Xenia 1.3 X adalah LMPV Daihatsu yang memiliki value for money tinggi. Ia bahkan menjadi mobil keluarga bertransmisi CVT paling murah di antara pabrikan lain. Harga gres di diler sebesar Rp243,25 juta on the road Jakarta. Berkat sasis monokok DNGA kabin menjadi amat lapang. Banyak sekali keunggulan untuk dijadikan mobilitas bareng saudara.
Pertama-tama, dimensi Xenia telah bertambah besar dibandingkan dengan model sebelumnya. Model terbaru ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.690 mm, dan wheelbase 2.750 mm, yang memungkinkan ergonomi yang lebih baik dalam konfigurasi tujuh penumpang. Meskipun harganya terjangkau, Xenia 1.3 X CVT masih menawarkan tampilan yang cukup menarik.
Grille berbentuk jaring yang dibagi menjadi dua bagian memberikan kesan sporty pada mobil ini, dengan seluruh bagian eksterior berwarna hitam. Tidak ada tambahan kromium pada bagian luar. Lampu depan sudah menggunakan LED, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan fog lamp atau lampu kabut. Rodanya menggunakan pelek 15 inci berwarna gelap tunggal yang terlihat lebih elegan daripada warna silver. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dan Torsion Beam untuk roda belakang, yang menawarkan kenyamanan yang memadai untuk kelasnya.
Saat melihat ke dalam kabin, kualitasnya tidak terkesan murahan. Xenia 1.3 X CVT masih dilengkapi dengan head unit layar sentuh bergaya mengambang yang dapat terhubung dengan berbagai perangkat, termasuk pemutaran musik melalui Bluetooth. Pengaturan AC sudah digital. Terdapat cukup banyak kompartemen di bagian depan untuk menyimpan barang-barang kecil. Sementara itu, joknya terbuat dari material fabric yang semuanya berwarna hitam.
Di dalam kabin, cluster meter menggunakan kombinasi analog seperti model sebelumnya. Setirnya mengadopsi sistem rack and pinion yang dapat diatur ke berbagai arah. Untuk pengereman, terdapat cakram berventilasi di depan dan drum di belakang, dilengkapi dengan ABS, EBD, Hill Start Assist, Brake Assist, VSC, dan sensor parkir. Keamanan baris pertama didukung oleh dual SRS airbag.
Mesinnya berkapasitas 1,3 liter, sama dengan unit sebelumnya yang berkode 1NR-VE 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Hasil pembakaran menghasilkan tenaga 97,9 PS pada 6.000 rpm dan torsi 122 Nm pada 4.200 rpm. Mesin ini dikenal tangguh dan hemat, namun kini telah diubah menjadi penggerak roda depan (FWD), yang tentunya mengubah karakteristiknya. Mulai dari akselerasi yang lebih responsif, efisiensi yang lebih baik, hingga hilangnya suara dengung gardan yang khas pada model sebelumnya.
Performanya didukung oleh transmisi CVT, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya. Astra Daihatsu Motor tidak menggunakan transmisi standar, melainkan Dual Mode CVT (D-CVT) yang juga digunakan pada Rocky-Raize. Komponen gearbox tidak hanya terdiri dari dua pulley dan belt, tetapi juga dilengkapi dengan planetary gear.
Dalam kecepatan tinggi di atas 60 km/jam atau tergantung pada bukaan throttle, transmisi akan beralih dari belt ke gigi. Menurut klaim Daihatsu, ini mengatasi kelemahan energy-loss pada CVT di kecepatan tinggi yang membuat mesin menjadi kurang efisien. Dengan harga sekitar Rp240 juta, kendaraan ini sangat layak untuk dimiliki dan menjadi bagian dari garasi rumah Anda. (Alx)
Baca Juga: Keunggulan Daihatsu Xenia 1.5 R CVT dan Simulasi Kredit Syariah
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.