Mitsubishi Daftarkan Desain Paten XFC di Indonesia dan Sedang Tes Jalan
KEY TAKEAWAYS
Sosoknya juga terlihat di jalanan Vietnam
Masih tahap pengetesan dengan tertutup kamuflase tebalBeberapa waktu lalu Mitsubishi XFC tes jalan di Indonesia. Kini mereka mendaftarkan desain paten di Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham dan baru dipublikasi 5 Mei 2023. Secara umum bentuk masih mirip dengan versi konsep saat dipajang di IIMS kemarin. Pabrikan juga menjanjikan versi produksi tak jauh berbeda dari purwarupa. Nah, di sisi lain, unit yang sama menjalani tes jalan 4.000 km di Vietnam.
Data teknis betul-betul dikunci rapat. Namun Mitsubishi XFC dirumorkan kelak mendapatkan mesin sama dengan Xpander series. Di balik kap duduk enjin MIVEC 1,5 liter naturally aspirated. Jika tidak ada ubahan, maka keluaran tenaga mencapai 105 PS pada 6.000 rpm. Lalu mesin memberi momen puntir sekuat 141 Nm pada 4.000 rpm. Transmisi baru jenis CVT niscaya diberikan bersama opsi manual.
“Kami membuat XFC dengan part baru dan menggabungkannya dengan yang sudah ada. Karena masih dalam tahap pengembangan. Banyak diberikan dari Indonesia, desain dan fitur produk, performa berkendara. Kami mendengar dari potensial kustomer Indonesia, seperti saat kami mengembangkan Xpander. Kami serius mendengarkan apa saja keinginan konsumen sini. Ini merupakan pengembangan yang dilakukan buat XFC Concept. Banyak kontribusi dan masukan konsumen dari focus group discussion (FGD),” ucap Hikaru Mii, Director of Product Strategy Division PT MMKSI, beberapa waktu lalu di IIMS 2023.
Baca Juga: Mitsubishi Indonesia Siap Produksi Awal 2024 dan Jual Mobil Listrik MiEV
Yang jelas, Mitsubishi ingin memberikan menawarkan kemudahan pengoperasian dan kenyamanan di dalam kabin XFC. Hal itu sangat penting bagi sebuah SUV. Panel instrument mengadopsi desain bertema horizontal. Hal ini bertujuan untuk merasakan perubahan postur kendaraan saat berselancar di permukaan kasar sekaligus meningkatkan visibilitas ke depan. Sementara itu, desain dinamis terbentang dari panel instrumen hingga door trim.
Rancangan Mitsubishi XFC berfokus terhadap kepraktisan pengguna. Termasuk memberikan persepsi mudah tentang dimensi kendaraan dan handling menyenangkan. Teknologi canggih dibenamkan di dalam head unit intuitif berukuran besar, mungkin sekitar 9 inci. Sehingga dapat mengintegrasikan tampilan digital secara penuh. Fungsinya bisa menunjukkan navigasi, kondisi permukaan jalan dan informasi lain bagi pengemudi. Rasa nyaman dan aman dapat diperolah saat menaikinya.
Ground clearance XFC dibilang tinggi dan empat mode berkendara: Normal, Wet, Gravel dan Mud. Bikin mobil menawarkan rasa berkendara menyenangkan, aman dan nyaman dalam berbagai cuaca maupun kondisi jalan. Mode berkendara baru yakni basag, kali pertama dikenalkan di lini produk Mitsubishi Motors. Sistem dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara Asean. Seperti kondisi jalanan becek karena hujan mendadak. Tunggu saja kabar baiknya di GIIAS 2023. (Alx/Odi)
Source: Autopro
Baca Juga: Mitsubishi XFC Concept Tampil Perdana di Indonesia
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Mitsubishi Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza
Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test