari bilah grille horizontal sewarna bodi dan skid plate silver. Berbeda dari tipe S yang dikelir hitam. Selebihnya tampak sama, seperti lampu LED dan pelek glossy ukuran 17-inci.
Begitu pula ketika mengulik fitur. Seperti HR-V termurah, HR-V tipe E dilengkapi monitor layar sentuh 7-inci. Memang tergolong kecil untuk mobil seharga ini, tapi punya fungsi penting seperti Smartphone Connection. Begitu pula di bagian meter cluster berupa layar TFT Interactive 4,2-inci. Dalam hal ini tidaklah istimewa.
Namun HR-V E punya beberapa fitur pembeda yang justru akan menambah kenyamanan dan kemudahan operasional. Antara lain:
Baca Juga: Bedah Honda HR-V Termurah Tipe S CVT Rp355,9 Juta, Punya Honda Sensing!
Peranti keselamatan menjadi keistimewaan bagi All New HR-V. Karena kenaikan harga hanya sedikit, tapi lompatan fitur begitu jauh. Standarnya saja punya 4 airbag, ABS+EBD+BA, Electronic Parking Brake+Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Emergency Stop Signal, Parking Sensor, Rear Parking Camera, Alarm, Walk-Away Auto Lock, Auto Door Lock by Speed, Rear Seat Reminder dan Immobilizer. Ini belum termasuk Honda Sensing yang tersedia di semua varian.
Ya, tersedia dari tipe termurah yang cuma naik Rp1 juta dibanding generasi lama. Isi paket keselematan termutakhir Honda ini antara lain: Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN). Semua menjamin level keselamatan tingkat tinggi sekaligus menambah rasa tenang dan aman.
Mesin bensin 1,5-liter naturally aspirated baru buat HR-V. Unit L15ZF berbagi juga dengan City Hatchback RS, City sedan dan BR-V. Konfigurasi 4-silinder DOHC dengan teknologi katup variabel i-VTEC, menciptakan tenaga 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Penyalur daya hanya CVT. Namun untuk tipe E mendapatkan paddle shift.
Berkaca dari HR-V tipe E model terdahulu, rombakan generasi anyar begitu total. Desain keren dan tetap menyuguhkan kepraktisan kabin sama, sangatlah ideal untuk penggunaan sendiri maupun keluarga. Mekanikal dan fitur turut naik kelas, membuatnya semakin punya daya tarik tersendiri untuk dikemudikan. Apalagi harga ditawarkan hanya bertambah sedikit, tentu membuat value for money semakin tinggi. (Odi)
Baca Juga: Harga Honda HR-V 1.5 RS Turbo Beda Rp100 Juta dari Varian Lain, Dapat Apa Saja?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.