Mengenal Honda Sensing, Fitur Keselamatan Canggih Milik CR-V, Odyssey dan Accord

Honda sensing

Pabrikan di Indonesia makin peduli terhadap keselamatan. Sangat bagus, penting sekali untuk mengurangi angka kematian akibat kecelakaan. Teknologi pun kian canggih, tak hanya bersifat pasif tapi kini mampu bekerja aktif. Honda Prospect Motor (HPM) sudah melengkapi jajarannya dengan inovasi itu. Dikenal dengan nama Honda Sensing. Kini sudah tersedia di Honda CR-V, Odyssey dan Accord. Sebuah suguhan premium sesuai segmen yang dimasuki. Memang menambah nilai jual, tapi sangat sepadan dengan yang didapat. Keselamatan berkendara tetap nomor satu.

Ambil contoh CR-V Prestige yang baru saja dirilis. Dibanding varian turbo reguler, selisihnya sekitar Rp 55 jutaan. Tapi itu sepadan untuk mengongkosi Honda Sensing sebagai paket fitur unggulan di tiga produk HPM. Nah, “indera perasa” itu merupakan kesatuan peranti keselamatan canggih dari pabrikan. Fungsi utamanya, meminimalisasi potensi kecelakaan saat berkendara. Secara garis besar ada tujuh bagian yang bisa membuat pengendara lebih nyaman dan aman.

Secara umum, fungsi Honda Sensing meliputi berbagai peranti. Misalnya saja Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Lalu turut diimbuhi pula oleh Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam.

Baca Juga: Tidak Sampai Rp 1 Miliar, ini Nilai Plus Honda Odyssey 2021 Dibanding Toyota Alphard

2021 honda cr-v

Beberapa waktu lalu, kami sempat menjajal keunggulan perangkat itu. Pengujian menggunakan Honda Accord di Proving Ground Bridgestone. Dimulai dari fiitur pertama, Collision Mitigation Braking System (CMBS). Ia bekerja pakai milimeter wave radar unit yang kasat mata. Posisinya terletak persis di belakang grille depan. Kemudin monocular camera diposisikan di antara kaca spion tengah serta kaca depan. Keduanya terintegrasi, mendeteksi kondisi objek di depan mobil.

Mobil pun diajak melaju pada kecepatan 20-30 km/jam. Di depannya, terpasang obstacle berbentuk mobil pada jarak 100 menter. Begitu sang kendaraan mendekati objek, ada peringatan visual dan audio. Anda lantas diingatkan agar mengambil tindakan koreksi. Namun jika pengemudi kurang tanggap bahkan potensi tabrakan berlanjut, secara langsung komputer melalui Collision Mitigation Braking System (CMBS) mengambil alih. Ia segera menerapkan tahap pengereman otomatis, meski Anda tak menyentuh pedal rem sedikitpun. Jadi, perannya besar dalam mengurangi dampak tabrakan. Apalagi misal, pengendara lengah atau meleng.

Yang kedua, Road Departure Mitigation (RDM). Fitur menggunakan kamera monokular untuk mengenali garis solid dan putus-putus yang terdapat di jalan raya, juga marka pembatas jalan. RDM menggunakan EPS untuk menjaga kendaraan tetap pada lajurnya. Misal, jika kendaraan terdeteksi keluar dari lajur dan melintasi garis solid pembatas jalan. Sistem bekerja melalui VSA, untuk mengembalikan kendaraan ke lajur semula. Setir sedikit memberi koreksi otomatis. Namun Anda yang tetap memegang kendali.

Baca Juga: Perubahan Honda CR-V 2021 yang Membuatnya Makin Menarik

2021 honda cr-v interior

Ia masih satu bagian dari Lane Departure Warning (LDW). Fungsinya memberikan peringatan kepada pengemudi, jika kendaraan terdeteksi meninggalkan lajur tanpa mengaktifkan lampu sen. Sistem ini bekerja saat kendaraan melaju di antara kecepatan 72 hingga 180 km/jam. LDW menggunakan kamera yang sama, memberikan peringatan visual dan getaran sebelum sistem lainnya bekerja.

Lalu yang menarik lagi, berupa Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow. Sangat berbeda dengan cruise control biasa. Ini memungkinkan Anda mengatur kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan, sesuai yang diinginkan. Kamera monokular terus-menerus mengukur jarak dengan kendaraan yang terdeteksi di depan. Lalu menyesuaikan kecepatan mobil untuk mempertahankan jarak yang telah ditentukan. Anda dapat memilih pengaturan jarak Short, Medium, Long atau Extra Long.

Jika diperlukan, sistem melakukan pengereman otomatis bisa kendaraan di depan berhenti mendadak. Untuk mengaktifkan kembali, tekan tombol Res+ pada setir bagian kanan. Kemudian fitur terakhir, Auto High-Beam Headlights. Cara kerjanya dimulai dari memosisikan tuas lampu diputar dari low beam ke posisi auto. Saat Anda berkendara di atas kecepatan 40 km/jam. Sistem ini secara intuitif siap berganti antara lampu besar dan lampu normal tergantung pada situasi jalan. Juga bergantung pada tingkat cahaya di luar mobil.

Canggih sekali perangkat itu, bukan? Namun perusahaan tetap mengimbau, pengemudi ialah sebagai pemegang tanggung jawab dan kendali utama. Honda Sensing tidak dapat sepenuhnya menggantikan fungsi kendali pengemudi. Dan ia memang ditujukan sebagai pencegahan saja. Anda tetap berperan aktif dalam melakukan tindakan mencegah, termasuk saat menggunakan sistem ini. Jika dikehendaki, beberapa fitur dapat dimatikan oleh pengemudi.

