Mengenal DFSK Seres SF5, Mobil Listrik Berkemampuan Seperti Sportscar

DFSK Seres SF5

 

KEY TAKEAWAYS

  • DFSK Seres SF5 sangatlah unik

    Menyandang EV Range Extender berupa mesin bensin turbo, tapi digunakan sebagai generator pemberi daya listrik bila baterai sisa sedikit
  • Tak bisa disebut hybrid, bukan Plug-in Hybrid, namun memakai platform mobil listrik murni

    Tapi bisa dicas ulang di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)
  • Di IIMS Hybrid 2022, DFSK unjuk teknologi lewat sebuah kendaraan unik. Ialah Seres SF5 yang tak bisa dibilang sebagai mobil listrik murni. Bukan pula bergenre hybrid, namun dengan menyandang EV Range Extender. Memang ia memiliki mesin bensin turbo, tapi digunakan sebagai generator pemberi daya listrik, bila baterai kurang dari 20 persen. Terus kombinasi kekuatan setara sportscar. Mari berkenalan lebih dekat.

    Ia menganut sistem gerak all wheel drive (AWD) didukung oleh high performance dual electric motor. Pengemudi disuguhkan dinamo penggerak SEP200AC. Aliran tenaga maksimal tembus 255 kW (347 PS) di depan dan HW150 dengan power 150 kW (204 PS). Kalau ditotal, tenaga menyentuh 551 PS. Lalu torsi maksimal versi Range Extender EV 820 Nm. Kemampuan ini setara sporstcar secara umum. Momentum puntir sangat perkasa, sehingga akselerasi rampung hanya 4,7 detik untuk mengilat dari 0-100 kpj.

    Seres SF5

    Agar sensasi berkendara semakin menyenangkan dan bisa disesuaikan dengan berbagai kebutuhan perjalanan. Seres SF5 dilengkapi sejumlah pilihan mode berkendara serta dukungan pengaturan elektronik. Anda dapat memilih lima mode berkendara, empat mode perjalanan, tiga mode steer dan dua mode pengereman untuk disesuaikan gaya berkendara yang dibutuhkan. Kemudian baterai menggunakan Li-ion berdaya 35 kWH. Pengemudi bisa pakai fast charging untuk mengisi daya baterai 80 persen kurang dari 1 jam.

    Nah, menariknya, bila Anda tidak menemukan charging station di sekitar selama perjalanan. Seres SF5 dilengkapi Intelligent Extended Range Technology. Yakni sebuah enjin 1,5 liter turbo yang sama seperti DFSK Glory i-Auto. Mesin hanya bisa dipakai saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20 persen. Ia sanggup melaju hingga 1.000 kilometer. Jadi prinsip kerjanya, ia merupakan mobil listrik namun menggendong internal combustion engine sebagai generator. Bukan untuk penggerak roda. Berbeda pula dari Nissan e-Power yang baterai tak bisa dicas mandiri.

    Baca Juga: Walau Sudah Dipamerkan, DFSK Belum Berencana Jual Seres SF5 EV Range Extender

     

    Interior Seres SF5

    Energi listrik yang dihasilkan serta dimiliki oleh Seres SF5 bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tidak terbatas hanya kepada penggunaan berkendara saja. Misal digunakan sebagai sumber energi peralatan listrik rumah tangga, seperti teko pemanas air, audio speaker. Lalu asistensi berkendara pun dibilang canggih.

    Seres SF5 mendapatkan dukungan asisten berkendara melalui Seres Pilot Safe Driving Intelligent Assistant System. Fitur ini merupakan generasi terbaru yang didasari kebiasaan penggunaan. Perangkat didukung oleh 16 titik sensor. Memungkinkan kendaraan membaca kondisi jalanan serta berkendara dengan akurat.

