Mengenal Lebih Dekat Honda CBR1000RR SP

JAKARTA, 25 Juli 2016 - Honda Big Bike tetap menjadi salah satu pemain utama di segmen motor sport berkubikasi mesin besar. Salah satu model yang menjadi andalan di pasar Indonesia adalah Honda CBR1000RR SP. Motor ini merupakan generasi ke-12 dari motor sport legendaris Honda, CBR1000RR. Sebagai penanda eksklusifitas produknya di level motor sport premium Tanah Air, Honda membekali Honda CBR1000RR SP dengan spesifikasi a la motor balap Honda di ajang MotoGP. Apa saja? Honda CBR1000RR SP menggunakan mesin DOHC 4-tak 16 katup yang memiliki kubikasi sebesar 999,8 cc. Mesin ini dilengkapi juga dengan pendingin cairan serta menggunakan teknologi PGM-DSFI sebagai injektor bahan bakarnya. Alhasil, mesin ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm serta torsi maksimum mencapai 114 Nm pada 10.500 rpm. Sebagai pelengkap, Honda membekali mesin Honda CBR1000RR SP ini dengan teknologi PGM-DSFI Electronic Fuel Injection yang akan membuat pembakaran di dalamnya menjadi lebih sempurna. 25072016-Moto-CBR1000RR-SP_03 Honda CBR1000RR SP merupakan motor bergenre superbike dengan basis rangka Honda RC213V yang digunakan tim Repsol Honda di ajang MotoGP. Melihat penampilannya, desain bodi diracik dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya. Nampak depan, Honda CBR1000RR SP terlihat sporty dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya. Lampu utama pada motor ini sudah menggunakan proyektor LED yang akan memberikan penerangan sempurna di malam hari. Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000RR SP yang akan membuatnya nampak stylish. Desain fairing yang menutup tubuh CBR1000RR SP dirancang menyesuaikan dengan lekuk bodinya. Tongkrongan Honda CBR1000RR SP semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis. Honda CBR1000RR SP yang memiliki dimensi 2.080 x 720 x 1.141 mm dan bobot kosong 199 kg ini dibangun dengan kecermatan luar biasa. Honda mengadaptasi rangka Diamond Frame Design milik Honda RC213V. Rangka tersebut dibangun dengan bahan aluminium composite twin-spar yang ringan namun kuat. 25072016-Moto-CBR1000RR-SP_01 Soal kenyamanan, Honda menyematkan suspensi teleskopik OHLINS tipe NIX30 yang dilengkapi dengan inverted fork bertabung 43 mm pada bagian depannya. Sementara untuk suspensi belakang, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan suspensi Pro-Link OHLINS tipe TTX36. Honda membalut velg 17 inci dengan ban 120/70 di bagian depan dan 190/50 di belakang. Untuk sektor pengereman, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan sistem pengereman hidrolik dengan disc berukuran 320 x 4,5 mm yang dipadukan dengan piston Brembo Monobloc berjumlah 4 buah. Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kaki juga disempurnakan dengan rem single piston hidrolik 220 x 5 mm pada bagian belakangnya. Honda CBR1000RR SP juga dilengkapi dengan fitur pelengkap bernama Honda Ignition Security System (HISS) atau fitur  immobilizer modern yang akan mematikan mesin jika motor ini dinyalakan secara paksa menggunakan kunci duplikat. PT AHM membanderol harga motor berwarna putih dengan livery HRC ini dengan harga Rp 575 juta OTR Jakarta. 25072016-Moto-CBR1000RR-SP_02 Berikut Detail Spesifikasi Honda CBR1000RR SP MESIN Tipe : DOHC 4-stroke 16-valve in line-4 Kubikasi : 999,8 cc Rasio Kompresi : 12.03 : 01 Tenaga Maksimum : 133 kW/12.250 rpm Torsi Maksimum : 114 Nm/10.500 rpm Kapasitas Oli : 3.7 L Sistem Pendingin : Liquid Cooled Sistem Bahan Bakar : PGM-DSFI Electronic Fuel Injection Kapasitas Tangki BBM : 17,5 L KELISTRIKAN Kapasitas Baterai : 12V/6AH Lampu Depan : Headlight 12V, 55W x 1 (low)/55W x 2 (high) Lampu Depan : LED Fitur : Security Honda Ignition Security System (HISS) RANGKA Tipe : Diamond Frame Design : Alumunium composite twin-spar Dimensi (P x L x T) : 2.080 x 720 x 1.141 mm Jarak Sumbu Roda : 1410 mm Jarak dengan Tanah : 130 mm Tinggi Jok : 820 mm Berat : 199 kg (ABS: 210 kg) SUSPENSI Suspensi Depan : Telescopic inverted fork with an inner tube 43 mm NIX30 (OHLINS) with preload, compression and rebound adjustment 120mm stroke Suspensi Belakang : Unit Pro-Link with gas-charged TTX36 (OHLINS) damper 8 mm preload and 22 click compression and 22 click damping adjustment 60 mm stroke KAKI-KAKI Ban Depan : 12-spoke cast aluminium 120/70 -ZR17M/C (W) Ban Belakang : 12-spoke cast aluminium 190/50 -ZR17M/C (W) PENGEREMAN Rem Depan : Hydraulic disc 320 x 4.5 mm with 4-piston Brembo Monobloc calipers and sintered metal pads Rem Belakang : Hydraulic disc 220 x 5 mm with single piston caliper and sintered metal pads ABS System (Optional): Electronic Combined ABS INSTRUMEN ELEKTRIK Fitur Panel Dashboard : Instruments Gear position, coolant temperature, speedometer, clock/lap time, trip/fuel efficiency/fuel consumption and odometer/numerical tachometer ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Satu Dekade Mengaspal, Yamaha Nmax Tetap Jadi Skutik Premium Favorit di Indonesia
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    CBR Series Dominasi ARRC Buriram 2025: Astra Honda Borong Podium
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    MotoGP Spanyol 2025: Alex Marquez Cetak Sejarah, Marc Marquez Gagal Bersinar
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025