Mencari Skutik Maxi Yamaha 155 yang Paling Enak buat Harian
Nmax Turbo dan Nmax Neo series merupakan tambahan terbaru dalam keluarga Maxi Yamaha. Berbeda dari Nmax versi sebelumnya, kedua seri ini menawarkan desain yang lebih modern, mesin yang baru, dan fitur-fitur yang lebih canggih. Kini, jajaran Skutik Maxi Yamaha 155 terdiri dari Lexi LX155, All New Nmax, All New Aerox 155, serta Nmax Turbo dan Nmax Neo. Dari kelima model tersebut, manakah yang paling nyaman untuk penggunaan sehari-hari? Mari kita bahas lebih lanjut.
Yamaha Lexi LX 155
Lexi LX 155 dilengkapi dengan mesin Blue Core 155 cc terbaru. Strukturnya terdiri dari satu silinder SOHC, 4-langkah, 4-klep, dengan pendingin cairan dan Variable Valve Actuation (VVA). Dimensi bore x stroke-nya adalah 58 x 58,7 mm, memberikan kapasitas total 155,09 cc. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.
Dalam hal akselerasi, Lexi LX menunjukkan angka yang lebih tinggi dibandingkan All New Nmax atau All New Aerox 155. Ini berkat perubahan desain pada camshaft, piston, kepala silinder, dan jalur oli, yang menghasilkan performa lebih efisien dengan gesekan dan getaran yang minim. Fitur Smart Motor Generator (SMG) juga ditambahkan untuk memastikan suara mesin yang lebih halus saat dihidupkan.
Dibandingkan dengan seri Maxi lainnya, kenyamanan Lexi LX terasa dari ruang pijakan kaki yang luas dan datar, yang memungkinkan penempatan barang tambahan. Model tertinggi dilengkapi dengan subtank rear suspension, serta jok yang panjang dan lebar. Volume bagasi tidak terlalu besar, namun cukup untuk menyimpan barang-barang esensial saat berkendara, ditambah dengan laci kecil di bagian depan.
Untuk varian termahal, fitur-fiturnya meliputi sistem stop & start (SSS), keyless (smart key) dengan Answer Back System, dan Anti-lock Braking System (ABS) satu kanal. Fitur terbaru termasuk konektivitas melalui aplikasi Y-connect dan Handlebar Switch Control.
Fitur lainnya termasuk speedometer digital lengkap dengan tampilan negatif (negative display), lampu depan dan stoplamp dengan teknologi LED, Electric Power Socket untuk pengisian baterai smartphone, dan lampu hazard untuk situasi darurat di pinggir jalan.
Lexi LX 155 tersedia dalam tiga varian: standar, S version, dan Connected/ABS, masing-masing dengan fitur yang berbeda. Saat ini, harga jual mereka adalah Rp25,650 juta, Rp27,150 juta, dan Rp30,2 juta OTR DKI Jakarta.
All New Aerox 155
Berbeda dari varian Maxi lainnya, All New Aerox 155 telah mengusung konsep skutik sporty sejak peluncurannya dan tetap handal untuk penggunaan sehari-hari.
Secara teknis, motor ini dibekali mesin 155 cc, SOHC, berpendingin cair, dan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang menjamin torsi merata di seluruh rentang putaran mesin. Motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 15,1 Hp pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Fiturnya sangat fungsional, terutama pada tipe tertinggi yang telah dilengkapi dengan suspensi ganda belakang (tabung), sistem kunci tanpa anak kunci (smart key) dengan Answer Back System, Anti-lock Braking System (ABS) satu saluran, dan Y-connect.
Fitur lain termasuk bagasi luas, tangki bensin 5,5 liter, soket listrik, lampu depan dan belakang LED, Lampu Hazard, Speedometer digital lengkap dengan Multi Information Display (MID), Stop & Start System (SSS), Smart Motor Generation (SMG), Handlebar Switch Control, ban tubeless lebar, dan Stand side switch.
Saat ini, All New Aerox 155 tersedia dalam tiga varian: Connected/ABS seharga Rp31,660 juta, CyberCity seharga Rp28,075 juta, dan Standard seharga Rp27,875 juta. Setiap varian menawarkan fitur dan desain motif pada panel bodi yang berbeda, dengan harga On The Road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta.