    DFSK Seres SF5

    Gabungan fitur terdiri atas Lane Change Assistant, Lane Change Warning, Side Door Opening Warning, Lane Departure Warning. Lalu ada High-Speed Pilot Assistance, Full-Speed Adaptive Cruise, Automatic Emergency Braking, Traffic Jam Assist, Rear Cross Traffic Alert, Lane Keep Assist, Speed Limit Assist, dan 360 Panoramic View. Keunggulan dan desain modern dari Seres SF5 saat ini bisa disaksikan secara langsung di IIMS Hybrid 2022. Namun DFSK sepertinya hanya pamer, riset pasar, belum mau menjual dalam waktu dekat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Seres SF5 Jadi Bintang Booth DFSK

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil DFSK Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil DFSK dari Carvaganza

    • DFSK Siap Kawal Mudik Lebaran & Perkuat Komitmen EV di Indonesia
      DFSK Siap Kawal Mudik Lebaran & Perkuat Komitmen EV di Indonesia
      Muhammad Hafid . 28 Mar, 2025
    • Simak Spek Lengkap Seres E3, SUV Listrik Siap Debut Bulan Depan
      Simak Spek Lengkap Seres E3, SUV Listrik Siap Debut Bulan Depan
      Muhammad Hafid . 26 Mar, 2025
    • Gofar Hilman Ceritakan Konsep Modifikasi Seres E1 Ala Blind Van Miliknya
      Gofar Hilman Ceritakan Konsep Modifikasi Seres E1 Ala Blind Van Miliknya
      Setyo Adi . 26 Feb, 2025
    • IIMS 2025: DFSK Pajang Modifikasi Seres E1 Versi Gofar Hilman
      IIMS 2025: DFSK Pajang Modifikasi Seres E1 Versi Gofar Hilman
      Setyo Adi . 17 Feb, 2025
    • Seres E1 Bakal Hadir Versi Modifikasi Gofar Hilman di IIMS 2025
      Seres E1 Bakal Hadir Versi Modifikasi Gofar Hilman di IIMS 2025
      Zenuar Yoga . 02 Feb, 2025

    Artikel Mobil DFSK dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • DFSK Siaga Mudik dan Transformasi Ramah Lingkungan
      DFSK Siaga Mudik dan Transformasi Ramah Lingkungan
      Muhammad Hafid . 26 Mar, 2025
    • DFSK Siaga Mudik dan Transformasi Ramah Lingkungan
      DFSK Siaga Mudik dan Transformasi Ramah Lingkungan
      Muhammad Hafid . 26 Mar, 2025
    • Mobil Listrik Seres E3 Siap Meluncur, Intip Bocoran Spesifikasinya
      Mobil Listrik Seres E3 Siap Meluncur, Intip Bocoran Spesifikasinya
      Muhammad Hafid . 26 Mar, 2025
    • Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2025
    • Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2025
    • 6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
      6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
      Anjar Leksana . 20 Feb, 2025
    • Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Komparasi Mobil Listrik Murah, Wuling Air ev Lite Vs Seres E1
      Setyo Adi Nugroho . 30 Agu, 2023
    • 4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
      4 Hal yang Membuat DFSK Glory 560 Layak Jadi Alternatif Pilihan
      Raju Febrian . 26 Mar, 2021
    • Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
      Komparasi Dua Alternatif Medium SUV Terjangkau: MG HS vs DFSK Glory i-Auto
      Ahmad Karim . 15 Agu, 2020
    • Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
      Adu Canggih DFSK Glory i-Auto vs Wuling Almaz
      Muhammad Hafid . 24 Jul, 2020
    • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Ardiantomi . 01 Okt, 2024
    • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
    • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
      Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 2): Rayuan Mekanikal Pacu 1.5L Turbo, Seberapa Cuan?
      Anjar Leksana . 18 Sep, 2020
    • Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
      Road Test DFSK Glory i-Auto (Part 1): Menimbang Gimik Taburan Fitur Pelengkap
      Anjar Leksana . 17 Sep, 2020
    • Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
      Road Test DFSK Glory 560: Sanggup Melahap Medan Offroad? (Part-2)
      Rizki Satria . 25 Sep, 2019