All New Hyundai Santa Fe telah diluncurkan resmi di pasar Indonesia. Hyundai Indonesia menyediakan dua varian: Santa Fe 2.5 dengan mesin bensin dan varian Turbo Hybrid yang ikut meramaikan segmen kendaraan elektrifikasi. All New Hyundai Santa Fe dijual dengan harga mulai Rp699 juta sampai varian paling atas dengan mesin hybrid yang ditawarkan seharga Rp869,6 juta on-the-road Jakarta.
Pada peluncurannya, kami mendapat kesempatan untuk mencoba All New Hyundai Santa Fe Turbo Hybrid di arena test drive, meski hanya sebatas jarak tertentu. Secara umum, pembaruan pada All New Santa Fe ini sangat komprehensif dan menunjukkan perbedaan yang signifikan dari generasi sebelumnya.
Desain eksteriornya tampak boxy dengan elemen modern pada beberapa bagian. Bagian depan dihiasi dengan lampu utama berbentuk 'H' yang terintegrasi sempurna dengan grille. Posisi duduk di All New Hyundai Santa Fe memberikan kesan dominan khas SUV dengan visibilitas yang luas.
Dasbor mengingatkan EV Hyundai seperti Ioniq 5 dan Kona Electric. Terdapat layar besar 12,3 inci untuk sistem hiburan dan cluster meter 12 inci yang sepenuhnya digital. Tuas transmisi terletak di samping kemudi, memudahkan pengoperasian oleh pengendara. Kursi baris pertama dapat diatur secara elektrik dengan fitur memori, yang memungkinkan penyesuaian otomatis saat memasuki kabin.
Ketika tombol engine start-stop dinyalakan, mode listrik langsung aktif tanpa suara mesin konvensional. Mengendarai Hyundai Santa Fe Turbo Hybrid memberikan pengalaman berkendara yang halus dan terkontrol. Tidak ada kelebihan performa atau dorongan kuat saat pedal gas diinjak secara linear. Namun, menurut spesifikasi, kendaraan ini dapat menghasilkan tenaga hingga 233 hp dengan torsi maksimum 367 Nm. Terdapat tiga mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
Kendali All-new Hyundai Santa Fe sangat stabil, baik di permukaan jalan yang tidak rata maupun aspal. Kami terkesan dengan pengaturan suspensinya yang ideal untuk SUV berukuran besar. Gejala ayunan hampir tidak terasa pada kecepatan 40 km/jam hingga 60 km/jam, dan bahkan pada kecepatan rendah di jalan paving block, guncangannya terasa lembut bagi penumpang. Varian tertinggi All-new Hyundai Santa Fe Turbo Hybrid menawarkan konfigurasi kursi kapten yang meningkatkan kenyamanan di baris kedua.
Teknologi hybrid pada All New Santa Fe dirancang untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Dalam mode sport, kami merasakan dorongan torsi yang kuat dan responsif, yang merupakan ciri khas kendaraan listrik. Transisi pada transmisi otomatis enam kecepatannya berlangsung halus dan hampir tidak terasa. Mengendarai All-new Hyundai Santa Fe tidak memerlukan banyak koreksi saat berada di kondisi jalan seperti ini.
Kami belum dapat mengeksplorasi secara penuh fitur-fitur canggih Hyundai Smartsense yang kini lebih komprehensif. Fitur-fitur ini termasuk Smart Cruise Control dengan Stop&Go, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Forward Collision Avoidance Assist, dan Rear Cross Traffic Collision Assist. Namun, kami telah menggunakan Parking Collision Avoidance Assist Reverse yang dilengkapi dengan tampilan kamera 360 derajat, yang sangat membantu dalam parkir di lokasi yang sulit diidentifikasi.
Kabin All New Hyundai Santa Fe Turbo Hybrid dirancang luas dan nyaman, mampu menampung hingga tujuh penumpang. Meskipun kursi baris ketiga telah dibuka, tersedia ruang bagasi sebesar 628 liter yang bisa diperbesar menjadi 1.949 liter. Selain itu, terdapat berbagai ruang penyimpanan tambahan, termasuk di konsol tengah, doortrim, dan area di belakang kursi baris pertama. (Ndo)
All New Hyundai Santa Fe ditawarkan dalam 4 varian, berikut ini harganya:
Baca Juga: All New Hyundai Santa Fe Meluncur, Tawarkan Mesin Baru Turbo Hybrid
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.