Nmax Turbo dan Nmax Neo Series
Ini adalah Nmax generasi ketiga. Model baru ini menetapkan standar baru dalam segmen skuter matik premium 155 cc di Indonesia. Desainnya telah diubah sepenuhnya. Mesin menggunakan generasi terbaru dan varian tertinggi dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Tersedia dalam lima varian: Neo, Neo S, Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate.
Secara visual, semua varian memiliki desain yang serupa, hanya dibedakan oleh warna bodi dan pelek. Tampilan modern terpancar dari fascia, dengan rumah lampu depan yang dirancang secara agresif, dilengkapi dengan pencahayaan full LED dan dual projector. Garis-garis bodi yang lebih tegas dari depan hingga belakang memberikan kesan sporty dan mewah. Bagian belakang juga didesain lebih menarik, dengan stoplamp yang lebih ramping dan lampu sein yang ditempatkan secara vertikal di bawah bagian belakang.
Desain jok baru yang elegan, pelindung radiator yang agresif, dan cover setang yang dinamis semakin menyempurnakan bentuknya. Untuk varian Turbo ke bawah, kokpit dilengkapi dengan Multi Infotainment Display With Y-Connect. Sementara itu, tipe Tech Max dan Tech Max Ultimate telah dilengkapi dengan TFT Navigation Display yang didukung oleh Aplikasi Garmin Street Cross.
Dalam penggunaan sehari-hari di kota, pijakan kaki yang nyaman dan bobot kendaraan yang ringan menjadi penting. Demikian pula dengan kemampuan manuver dan kegesitan saat berputar balik. Nmax Neo dan Turbo menawarkan posisi kaki yang memungkinkan pengendara untuk meregangkan kaki, mirip dengan model sebelumnya.
Semua model dilengkapi dengan mesin 155,09 cc satu silinder, berpendingin cairan, 4 tak SOHC VVA, berdiameter 58 mm dan langkah 58,7 mm. Rasio kompresinya adalah 11,6:1, mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW (15,1 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm pada 6.500 rpm.
Meskipun profilnya masih serupa dengan model sebelumnya, Nmax "Turbo" menggunakan mesin generasi terbaru dengan banyak perubahan. Yang paling mencolok adalah penggunaan teknologi YECVT. Selain itu, dinding silinder dibuat sangat halus (Mirror Bore Cylinder) untuk meminimalkan gesekan dan mengurangi kehilangan oli, crankshaft yang lebih panjang, dimensi rotor assy yang lebih kompak, pin dowel yang menyatu dengan camshaft untuk dudukan sprocket cam chain, menggunakan Hydraulic Tensioner, dan jalur oli yang baru.
Untuk tipe Turbo dan di atasnya, sudah dilengkapi dengan Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT), menggantikan sistem CVT konvensional. Dengan teknologi ini, tersedia fitur Riding Mode yang menawarkan dua mode berkendara: T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).
Kedua mode ini dapat diaktifkan melalui tombol di bagian depan setang kemudi sebelah kiri. T-Mode ideal untuk berkendara sehari-hari di dalam kota dengan berkendara yang lebih halus dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Sementara itu, S-Mode cocok untuk perjalanan jarak jauh atau touring, dengan akselerasi yang lebih responsif.
Selain Riding Mode, Nmax Turbo juga dilengkapi dengan fitur Y-Shift. Tombol operasinya terletak di bawah setang kemudi sebelah kiri. Y-Shift menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dengan kemampuannya untuk membantu pengendara melakukan akselerasi secara instan.
Teknologi Y-Shift memiliki tiga tingkatan: Low (1), Medium (2), dan High (3), yang ideal digunakan untuk mendahului kendaraan lain atau saat melewati tanjakan. Y-Shift tidak hanya berguna saat akselerasi, tetapi juga saat deselerasi.
Setiap varian memiliki bagasi 25 liter, Stop & Start System, Rear Sub Tank Suspension dan juga ban tubeless bertapak lebar. Kemudian punya fitur konektivitas dan electric power socket. Tapi khusus Tech Max dan Tech Max Ultimate sudah pakai model type C. Selain Neo, semuanya sudah pakai smart key system.
Khusus Tech Max series sudah menggunakan Traction Control System (TCS), ABS dual channel, dan jok spesial. Dan buat tipe Ultimate diberi tambahan berupa damper rangka, bermanfaat agar motor semakin stabil selama perjalanan dan saat cornering.
