Sesuai dengan regulasi emisi gas buang terbaru. Mitsubishi Indonesia (MMKSI) memperbarui enjin kendaraan niaga Colt L300 Euro 4. Artinya, jenis bahan bakar yang dipakai tidak bisa sembarangan lagi. Lantas, bagaimana kalau mobil menenggak solar busuk? Kalau berdasar rekomendasi pabrikan. Manfaat optimal dari enjin turbo terbaru harus didukung oleh bahan bakar sesuai. Yakni cetane number 51 dan kadar sulfur setidaknya 50 ppm.
Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia merekomendasikan. Sebaiknya pelanggan melakukan perawatan berkala mulai dari free service seperti model kami sebelumnya di jaringan diler resmi. “Colt L300 dengan spesifikasi Euro 4, memberikan performa yang baik. Termasuk juga konsumsi bahan bakar lebih irit. Kami percaya penggunaan bahan bakar tepat akan berbalik memberikan keuntungan ekonomi bagi konsumen keseluruhannya,” ucap dia saat peluncuran produk.
Baca Juga: Harga Mulai Rp278,55 Juta, Cek Deret Ubahan Mitsubishi Triton Diesel Euro 4
Jika Anda tidak punya bahan bakar yang sesuai. Hamazaki menyarankan agar pelanggan tetap menjalani perawatan rutin. Misalnya melakukan penggantian fuel filter di bengkel resmi. Soal mesin, lanjut dia, tidak ada risiko kendaraan mati dan mogok mendadak jika menggunakan BBM tidak direkomendasikan (solar busuk).
Colt L300 menggunakan enjin 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 silinder segaris. Teknologinya sudah direct injection, intercooler common rail plus turbocharger. Tenaga puncak tersalur 99,25 PS di 3.500 rpm. Lalu torsi maksimal 200 Nm diraih sejak 1.000-3.500 rpm. Artinya tenaga naik 40 persen lebih besar dari model sebelumnya. Kalau pengguna memaksa pakai solar jelek, niscaya performa kendaraan tidak maksimal. Bisa berpengaruh juga ke garansi sebagian.
“Hal ini banyak yang bertanya, jadi saya perlu jelaskan. Mitsubishi Colt L300 punya garansi dua tahun atau 50.000 kilometer. Mana lebih dulu tercapai. Namun perlu ditekankan. Kalau ada kerusakan part karena bahan bakar yang tidak sesuai. Maka garansi akan gugur hanya untuk bagian teridentifikasi rusak. Jadi, tidak menggugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan,” imbuh Eiichiro Hamazaki.
Walau Colt L300 menggunakan standar Euro 4. Menurut MMKSI, ketersediaan suku cadang tetap aman. “Kami telah mengantisipasi kemungkinan terjadi dengan menyempurnakan purnajual. Khususnya suku cadang yang fast moving. L300 sudah mendampingi pengusaha di Indonesia selama empat dekade. Onderdil dapat dicari di mana-mana dan untuk L300 tidak pernah berubah bentuk maupun spesifikasi dasar selama empat dekade. Sehingga ia tetap menjadi market leader selama bertahun-tahun,” pungkas Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI. (Alx)
Baca Juga: Bermesin Turbo Diesel Euro 4, Adu Kemampuan Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.