Mitsubishi Eclipse Cross adalah sosok SUV yang tergolong atraktif. Desainnya keren memakai bahasa Dynamic Shield terbaru. Banyak fitur-fitur canggih di dalamnya dan memakai mesin turbo nan bertenaga. Tapi yang mengherankan, mobil ini enggak laku. Ia adalah model Mitsubishi Indonesia dengan penjualan paling sedikit 2021 lalu. Sehingga penjualannya harus berakhir. Bisa dilihat dari menghilangnya di daftar line-up dalam website resmi.
Kalau masih tertarik SUV ini, coba lirik unit bekas. Masih tergolong muda, keluaran paling awal beredar 2019 lalu. Usia tiga tahun umumnya dalam keadaan terawat dan jarak tempuh rendah. Tapi ingat, karena kurang laku terjual maka pencariannya tak akan mudah. Bisa jadi belum banyak pemakai yang mau melepasnya karena sangat menikmati berbagai kelebihan dimiliki.
Harga tertera di marketplace jual beli mobil bekas lumayan turun drastis. Untuk model awal keluaran 2019 berkisar antara Rp385 - Rp400 juta. Cukup besar terdepresiasi, saat meluncur tiga tahun lalu dibanderol Rp478 juta. Harga terbaru tahun lalu mencapai Rp493,75 juta. Tentu saja unit bekas sangatlah menarik. Apalagi kalau mendapatkannya dalam kondisi masih sangat bugar.
Banyak hal menarik dari Mitsubishi Eclipse Cross. Desain luar jadi daya pikat tersendiri, meski hal ini bersifat obyektif. Posturnya sekilas mirip Outlander Sport tapi memakai wajah Dynamic Shield khas Xpander. Dari muka banyak kesamaan ciri dengan LMPV itu, namun dalam balutan profil SUV perkotaan. Buritan bisa dibilang bagian paling menarik atau sebaliknya. Dirancang bergaya unik lewat penempatan taillamp tak biasa.
Baca Juga: Mengenal 10 Fitur Keamanan Milik Mitsubishi Eclipse Cross
Interiornya langsung menawarkan aura hightech. Ada Touchpad Controller di konsol tengah. Berfungsi seperti touchpad laptop untuk pengaturan ragam fungsi infotainment. Lalu informasi berkendara dapat dengan mudah dipantai melalui Head-Up Display (HUD). Ada sebuah alat merefleksikan data panelmeter di kaca depan. Sehingga pengemudi bisa lebih fokus ke jalan tanpa perlu melirik ke area indikator.
Fitur-fitur canggih lainnya setara SUV Rp500 juta ke atas. Pencahayaan misalnya. Berupa LED proyektor yang memiliki teknologi Automatic High Beam (AHB). Secara otomatis bisa mengganti sorotan lampu jauh ke lampu dekat ketika mendeteksi ada kendaraan lain dari arah berlawanan. Lalu tersedia panoramic sunroof. Bisa menciptakan kesan lapang dan mewah.
Peranti keselamatannya sangat berkelas. Fitur standar berupa 7 airbag, ABS+EBD+BA, Active Yaw Control (AYC) dan Active Stability & Traction Control (ASTC). Keduanya menjaga kestabilan mobil dalam berbagai kondisi. Itu belum cukup. Eclipse Cross punya peranti aktif Forward Collision Mitigation System (FCM), Blind Spot Warning (BSW), Hill Start Assist (HSA), Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Adaptive Cruise Control. Wajar bila diganjar bintang lima dalam uji tabrak ASEAN NCAP.
Eclipse Cross ditenagai enjin 4B40 4-silinder 1,5-liter turbo. Namun besaran daya dihasilkan tak sebesar Honda CR-V Turbo yang jadi pesaingnya. Keluaran tenaga 163 PS di 5.500 rpm dan torsi 250 Nm di 1.800-4.500 rpm. Berpenggerak roda depan (FWD) dari hasil penyaluran transmisi CVT 8-percepatan virtual.
Soal karakter berkendara jangan diragukan. Ini Mitsubishi yang memiliki DNA sport sangat kental. Kalau suka mengemudi sendiri jelas sebuah pilihan tepat. Bisa dianggap salah satu SUV dengan pengendaraan paling mengasyikkan. Jadi, kondisi bekas tentu masih sangat layak diburu. Jangan lupa teliti dalam hal kondisi dan surat-surat. Kroscek kembali lewat jasa inspeksi maupun rekam jejak di bengkel resmi. (Odi)
Baca Juga: Mitsubishi Eclipse Cross 2021 Dirilis, Sekaligus Perkenalan Versi PHEV
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.