Mitsubishi Motors Corporation meresmikan edisi penyegaran Eclipse Cross. Momen tepat dalam siklus setelah tepat tiga tahun mengaspal. Tak hanya merambah fasad, ubahan turut menyentuh ranah kabin. Paling signifikan, perkenalan varian baru Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Eclipse Cross 2021 sudah mengedepankan konsep desain dynamic shield. Ciri muka Xpander begitu kental. Lampu sipit, bingkai grille berbentuk 'X', sampai lampu utama dalam area tersendiri, sangat mencirikan itu. Grillet ak lagi dilapis aksen krom, melainkan berganti kelir legam. Efeknya pun membuat area itu menjadi lebih besar karena honeycomb bagian bawah sudah lebih dulu dilabur demikian. Uniknya, pewarnaan serbahitam justru menonjolkan logo Tiga Berlian yang seolah menggantung seorang diri. Sementara nuansa krom di bawah lampu utama hingga foglamp, tetap dipertahankan sebagai identitas.
Bentuk bokong tampak lumayan banyak berubah. Taillight yang sebelumnya melintang di kaca belakang, ditanggalkan. Penanda itu kini hanya mengisi ruang di tepian saja. Dipadukan pula lampu sein pada bagian bawah. Dengan begitu, pengendara Eclipse Cross bensin maupun PHEV mendapatkan visibilitas optimal ke belakang.
Baca Juga: Kia Sonet Sudah Terpampang di Laman Resmi, Sebentar Lagi Meluncur?
Lainnya seperti garnish krom di pintu belakang, sekarang dikelir sewarna bodi. Lalu disematkan aksara si model sebagai pengganti posisi yang sebelumnya berlokasi di bawah kaca. Satu lagi, bumper belakang pun dipahat ulang. Makin gagah pula dengan pewarnaan gelap. Kemudian, dipasanglah desain pelek baru sebagai penutup ubahan eksterior.
Kabin terlihat lebih berkelas. Permainan warna hitam, silver dan abu-abu cukup menggambarkan itu. Ubahan juga terletak pada head unit. Sistem audio display link-smartphone (SDA) 8 inci sekarang menempel sebagai standar. Selain berukuran lebih besar, pengoperasian baik untuk pengemudi atau penumpang jua makin mudah. Namun, touchpad controller yang sebelumnya tuas transmisi ditiadakan. Tempatnya dipakai untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di konsol tengah.
Jantung pacu dibiarkan seperti sediakala. Pasokan daya bersumber dari unit 4B40 DOHC empat silinder 1,5 liter, berteknologi MIVEC dan sokongan turbocharger. Tenaga maksimal dicapai 150 PS/5.500 rpm dan torsi 250 Nm pada rentang 2.000 sampai 3.500 rpm. Tersalur ke roda depan melalui transmisi Continuously Variable Transmission (CVT) 8-speed.
Baca Juga: Honda Accord Facelift MY2021, Penyempurnaan Teknologi dan Trim Baru
Bahasan paling menarik tentu konfigurasi PHEV. Ada sebuah motor listrik dan baterai yang mendampingi mesin MIVEC 2,4 liter. Pemacu output kemudian diselaraskan dengan girboks planetary dengan iming-iming akselerasi responsif nan senyap. Sayang tak ada detil soal torehan output. Khusus versi ini juga, terdapat tiga mode berkendara: EV, Series Hybrid dan Parallel Hybrid. Selain itu, baterai kepunyaannya mampu memasok daya hingga 1.500 watt. Ketika kondisinya terisi penuh dan diisi bahan bakar, Eclipse Cross PHEV dapat memasok listrik ke rumah tangga umum hingga 10 hari - melalui sistem Vehicle-to-Home.
Selebihnya, baik Eclipse Cross atau Eclipse Cross PHEV tetap dibekali sistem penggerak S-AWC guna mendukung stabilitas berkendara. Disertai pula dukungan sistem keselamatan sangat lengkap. Semisal: tujuh SRS airbags, Forward Collision Mitigation System (FCM), Adaptive Cruise Control, Active Yaw Control, Active Stability & Traction Control (ASTC), Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) hingga Hill Start Assist. Wajar jika dia mendapat skor Keamanan Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018.
"Sejak mulai memikirkan kembali New Eclipse Cross, kami ingin menunjukkan sebuah sikap peningkatan untuk performa jalan dan ramah lingkungan. Semua dengan gaya menonjol yang akan membawa SUV ini ke level berikutnya. Selain eksterior kontemporer dan interior nyaman dan cerdas, sistem Super All Wheel Control (S-AWC) Mitsubishi Motors yang legendaris memastikan bahwa pengemudi selalu memegang kendali untuk petualangan mereka berikutnya," tulis Minoru Uehara, kepalaspesialisproduk MMC, sekaligus penanggung jawab pembuatan Eclipse Cross baru dalam rilis.
Model terbaru akan meluncur perdana di Australia dan Selandia Baru November mendatang. Varian PHEV menyusul tahun depan. Keduanya baru akan masuk pasar Amerika Utara kuartal pertama 2021. Untuk konsumen Jepang, keran pemesanan sudah dimulai sejak 15 Oktober. Namun ketersediaan unit baru dapat dipenuhi akhir tahun nanti. (Ano/Odi)
Baca Juga: Renault Triber AMT Sudah Tersedia, Banderolnya Mulai Rp 179,9 Juta
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.