Model SUV Sokong Penjualan Kuartal Pertama Mercedes-Benz Indonesia
Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) melaporkan data kuartal pertama 2021. Mereka mengantongi penjualan sebanyak 603 unit. Angka itu terkerek sekitar 11 persen dari perolehan tahun lalu, 543 unit pada triwulan awal. Kenaikan dipicu oleh beragam faktor, misal peningkatan tren SUV di Tanah Air maupun global. Kemudian dari sisi produk sendiri, plus tawaran promo pembiayaan dengan mitra diler.
“Mengenai komposisi penjualan kuartal pertama Mercedes-Benz adalah tipe GLA yang mendominasi. Kemudian C-Class tetap menjadi tulang punggung kami. Nah kalau secara segmentasi garis besar, terjadi peningkatan di kelas SUV yang cukup tinggi. Yaitu 52 persen terhadap kontribusi penjualan. Tahun lalu penjualan SUV pada kuartal pertama 43 persen. Kemudian jenis sedan menyumbang penjualan 44 persen dan van 3 persen,” ucap Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operations Product Management PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia dalam konferensi pers virtual (8/4).
Kariyanto menilai, saat ini tren SUV di semua segmen terus menguat. Lantas kenapa pertumbuhannya bisa naik pada Q1 2021? Ia melihat hasil itu merupakan kombinasi dari banyak aspek. “Misal dari sisi produk, awal tahun kami merilis C-Class Final Edition. Kemudian juga adanya program financing yang didukung oleh (leasing) partner kami. Lalu kontribusi juga dari mitra diler. Hasil ini menjadi pemacu semangat kami untuk memberikan layanan lebih baik lagi pada kuartal kedua. Dan kami sangat optimis dengan perkembangan vaksin, memberi imbas positif di pasar mobil premium,” lanjutnya.
Baca Juga: Sebuah Mercedes-Benz C-Class Berkamuflase Tertangkap Kamera Intai, Ada Sesuatu yang Tak Lazim
Untuk menggaet lebih banyak pelanggan kelas premium. Mereka menyuguhkan Mercedes-Benz Virtual Showroom. Ini merupakan platform digital supaya meningkatkan pengalaman pelanggan dalam memilih mobil impian mereka secara daring. Jika Anda penasaran, dapat diakses melalui situs resmi. Konsumen dapat mencari ketersediaan kendaraan Mercy baru, menghitung opsi pembiayaan, serta meminta penawaran secara langsung dari berbagai diler resmi.
Choi Duk Jun, President Director, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menjabarkan. “Dengan mengenalkan Mercedes-Benz Virtual Showroom. Kami melanjutkan pengalaman digital sebagai bagian dari best customer experience kepada para pelanggan. Di era digital ini, kami ingin memberikan pengalaman yang terbaik dan menyeluruh. Serta menawarkan opsi terbaru kepada pelanggan saat membeli kendaraan baru Mercedes-Benz. Sistem dapat diakses amat mudah, kapan saja dan di mana saja,” klaim dia.
Nah, melalui Mercedes-Benz Virtual Showroom. Anda dapat memulai proses pemesanan unit dari rumah. Pelanggan yang tertarik nantinya bakal diinformasikan secara terperinci tentang ketersediaan stok dalam kriteria pencarian di diler terpilih. Setelah memilih model, pengguna dapat klik “Request for Quote” atau “Contact Me” kemudian penawaran harga siap dibuat untuk kendaraan idaman. Di saat bersamaan, pengakses juga langsung terhubung dengan sales assistant yang ditugaskan.
Baca Juga: Mercedes-Benz EQA Resmi Mendebut Sebagai Compact EV Pertama Pabrikan
5-year StarService
Perusahaan juga turut mengumumkan layanan 5-year StarService. Sekarang menjadi standar setiap pembelian sebuah unit baru Mercedes-Benz. Lewat layanan itu, MBDI memberikan perawatan dan pelayanan selama lima tahun tanpa batasan kilometer. Plus tersedia dengan garansi untuk kendaraan Mercedes-Benz yang dibeli melalui diler resmi.
Layanan 5-year StarService terbaru ini menggantikan tiga tahun Integrated Service Package (ISP). Kini tersedia untuk seluruh model Mercedes-Benz, Mercedes-AMG dan Mercedes-Maybach mulai April 2021. Program terbaru, menurut perusahaan, dapat memperluas rasa aman pemilikan kepada pelanggan. Serta memperpanjang jaminan kualitas keselamatan kendaraan dengan menyediakan Mercedes-Benz Genuine Parts. Adapun detail perawatan itu meliputi suku cadang habis pakai. Antara lain kampas rem, piringan rem dan wiperblades, tanpa batasan kilometer
“Dengan menawarkan 5-year StarService sebagai standar setiap pembelian sebuah unit baru Mercedes-Benz dari saat ini. Kami secara signifikan meningkatkan rasa aman kepemilikan kendaraan baru Mercedes-Benz kepada pelanggan. Itu sejalan dari komitmen dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik. Tidak hanya memberikan pengalaman yang emosional, tetapi juga pengalaman menyeluruh mengenai produk Mercedes-Benz. Yakni melalui paket layanan 5 tahun serta garansi 3 tahun,” pungkas Kariyanto Hardjosoemarto. (Alx/Odi)
Baca Juga: Kabin Mercedes-Benz EQS Dirancang untuk Menyentuh Semua Indra Manusia
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Mercedes Benz Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel Mobil Mercedes Benz dari Carvaganza
Artikel Mobil Mercedes Benz dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test