MG Gloster Resmi Dipasarkan di India, Begini Detailnya
Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport mendapat lawan baru. MG secara resmi memasarkan SUV kasta tertinggi, Gloster. Diklaim lebih besar, canggih dan berfitur lengkap. Istimewanya lagi dibanderol lebih murah. Empat varian langsung ditawarkan, MG Gloster dibanderol mulai dari 28,98 – 35,38 lakh Rupee (setara Rp 582,6 – 711,3 jutaan). Sangat kompetitif melihat Toyota Fortuner di sana saja diberi label 36,88 lakh Rupee atau sekitar Rp 741,2 jutaan.
Basis Mobil Cina
Kalau melihat dalam skala global, MG Gloster bukanlah produk baru. Basisnya merupakan Maxus D90, sudah mengaspal sekitar tiga tahun. Ya, Maxus dan MG memang berada di bawah satu payung grup otomotif Tiongkok: SAIC. Wajar saja saling berbagi platform untuk merek berbeda. Contoh lain di pasar Australia. Menyandang merek LDV untuk model sejenis.
Beruntung tampilannya belum membosankan. Setidaknya untuk market yang baru dimasuki. Masih layak dianggap produk baru. Terlihat elegan sekaligus rugged. Eksekusi cenderung sederhana tanpa terlalu banyak basa-basi kontur permukaan. Contoh di depan, grille oktagon nan besar mendominasi tanpa ada pahatan bumper monyong mendahului grille. Tak ketinggalan elemen peningkat rasa premium lewat trim silver di sekujur tubuh.
Seperti desain model MG lain, tergantu selera suka atau tidak suka. Namun bodi Gloster begitu besar melampaui lawan sekelasnya. Ukurannya 4.985 x 1.926 x 1.867 mm (PxLxT). Fortuner saja mencatatkan 4.795 x 1.855 x 1.835 mm. Jelas jauh juga bila dibanding Pajero Sport. Ditambah lagi ia memiliki wheelbase panjang 2.950 mm.
Umbar Banyak Fitur
Di balik badan besar bersemayam ragam fitur masa kini. Dari sektor penerangan sudah pasti LED menjadi bagian ekspektasi. Melekat di depan sebagai pencahayaan utama dan DRL, berikut mengemban tugas penerangan lampu kombinasi belakang. Fungsionalitas ditingkatkan. Tersemat fitur auto leveling sebagai standar dan Steering Assist Cornering Lamp spesifik trim tertentu.
Tambahan nilai berkelas pada MG Gloster adalah panoramic sunroof. Suguhkan pencahayaan alami ke dalam kabin sekaligus meningkatkan gengsi penampilan. Kemudahan akses melalui fitur smart entry turut masuk daftar kelengkapan. Dilengkapi pula oleh komponen kick sensor bersama power backdoor. Kalau tidak bisa dibilang begitu komplet, setidaknya ia mengikuti perkembangan teknologi terkini.
Masuk kabin, Gloster menawarkan eksklusifitas lewat layout bangku enam penumpang (captain seat). Atau, mau memaksimalkan akomodasi tujuh penumpang juga tersedia trim tersendiri. Pasti dibikin mewah. MG bungkus bangku dengan material leatherette premium. Tak hanya itu, terdapat pengaturan elektris untuk kursi depan – 12 arah pengemudi dan 8 arah penumpang. Menariknya ada fungsi pemijat khusus sang pilot.
Urusan sarana hiburan, bertengger layar besar 12,3 inci di permukaan dasbor. Mendukung konektivitas gawai melalui Android Auto dan Apple CarPlay. Terbaik di segmennya, telinga bakal dimanja oleh sound system 12 speaker pada trim tertinggi. Semua rasa menggugah dari interior dan kemampuan sarana hiburan dihiasi oleh ambient lighting 64 warna.
ADAS (Advanced Driver Assistance System)
Pertama di pertarungan SUV ladder frame, Gloster bawa satu geng asisten berkendara canggih ADAS. Punya ragam fitur bantuan semi otonom. Misal Adaptive Cruise Control, menjaga kecepatan konstan sekaligus jarak dengan kendaraan di hadapan. Mitigasi risiko celaka dilakukan oleh Forward Collision Warning, memberikan peringatan kepada pengemudi jika berpotensi terjadi tabrakan. Kalau respons pengereman kurang mumpuni, Automatic Emergency Braking mengambil alih upaya menghela laju secara otomatis.
Menariknya, di samping asisten selama perjalanan, untuk parkir juga ada petugasnya: Automatic Parking Assist. Berguna mempermudah manuver parkir paralel atau seri dengan kendali setir otomatis. Kecanggihan sistem keselamatan disudahi Blind Spot Detection dan Lane Departure Warning.
Hebat memang, dan tentunya punya dasar peranti keselamatan yang lengkap. Kantung udara bakal muncul dari hadapan dan samping penumpang depan serta curtain airbag melindungi area jendela. Lalu, garda keselamatan handling diisi oleh peralatan seperti Electronic Stability Program, Traction Control System, Hill Hold Control, dan Hill Descent Control. ABS+EBD+BA tak perlu ditanya.
Diesel Twin Turbo
Sokongan turbo ganda cukup bikin Fortuner dan Pajero Sport tertunduk malu. Meski kapasitas hanya 2.000 cc, mampu menghasilkan output berlimpah. Total 218 PS dimuntahkan pada 4.000 rpm, sementara torsi masif 480 Nm sudah mencapai klimaks sejak 1.500 rpm. Khusus mesin twin turbo, penyaluran terlaksana menuju empat roda melalui girboks otomatis delapan percepatan. Ada tujuh seleksi mode traksi offroad.
Spek terendah kebagian turbo, hanya saja berperan sendiri tanpa teman. Dibikin lebih loyo tapi tidak payah juga. Hadirkan tenaga 163 PS ketika rotasi mesin 4.000 rpm, diawali torsi puncak 375 Nm pada 1.500-2.400 rpm. Distribusi putaran berlangsung ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 speed. (Krm/Odi)
Baca Juga: Lexus Incar Pasar Elektrifikasi Lewat UX 300e, Ini Detailnya
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil MG Unggulan
- Populer
Artikel Mobil MG dari Carvaganza
Artikel Mobil MG dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test