Mobil Listrik Cina Jiangnan U2, Versi Contekan Honda e
KEY TAKEAWAYS
Mencontek desain masih menjadi kebiasaan produsen otomotif Cina
Bahkan mobil listrik Honda e juga kena. Ialah Jiangnan U2 yang juga sebuah mobil listrik, begitu terlihat kemiripannya dari tampak mukaContek-menyontek seperti sudah menjadi hal lumrah bagi produsen otomotif Cina. Kali ini yang mereka tiru ialah desain mobil listrik Honda e. Namanya Jiangnan U2. Tampilan sang EV begitu mungil, sekilas mirip aslinya. Wajah dibuat dengan bentuk tampak dinamis. Lampu depan berdesain persegi panjang pakai teknologi LED. Rumah lampu ditutupi hiasan hitam. Bagian atap seluruh mobil mengadopsi desain cembung.
Beda dengan Honda e, bagian tengah muka depan U2 ini relatif menonjol dan mengadopsi desain datar. Di bawah terlihat garis cekung ada hiasan oval di tengahnya. Sementara di kedua sisi depan terdapat tonjolan empat kotak. Entah aksesori semata atau memang berfungsi sebagai fog lamp. Front overhang (julur depan) pun tampak sangat pendek.
Lanjut ke samping, tertempel body moulding warna hitam menghiasi. Tak ada tarikan garis pinggang atau pahatan tertentu. Jiangnan U2 tampil polosan saja. Lokasi pengisian baterai tepat berada di atas roda depan bagian kanan. Kemudian handle pintu gaya tenggelam, menyatu bersama tubuh. Mirip seperti Hyundai Ioniq 5. Memang tren EV di Cina seperti itu.
Baca Juga: Bentuknya Mirip Isuzu Elf, Truk Listrik Ini Sanggup Tempuh Jarak 300 Km Lebih!
Untuk penggunaan roda, ada dua tipe ring 16 inci dan 17 inci, tersedia dalam empat corak gaya. Tapi yang Anda lihat bentuknya mirip kepunyaan Wuling Almaz RS. Dari segi ukuran bodi, mobil baru ini memiliki panjang 3.840 mm, lebar 1.742 mm, tinggi 1.545 mm serta jarak sumbu roda 2.521 mm. Seukuran mobil LCGC di Indonesia.
Di belakang, Jiangnan U2 punya desain sedikit berbeda dari Honda e. Bentuk lampu ekor dibuat persegi panjang dan warna mika agak gelap (smoked). Stop lamp berwujud empat kotak di kedua sisi. Bumper belakang juga tampil polos. Untuk tampilan interior belum ada info lebih detail. Begitu juga dengan spesifikasi teknis. Namun soal pemacu elektrik, ia menggunakan motor penggerak 80 kW. Lalu baterai tertanam berjenis lithium iron phosphate. Tidak diketahui kapasitasnya berapa.
Sekadar perbandingan saja. Honda e sanggup menempuh jarak 220 km dalam satu kali pengisian daya baterai kompak berkapasitas 35,5 kWh. Penempatan lithium ion strategis di bagian tengah. Hasilnya, distribusi bobot imbang 50:50 demi kontrol pengendalian baik. Pendinginan air di bagian baterai memastikan suhu tetap optimal. Honda menawarkan dua pilihan output tenaga yang disalurkan ke roda belakang, unit 134 hp dan 152 hp. Motor listrik mampu menghasilkan torsi berlimpah sebesar 315 Nm. Akselerasi 0 hingga 100 km/jam butuhkan waktu 8 detik. (Alx/Odi)
Baca Juga: Perusahaan Ini Bisa Konversi Bus Apapun Menjadi Kendaraan Listrik Murni
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test