Mengenal Lebih Dekat Honda CBR1000RR SP
JAKARTA, 25 Juli 2016 - Honda Big Bike tetap menjadi salah satu pemain utama di segmen motor sport berkubikasi mesin besar. Salah satu model yang menjadi andalan di pasar Indonesia adalah Honda CBR1000RR SP. Motor ini merupakan generasi ke-12 dari motor sport legendaris Honda, CBR1000RR.
Sebagai penanda eksklusifitas produknya di level motor sport premium Tanah Air, Honda membekali Honda CBR1000RR SP dengan spesifikasi a la motor balap Honda di ajang MotoGP. Apa saja?
Honda CBR1000RR SP menggunakan mesin DOHC 4-tak 16 katup yang memiliki kubikasi sebesar 999,8 cc. Mesin ini dilengkapi juga dengan pendingin cairan serta menggunakan teknologi PGM-DSFI sebagai injektor bahan bakarnya. Alhasil, mesin ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm serta torsi maksimum mencapai 114 Nm pada 10.500 rpm.
Sebagai pelengkap, Honda membekali mesin Honda CBR1000RR SP ini dengan teknologi PGM-DSFI Electronic Fuel Injection yang akan membuat pembakaran di dalamnya menjadi lebih sempurna.
Honda CBR1000RR SP merupakan motor bergenre superbike dengan basis rangka Honda RC213V yang digunakan tim Repsol Honda di ajang MotoGP. Melihat penampilannya, desain bodi diracik dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya. Nampak depan, Honda CBR1000RR SP terlihat sporty dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya.
Lampu utama pada motor ini sudah menggunakan proyektor LED yang akan memberikan penerangan sempurna di malam hari. Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000RR SP yang akan membuatnya nampak stylish. Desain fairing yang menutup tubuh CBR1000RR SP dirancang menyesuaikan dengan lekuk bodinya.
Tongkrongan Honda CBR1000RR SP semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis.
Honda CBR1000RR SP yang memiliki dimensi 2.080 x 720 x 1.141 mm dan bobot kosong 199 kg ini dibangun dengan kecermatan luar biasa. Honda mengadaptasi rangka Diamond Frame Design milik Honda RC213V. Rangka tersebut dibangun dengan bahan aluminium composite twin-spar yang ringan namun kuat.
Soal kenyamanan, Honda menyematkan suspensi teleskopik OHLINS tipe NIX30 yang dilengkapi dengan inverted fork bertabung 43 mm pada bagian depannya. Sementara untuk suspensi belakang, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan suspensi Pro-Link OHLINS tipe TTX36. Honda membalut velg 17 inci dengan ban 120/70 di bagian depan dan 190/50 di belakang.
Untuk sektor pengereman, Honda CBR1000RR SP dibekali dengan sistem pengereman hidrolik dengan disc berukuran 320 x 4,5 mm yang dipadukan dengan piston Brembo Monobloc berjumlah 4 buah. Spesifikasi Honda CBR1000RR SP di bagian kaki-kaki juga disempurnakan dengan rem single piston hidrolik 220 x 5 mm pada bagian belakangnya.
Honda CBR1000RR SP juga dilengkapi dengan fitur pelengkap bernama Honda Ignition Security System (HISS) atau fitur immobilizer modern yang akan mematikan mesin jika motor ini dinyalakan secara paksa menggunakan kunci duplikat. PT AHM membanderol harga motor berwarna putih dengan livery HRC ini dengan harga Rp 575 juta OTR Jakarta.
Berikut Detail Spesifikasi Honda CBR1000RR SP
MESIN
Tipe : DOHC 4-stroke 16-valve in line-4
Kubikasi : 999,8 cc
Rasio Kompresi : 12.03 : 01
Tenaga Maksimum : 133 kW/12.250 rpm
Torsi Maksimum : 114 Nm/10.500 rpm
Kapasitas Oli : 3.7 L
Sistem Pendingin : Liquid Cooled
Sistem Bahan Bakar : PGM-DSFI Electronic Fuel Injection
Kapasitas Tangki BBM : 17,5 L
KELISTRIKAN
Kapasitas Baterai : 12V/6AH
Lampu Depan : Headlight 12V, 55W x 1 (low)/55W x 2 (high)
Lampu Depan : LED
Fitur : Security Honda Ignition Security System (HISS)
RANGKA
Tipe : Diamond Frame Design : Alumunium composite twin-spar
Dimensi (P x L x T) : 2.080 x 720 x 1.141 mm
Jarak Sumbu Roda : 1410 mm
Jarak dengan Tanah : 130 mm
Tinggi Jok : 820 mm
Berat : 199 kg (ABS: 210 kg)
SUSPENSI
Suspensi Depan : Telescopic inverted fork with an inner tube 43 mm NIX30 (OHLINS) with preload, compression and rebound adjustment 120mm stroke
Suspensi Belakang : Unit Pro-Link with gas-charged TTX36 (OHLINS) damper 8 mm preload and 22 click compression and 22 click damping adjustment 60 mm stroke
KAKI-KAKI
Ban Depan : 12-spoke cast aluminium 120/70 -ZR17M/C (W)
Ban Belakang : 12-spoke cast aluminium 190/50 -ZR17M/C (W)
PENGEREMAN
Rem Depan : Hydraulic disc 320 x 4.5 mm with 4-piston Brembo Monobloc calipers and sintered metal pads
Rem Belakang : Hydraulic disc 220 x 5 mm with single piston caliper and sintered metal pads
ABS System (Optional): Electronic Combined ABS
INSTRUMEN ELEKTRIK
Fitur Panel Dashboard : Instruments Gear position, coolant temperature, speedometer, clock/lap time, trip/fuel efficiency/fuel consumption and odometer/numerical tachometer
ANDHIKA KRESNA



Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test