Mitsubishi Indonesia Fokus ke Konsumen Hadapi Persaingan Pasar Otomotif 2022

Bengkel mitsubishi

Industri otomotif pada 2020 terpukul pandemi Covid-19. Walau belum sepenuhnya pulih tapi tren market menunjukkan pergerakan positif. Mitsubishi Indonesia (MMKSI) pun mengantongi pembukuan baik di segmen retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan. Hasil 2021 melonjak 90,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan untuk menghadapi tantangan pasar, mereka yakin terus fokus ke konsumen. Perusahaan ingin mengakomodasi apa yang dibutuhkan pelanggan. 

Mitsubishi yakin, dengan memberikan pengalaman baik untuk para konsumen. Baik dari sisi penjualan maupun purnajual bakal memberi dampak pada bisnis perusahaan. Mereka telah mengenalkan perkembangan fitur pada aplikasi MMID tahun lalu. Nah, sekarang MMKSI memonitor dan melakukan pengembangan terhadap seluruh inovasi. Sehingga pelanggan dapat merasakan manfaat dari kemudahan mendapatkan layanan mereka.

Ekspansi digital pun terus digalakkan. Salah satunya yaitu dengan membuka official store spare part Mitsubishi Motors di beberapa e-commerce. Tujuannya, konsumen dapat kian mudah melakukan transaksi tanpa harus merasa khawatir. Karena suku cadang sangat terjamin kualitas serta keasliannya. Kepuasan pelanggan sangat diutamakan, meskipun dalam situasi sulit.

Baca Juga: Promo dan Program Penjualan Mitsubishi di Jakarta Auto Week 2022, Ada Cashback!

“Kami ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses perkembangan bisnis MMKSI. Juga melewati berbagai tantangan 2021. Upaya perusahaan tahun lalu pun terjawab dengan capaian penjualan positif. Kemudian menjadi motivasi kami untuk meraih lebih baik lagi. Dan pengalaman pada tahun lalu mengajarkan kami untuk terus berinovasi. Semua demi memberikan layanan maksimal guna meningkatkan kepuasan konsumen,” ungkap Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI dalam konferensi pers daring (17/3).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memproyeksikan. Penjualan mobil baru sepanjang 2022 sebanyak 900.000 unit. Target ini, kata Mitsubishi, memberikan dorongan bagi perusahaan agar terus mempertahankan eksistensi. Bahkan memacu atau meramaikan kompetisi pasar otomotif. Baik dalam sisi produk, layanan penjualan dan purnajual terbaik kepada konsumen.

Bila merujuk data penjualan retail Gaikindo 2021. Kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia tembus 104.407 unit (Jan 2021 – Dec 2021). Kalau dibedah, model kendaraan penumpang 68.152 unit dan mobil niaga ringan 36.225 unit. Adapun perincian hasil penyaluran ke tangan konsumen sebagai berikut:

KATEGORI

MODEL

CY2021 (JAN – DEC 2021)

UNIT

PANGSA PASAR

SEGMEN

Kendaraan Penumpang (PC)

Xpander

28.424

31 persen

Small MPV

Xpander Cross

22.383

Pajero Sport

17,137

40 persen

Medium SUV (2.500cc)

Eclipse Cross

183

6 persen

5-Seats Compact SUV

Outlander PHEV

20

1 persen

xEV

Total PC

68.152

10,9 persen

 

Kendaraan Niaga Ringan (LCV)

Triton

9.009

57,6 persen

Small Pick-Up 4x4

L300

27.110

65 persen

Small Pick-Up 4x2

Total LCV

36.255

21,7 persen

 

Total PC + LCV

104.407

   

Dari sisi purnajual. MMKSI juga mendapatkan pencapaian positif. Pada 2021 pertumbuhan penjualan suku cadang naik sebesar 29 persen dibandingkan 2020. Hal ini tentu menjadi motivasi Mitsubishi supaya terus memperbaiki dan menyempurnakan layanan yang sudah ada. Lalu mengenai tren SUV. Bagaimana pandangan mereka mengenai produk baru?

“Soal kompak SUV, ini memang tengah meningkat sekarang. Namun langkah strategi produk kami bukan merespons apa yang tengah berkembang saat ini. Tapi jauh lebih ke depan ketimbang tren market. Kami akan memikirkan produk-produk apa lagi yang lebih canggih dan bakal disukai masyarakat,” imbuh Naoya Nakamura. (Alx/Odi)

Baca Juga: Mitsubishi Indonesia Uji Coba Penggunaan Mobil Listrik Kecil Bareng 4 Perusahaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Mitsubishi Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza

  • Mitsubishi Gelar Rainy Campaign, Promo Aftersales di Musim Hujan
    Mitsubishi Gelar Rainy Campaign, Promo Aftersales di Musim Hujan
    Anjar Leksana . 18 Des, 2024
  • Pilih Mitsubishi New Pajero Sport Karena Ketangguhan dan Fitur Keamanan yang Lengkap
    Pilih Mitsubishi New Pajero Sport Karena Ketangguhan dan Fitur Keamanan yang Lengkap
    Tomi Tomi . 13 Des, 2024
  • Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    Dilengkapi Banyak Fitur Baru, Mitsubishi All New Triton kian Tangguh dan Nyaman
    Anindiyo Pradhono . 12 Des, 2024
  • Paket Lengkap New Mitsubishi Pajero Sport, SUV Tangguh, Nyaman dan Kaya Fitur
    Paket Lengkap New Mitsubishi Pajero Sport, SUV Tangguh, Nyaman dan Kaya Fitur
    Wahyu Hariantono . 11 Des, 2024
  • FIRST DRIVE: Coba Fitur ADAS Baru Milik Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense
    FIRST DRIVE: Coba Fitur ADAS Baru Milik Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense
    Bangkit Jaya . 04 Des, 2024

Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Mitsubishi Rayakan Produksi 1 Juta Unit dari Pabrik di Indonesia
    Setyo Adi Nugroho . 20 Des, 2024
  • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
  • Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Pertimbangan Beli Mitsubishi Xforce Ultimate DS, Mending Kontan atau Kredit?
    Anjar Leksana . 16 Des, 2024
  • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
    Ardiantomi . 29 Okt, 2024
  • Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Pertarungan Berlanjut, Pilih New Toyota Fortuner atau New Mitsubishi Pajero Sport?
    Setyo Adi Nugroho . 09 Sep, 2024
  • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
  • First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    First Drive Mitsubishi XForce Ultimate Diamond Sense: Suntikan ADAS Bikin Naik Kelas
    Bangkit Jaya Putra . 28 Nov, 2024
  • First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    First Drive Mitsubishi Triton GLS M/T: Si Pekerja Keras di Medan Off-Road
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2023
  • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
    Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023