"Honda Sensing itu bukan untuk mencegah adanya kecelakaan. Tapi bisa mengurangi risiko terjadi kecelakaan. Dan fitur ini juga bergantung pada pengemudinya. Lalu fitur keselamatan itu semua harus sesuai dengan buku pedoman serta bagaimana merawatnya agar hal itu bisa berfungsi dengan baik," ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor, usai merilis produk baru secara virtual. (Alx/Odi)

Baca Juga: Detail Desain Generasi Terbaru Honda HR-V, Meluncur April 2021

Jelajahi Honda CRV

  • Tampak Depan Bawah Honda CR-V
  • Tampak Grille CR-V
  • Fog lamp depan CR-V
  • Lampu depan CR-V
  • lampu belakang CR-V
  • Honda CR-V Drivers Side Mirror Front Angle
  • Tampak belakang CR-V
  • Honda CR-V Front Side View
Honda CRV
Rp 749,1 - 814,4 Juta Cicilan : Rp 17,09 Juta

Model Mobil Honda

Mobil Honda
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda WR-V
    Honda WR-V
  • Honda Accord
    Honda Accord
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Honda CR-V dari Carvaganza

  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Hybrid Award: All New Honda CR-V RS e:HEV
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Hybrid Award: All New Honda CR-V RS e:HEV
    Muhammad Hafid . 30 Okt, 2024
  • Honda Sudah Mulai Produksi CR-V Hidrogen, Dipasarkan Pertengahan 2024
    Honda Sudah Mulai Produksi CR-V Hidrogen, Dipasarkan Pertengahan 2024
    Anjar Leksana . 07 Jun, 2024
  • All New Honda CR-V RS e:HEV, SUV Canggih untuk Mudik Nyaman dan Aman
    All New Honda CR-V RS e:HEV, SUV Canggih untuk Mudik Nyaman dan Aman
    Muhammad Hafid . 08 Mei, 2024
  • ELECTRIA: Nyaman dan Irit Melintasi Trans Jawa Bersama All New Honda CR-V e:HEV
    ELECTRIA: Nyaman dan Irit Melintasi Trans Jawa Bersama All New Honda CR-V e:HEV
    Wahyu Hariantono . 07 Mei, 2024
  • Honda CR-V RS e:HEV Jadi Car of the Year 2023 di Australia
    Honda CR-V RS e:HEV Jadi Car of the Year 2023 di Australia
    Muhammad Hafid . 09 Feb, 2024

Artikel Mobil Honda CR-V dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Hybrid Car Award: All New Honda CR-V RS e:HEV
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Hybrid Car Award: All New Honda CR-V RS e:HEV
    Muhammad Hafid . 30 Okt, 2024
  • Honda Mulai Produksi CR-V Bertenaga Hydrogen Fuel Cell
    Honda Mulai Produksi CR-V Bertenaga Hydrogen Fuel Cell
    Anjar Leksana . 07 Jun, 2024
  • Honda CR-V dan Civic Dinobatkan Jadi Mobil Aman di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2024
    Honda CR-V dan Civic Dinobatkan Jadi Mobil Aman di ASEAN NCAP Grand Prix Awards 2024
    Anjar Leksana . 30 Mei, 2024
  • All New Honda CR-V RS e:HEV, SUV Canggih untuk Mudik Nyaman dan Aman
    All New Honda CR-V RS e:HEV, SUV Canggih untuk Mudik Nyaman dan Aman
    OTO . 08 Mei, 2024
  • Nyaman dan Irit Menjelajahi Trans Jawa Bersama All New Honda CR-V RS e:HEV
    Nyaman dan Irit Menjelajahi Trans Jawa Bersama All New Honda CR-V RS e:HEV
    OTO . 06 Mei, 2024
  • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
  • Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
    Komparasi SUV Chery Tiggo 8 dan Honda CR-V 1.5L Turbo
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2024
  • Komparasi SUV Populer Baru, All New Honda CR-V Lawan New Mazda CX-5
    Komparasi SUV Populer Baru, All New Honda CR-V Lawan New Mazda CX-5
    Setyo Adi Nugroho . 27 Sep, 2023
  • Komparasi Varian All New Honda CR-V, Selisih Cuma Rp60 Juta
    Komparasi Varian All New Honda CR-V, Selisih Cuma Rp60 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 19 Sep, 2023
  • Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V
    Rivalitas SUV 7 Penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dan Honda CR-V
    Setyo Adi Nugroho . 02 Mei, 2023
  • Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Test Drive All New Honda CR-V RS e:HEV: Superioritas Tertinggi CR-V
    Muhammad Hafid . 30 Okt, 2023
  • Road Test Honda CR-V 2021: Teknologi Sensing, Bak Personal Bodyguard
    Road Test Honda CR-V 2021: Teknologi Sensing, Bak Personal Bodyguard
    Wahyu Hariantono . 14 Apr, 2021
  • Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-3)
    Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-3)
    Rizki Satria . 14 Des, 2017
  • Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-2)
    Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-2)
    Rizki Satria . 14 Des, 2017
  • Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-1)
    Comparison Test: Honda CR-V Turbo vs Nissan X-Trail Hybrid (Part-1)
    Rizki Satria . 11 Des, 2017