Toyota belum mengumbar semua detail All New Agya. Masih dalam batas perkenalan, harganya pun harus menanti. Tapi setidaknya memperlihatkan evolusi besar dibanding model terdahulu. Kini ditawarkan dalam dua varian. Ada yang Low Cost Green Car (LCGC) dan non-LCGC. Sepertinya ingin menghajar Honda Brio habis-habisan
Cukup mengejutkan, desain All New Agya tampak menarik. Sedikit mengingatkan Raize, banyak sudut tajam dan terlihat powerfull. Varian GR Sport lebih sporty dengan pewarnaan hitam di beberapa bagian seperti bumper, rumah kaca spion dan grille. Selain itu varian teratas dikelir two tone dengan bagian atap berwarna hitam. Pelek juga berwarna hitam dengan ban berukuran 15 inci.
Dari gambar presentasi, desain dasbor tidak berbeda dengan bocoran gambar Perodua Axia di Malaysia. Disebut berorientasi kepada pengemudi. Ini sengaja dirancang untuk mendorong pengemudi berkonsentrasi saat di jalan. Ada beberapa detail di GR Sport yang mungkin berbeda, namun secara umum keduanya serupa. Beberapa kesamaan antara lain, pengaturan AC digital, head unit layar sentuh dengan ukuran 9-inci serta layar MID 7 inci TFT di bagian pengemudi.
Soal interior, Agya terbaru diklaim lebih luas dengan kemampuan angkut pada bagasi mampu memuat empat koper ukuran kecil. Toyota mengklaim, ukuran wheelbase menjadi 2.525 mm, naik 70 mm dari model lawas. Panjangnya juga berubah, kini 3.760 mm, lebih panjang 100 mm dari model lawas. Lebar bagasi dengan jok baris kedua terangkat sekitar 610 mm, naik 47 mm dari model terdahulu. Toyota bahkan mengklaim, bagasi Agya terbaru ini setara dengan bagasi model B segmen berada setingkat di atasnya.
Baca Juga: All New Toyota Agya Debut Dunia, Masih Sebatas Perkenalan
Interior Agya GR Sport juga diberikan beberapa pembeda dibanding model standar. Ada layar 7 inci TFT di meter cluster yang khusus diberikan di varian teratas, kenop transmisi dengan sentuhan bahan kulit dan jahitan merah. Ada juga lingkar kemudi dengan logo GR Sport yang khas.
Warna All New Agya varian standar ditawarkan dalam 7 pilihan. Dengan hero color adalah warna merah dan oranye. Agya GR Sport punya 6 warna dengan pilihan duo tone merah dan putih beratap hitam.
GR Sport paling menarik dibahas. Toyota mengungkapkan salah satu keinginan mereka menghadirkan Agya baru adalah ingin adanya kesenangan berkendara. Ini membuat pembaruan dilakukan di sektor pengendalian yang bisa terwujud berkat penggunaan platform baru TNGA. Banyak Sektor yang diberikan sentuhan khusus. Antara lain power steering steering gear, shock absorber, coil spring dan penggunaan ban berukuran 16 inci.
Mesin dipastikan mengusung unit WA-VE 3-silinder 1,2-liter Dual VVT-i. Enjin sama yang digunakan Daihatsu Rocky 1.2 dan Toyota Raize 1.2. Efisiensi menjadi kelebihannya. Padanan transmisi CVT bisa menghasilkan 21 km/liter. Perhitungan konsumsi transmisi manual kini menjadi 21,7 km/liter dari sebelumnya di angka 19,5 km/liter. Tenaga meningkat 20 persen yang membuat akselerasi 40 sampai 60 km/jam membutuhkan waktu 6,7 detik dari sebelumnya di angka 7,2 detik.
Seperti sudah disinggung, Agya varian standar akan bermain di segmen LCGC. Ini terlihat dari emblem Astra di bagian belakang sebagai syarat kendaraan masuk dalam skema kendaraan murah. Artinya, Agya GR Sport akan bermain di kelas city car sekelas Brio RS. Kita nantikan informasi utuh dari Agya ini dalam beberapa waktu mendatang. (Sta/Odi)
Baca Juga: Tanpa Selubung, Kembaran Generasi Baru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2023 Tampak Jelas!
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.