Mobil LCGC dan Niaga Daihatsu Berperan Penting dalam Penjualan Semester 1 2023
KEY TAKEAWAYS
Daihatsu mencatatkan lebih dari 102 ribu unit
Atau naik sekitar 12,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sekitar 90 ribu unitSeperti pabrikan otomotif lain di Indonesia. Performa penjualan Astra Daihatsu Motor (ADM) selama semester pertama atau hingga juni 2023 juga naik. Dilihat dari aspek retail dalam lingkup nasional, kinerja seluruh APM terdorong hingga 8 persen, atau naik mencapai sekitar 502 ribu unit. Lebih baik dibandingkan periode yang sama paruh 2022 lalu sebanyak 465 ribu unit.
Berbarengan dengan kenaikan penjualan nasional, Daihatsu di Indonesia juga membukukan raihan penjualan retail yang positif. Mereka catatkan lebih dari 102 ribu unit, atau naik sekitar 12,9 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sekitar 90 ribu unit. Dari capaian ini, kontribusi penjualan Astra Daihatsu Motor terhadap market share (retail) otomotif nasional sebesar 20,4 persen.
Dilihat dari volume dan kontribusi model. Penjualan retail Daihatsu selama semester pertama di tahun ini tetap didominasi oleh top 3 model. Pertama di segmen LCGC MPV seperti Sigra. Ia banyak digemari keluarga muda dan kerap dijadikan armada taksi online. Bodi ringkas, mesin kecil namun terkenal irit dan jaringan purnajual ada di mana-mana menjadi nilai unggulan.
Baca Juga: Harga Bekas Daihatsu Terios R Generasi 2 Kini Semakin Terjangkau
Alhasil Sigra laku ke tangan konsumen sebanyak 32.532 unit, atau berkontribusi sekitar 31,7 persen. Seperti biasa, posisi kedua disusul oleh Gran Max PU (Pick Up) yang menghuni segmen kendaraan niaga ringan. Di Indonesia, pasarnya gemuk dan banyak pesaingnya. Namun pikap ini mampu diserap pasar sebanyak 21.712 unit atau menyumbang 21,2 persen.
Posisi ketiga barulah dipegang Terios, sebagai kompak SUV penggerak belakang. Ia laku 13.795 unit dari Januari hingga Juni 2023 dan berkontribusi terhadap total penjualan ADM 13,5 persen. Kemudian Ayla menduduki peringkat keempat. Setelah disegarkan, sang LCGC 5-seater ini tersalur ke konsumen 12.102 unit (11,8 persen). Selanjutnya baru ada Xenia yang laris 11.117 unit (10,9 persen).
“Kami bersyukur, selama semester pertama tahun 2023 ini penjualan retail Daihatsu tetap meraih capaian positif dengan jumlah sebanyak lebih dari 102 ribu unit. Angkanya naik 12,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung pada semester berikutnya. Dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, dalam laporan bulanan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Daihatsu Terios Facelift X Termurah Masih Rp200 Jutaan, Apa yang Berubah?
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Daihatsu Unggulan
- Populer
Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza
Artikel Mobil Daihatsu dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test