Menjelang Debut, Ini Bocoran Detail Brixton 1.200 cc Pesaing Triumph Bonneville
Brixton Motorcycles memang belum terkenal. Namanya berbau Inggris, tapi aslinya dari Austria dan produknya buatan Tiongkok. Saat ini sudah banyak beredar di kawasan Eropa dan Asia. Model yang menjadi kebanggaannya berkapasitas 125 cc dan 250 cc.
Kilas balik dulu ke 2019. Brixton mulai berinovasi dan mengembangkan motor dengan kapasitas mesin lebih besar. Mereka mengenalkan model 500 cc dan motor konsep 1.200 cc, yang dikategorikan menjadi pesaing Triumph Bonneville. Pada saat itu, perusahaan induk Brixton, KSR Group, mengatakan kalau mereka bermaksud untuk memasukkan model purwarupa ke dalam produksi. Tetapi belum ada kejelasan mengenai kapan mulai dibuat. Pihaknya menyebut masih butuh waktu untuk menciptakan kendaraan yang matang secara teknis, dan mampu melebihi kelas standar dengan kualitas tinggi.
Loncat ke 2021, Brixton mulai mengincar pasar Amerika dengan roadster Paralel-Twin 1.200 cc. Meski belum terdengar info resmi apa pun dari Brixton, KSR akhirnya mengajukan desain ke Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa. Paten yang didaftarkan merupakan model produksi.
Pengarsipan desain terlihat cukup mirip konsepnya. Tetapi dengan beberapa perubahan nyata, mengisyaratkan kesiapan produksi. Dudukan plat nomor adalah petunjuk yang jelas, dengan desain yang menunjukkan sinyal belok belakang sekarang terintegrasi ke dalam spatbor. Kursinya sekarang terlihat lebih realistis ketimbang model konsep. Knalpot kembar model peashooter lebih panjang, terihat pada sketsa desain. Ukurannya memanjang hingga melewati swing arm. Kemungkinan untuk patuh terhadap emisi ramah lingkungan. Setidaknya sudah lolos regulasi Euro 5.
Baca Juga: Tantang Voxan Wattman, WMC250EV Incar Rekor Kecepatan Motor Listrik
Ubahan lain termasuk frame tengah, dudukan lampu depan, kaliper rem Nissin dan desain cakram. Buat penyangga footpeg penumpang tampak lebih gemuk. Tak lagi dilas melainkan memakai komponen baut, jadi bisa dilepas.
Detail halus seperti tulisan tampak jelas di sekitar rumah kunci kontak -termasuk kunci sebenarnya. Ditambah tanda posisi stang yang tidak hanya menunjukkan bahwa motor siap produksi, tetapi juga menggambarkan ilustrasi fisik nyata, bukan dilukis oleh komputer.
Terlepas dari tingkat detail pada gambar, tak ada petunjuk lain lagi untuk menyebut dirinya model diproduksi. Brixton tidak memberi nama konsep itu, bahkan ilustrasinya juga tidak memberi petunjuk apa pun. Tapi sebagian besar model Brixton selalu dinamai dengan nama-nama jalan di London. Macam Cromwell, Sunray, Rayburn, dan Felsberg. Hanya Crossfire saja yang tidak meminjam merek dari nama daerah Ibukota Inggris.
Berkaitan dengan nama, KSR memang mengajukan merek dagang Lexington. Sebutan itu besar kemungkinan menjadi moniker potensial. Untuk diketahui, Lexington St. berada di Soho, daerah yang tidak jauh dari London. Walau belum ada keterangan resmi dari pabrikan, label itu cukup menarik bila dikatikan dengan jajaran produk Brixton yang sudah dijual.
Mesin dirancang mirip punya Triumph. Menggendong mesin dua silinder tegak berkubikasi sekitar 1.200 cc. Boleh dibilang mirip Bonneville. Namun Brixton Twin ditata agar terlihat seperti berpendingin udara meskipun radiator membuktikan sebaliknya.
Dari sudut pandang rancang desain, Brixton jelas terlihat sebagai bagian dari pesaing Triumph Bonneville T120. Tapi apakah ia dapat bertahan melawan Bonneville, tentu kita harus melihat jauh ke depan. Di lain sisi, menambahkan model 1.200 cc ke jajaran sepeda kelas 125, 250 dan 500 adalah langkah ambisius perusahaan seperti Brixton. Tentu itu sangat diperlukan jika pihaknya ingin berekspansi ke pasar AS.
Sebagai informasi, Brixton Motorcycles berkantor pusat di Krems, Austria. Ia merupakan bagian dari KSR Group, sebuah perusahaan global yang mengimpor sepeda motor dari banyak pabrikan Cina, termasuk CFMoto. Brixton sendiri telah mengekspor unitnya ke 40 negara di seluruh dunia, mulai dari Eropa, Asia hingga Amerika utara dan selatan. Unit yang ditawarkan mulai dari Conwell series, Sunray 125, Felsberg series, Rayburn, Crossfire series hingga minibike Crossfire 125 XS. (Bgx/Odi)
Sumber: Motorcycle
Baca Juga: Lawan Triumph Bonneville T120, Brixton Motorcycle Kembangkan Mesin 1.200 cc
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test