Buat harganya, Nmax Neo (Rp32,7 juta), Neo S (Rp33,7 juta), Turbo (Rp37,750 juta), Turbo TechMax (Rp43,250 juta) dan Turbo TechMax (Rp45,250 juta).
All New Nmax 155
Meskipun telah hadir Nmax Turbo dan Nmax Neo Series, All New Nmax masih tersedia di Yamaha Indonesia, terlihat dari tampilannya di situs web resmi. Terdapat tiga varian: Standard, S version, dan Connected/ABS, yang saat ini dijual dengan harga Rp31,615 juta, Rp32,625 juta, dan Rp35,750 juta OTR DKI Jakarta, masing-masing dibedakan berdasarkan fitur yang disertakan.
Nmax, sejak peluncuran pertamanya, dikenal sebagai skuter matik yang sangat fungsional, dapat diandalkan untuk aktivitas sehari-hari, perjalanan luar kota, hingga touring, didukung oleh performa dan fiturnya.
Desainnya proporsional dan konstruksinya solid, nyaman untuk digunakan dalam berbagai situasi. Ruang kaki yang luas dan posisi duduk yang santai memungkinkan kaki merebah ke depan, ditambah dengan jok yang empuk dan pas ukurannya. Stang yang lebar dan tinggi membuat berkendara, baik jarak dekat maupun jauh, tidak mudah lelah.
Paket mesin yang ditawarkan juga penting, dengan mesin 155 cc SOHC, Liquid Cooled 4-stroke. Teknologi unggulannya adalah Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA), yang tidak hanya bertenaga dan hemat bahan bakar, tetapi juga menyediakan torsi yang merata di setiap putaran mesin. Mesin ini memiliki tenaga maksimal 15,1 hp pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm.
Kapasitas bagasi yang cukup besar memungkinkan penyimpanan satu helm dan beberapa barang kecil lainnya. Terdapat dua saku di balik tameng, dengan sisi kiri yang dilengkapi soket listrik dan sisi kanan untuk penyimpanan barang kecil dengan penutup.
Berbeda dengan seri Maxi lainnya di kelas 155, All New Nmax menawarkan fitur yang lebih lengkap. Khusus untuk varian tertinggi, dilengkapi dengan Traction Control System yang mencegah ban belakang selip saat gas dibuka secara tiba-tiba, ABS dua kanal yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, dan sistem kunci kontak model keyless.
Fitur lainnya ada sistem konektivitas Y-connect headlight dan taillight full LED, hazard lamp, side stand switch, hingga suspensi belakang dengan tabung. Lalu ada Stop & Start System (SSS) agar konsumsi bahan bakar lebih efisien. Dikombinasikan dengan Smart Motor Generator (SMG), teknologi suara motor menjadi sunyi ketika dinyalakan.
Mana Paling Nyaman buat Harian?
Berdasarkan ulasan yang ada, semua model dari seri Maxi 155 sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari. Lexi LX menawarkan kelebihan berupa footboard yang rata dan luas, sangat membantu bagi pengendara yang sering membawa banyak barang. Ini juga menguntungkan bagi pengendara wanita dengan tinggi badan rata-rata di bawah 165 cm. Aerox menjadi pilihan yang ideal untuk kaum muda yang menginginkan skuter matik sporty dengan performa tinggi.
Nmax Turbo merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang menggunakan motor dalam aktivitas sehari-hari, berkat fitur-fitur canggih yang dimilikinya. Khususnya varian Tech Max dan Tech Max Ultimate, sangat sesuai untuk perjalanan jauh atau touring, dengan teknologi YECVT, TCS, ABS dual channel, dan sistem navigasi dari Garmin Cross yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.
Namun, jika Anda menginginkan model Nmax yang terbaru, seri Nmax Neo bisa menjadi pilihan menarik karena memiliki desain yang identik dengan Nmax Turbo. Pilihan lainnya adalah All New Nmax yang masih tersedia di pasaran. Yang terpenting adalah menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dan memastikan harga yang ditawarkan masih masuk akal. Jadi, mana yang akan Anda pilih? (Bgx)
Baca Juga: Pilihan Skutik 150 - 160 cc, Didominasi Yamaha dan Honda
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test