Saya memilih Mitsubishi Pajero Sport dalam Lebaran Drive 2022. Tepatnya varian Dakar Ultimate 4x2 atau tipe termahal kedua dalam line-up. Perjalanan mudik menuju Bandung, lanjut ke Purwokerto, Jawa Tengah dan setelah itu melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Dengan total jarak ditempuh sekitar 1.150 km dengan tempat duduk terisi 5 orang.
Dalam kondisi traffic padat seperti musim mudik dan libur Idulfitri, dibutuhkan kendaraan mumpuni. Apalagi mengingat perjalanan cukup jauh dengan ragam kota yang bakal kami lewati dan singgahi. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang kami kemudikan memiliki satu fitur sangat berguna di lalu lintas ramai seperti mudik. Fitur itu adalah Forward Collision Mitigation System (FCM).
Di dalam kerjanya, fitur safety Forward Collision Mitigation (FCM) membantu pengemudi yang lengah ketika di depan ada kendaraan namun pengemudi tidak mengurangi kecepatan atau menginjak rem. Dalam kondisi ini, FCM akan melakukan peringatan dengan sinyal suara. Lebih lanjut, apabila pengemudi masih tidak ada respons maka FCM akan memberikan sinyal suara ditambah perlambatan atau pengereman perlahan secara otomatis. Apabila pengemudi masih belum ada respons (misal tertidur) maka secara otomatis mobil akan melakukan pengereman.
Dalam perjalanan menuju Bandung, beberapa kali FCM memberikan peringatan kepada pengemudi. Jarak sensor FCM bekerja dengan mobil depannya bisa disetting. Bisa diatur dengan jarak peringatan agak jauh, jarak medium atau dekat. Saya memilih jarak yang jauh agar kalau lengah saya bisa cepat mengambil antisipasi.
Mengemudikan mobil dalam kondisi traffic mudik membutuhkan effort yang lebih. Selain sering mendapat risiko dari luar, kita juga harus mengantisipasi kendala dari internal penumpang itu sendiri. Misalnya dari anggota keluarga yang ikut, anak-anak yang masih kecil atau usianya masih remaja.
Beberapa kali saya terganggu oleh internal ataupun eksternal. Namun berkat fitur FCM, saya bisa cepat-cepat mengambil antisipasi. Fitur tersebut memberikan warning berupa bunyi "bip" beberapa kali dan tanda peringatan "REM" yang tertulis dalam huruf besar lalu di-highlight dengan warna kuning di cluster meter LCD Meter 8 inci dengan tampilan berwarna.
LCD Meter yang diadopsi adalah model terbaru dan berukuran besar. Pengemudi dapat lebih leluasa dan lebih jelas melihat tanda peringatan "REM". Tampilan desain LCD meter juga bisa diubah-ubah sesuai selera karena terdapat tiga pilihan tampilan desain dan informasi pada layar cluster meter.
Ketika bunyi "bip" terdengar, pengemudi yang lengah langsung tersadar dan melihat di cluster meter tertera tanda "REM", lalu Ia cepat melihat kondisi jalan di depan, kemudian dengan sigap segera melakukan pengereman. Pengemudi bisa menghindari potensi benturan dengan mobil yang ada di depannya.
Fitur ini dirasakan sangat berguna membantu meringankan effort pengemudi dalam melihat kondisi lalu lintas sekitar. Terutama kondisi traffic mudik yang tidak konsisten di sepanjang jalan. Kadang-kadang stop and go, lalu tiba-tiba padat dan tiba-tiba lancar. FCM sangat membantu sehingga perjalanan mudik terasa lebih aman dan nyaman.
Baca Juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport Euro 4 Naik, Ada Tambahan Fitur Baru
Untuk mendukung kerja FCM, Pajero Sport juga punya fitur safety Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS). Fitur ini berupa sensor radar terintegrasi yang secara otomatis mengirim sinyal jika ada hambatan yang terdeteksi, baik di depan atau belakang kendaraan. Memiliki empat sensor di depan dan 4 sensor di belakang. Jadi, jika sistem membaca pengendaranya salah injak pedal, maka sistem UMS ini secara otomatis akan membatalkan akselerasi. Output mesin juga akan secara otomatis dikontrol oleh UMS bila Anda secara tiba-tiba tanpa sadar menginjak pedal gas atau mempercepat kendaraan.
Bagaimana kita mengetahui UMS itu aktif atau tidak? Syaratnya adalah gas bukan diinjak pelan-pelan. Fitur bekerja kalau pengemudi panik dan mau injak rem mendadak, malah pedal gas, sensornya baru bekerja. Sistem akan secara otomatis cancel akselerasi mobil. Output mesin akan secara otomatis dikontrol oleh UMS sehingga mobil tidak akan melaju kencang. Fitur akan bekerja jika kita secara panik melakukan akselerasi yang tidak diharapkan baik untuk maju maupun mundur. Tapi untungnya selama perjalanan mudik, saya tidak pernah salah menginjak pedal gas atau pun rem dan tidak pernah terjebak dalam situasi kepanikan. (Eka/Odi)
Baca Juga: Cek Harga Aksesori Resmi Mitsubishi Pajero Sport 2021
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.