Moto Guzzi tak hanya menyegarkan V85 TT. Model V9 series juga mendapat penyegaran untuk MY 2021. Baik Bobber maupun Roamer tak luput dari ubahan. Memang tak terlalu signifikan. Setidaknya ada peningkatan dari stabilitas dan kenyamanan berkendara yang jauh lebih baik dibanding model sebelumnya.
Hal utama pada kedua model V9 2021 adalah sematan mesin baru 850 cc yang diturunkan dari Moto Guzzi V85 TT tahun lalu. Peningkatan jantung pacu ini tentunya memberikan pengalaman berbeda. Walau pihaknya belum merilis data mengenai spesifikasi, V9 series versi V85 diklaim mampu menghasilkan tenaga 65 hp pada 6.800 rpm atau naik 10 Hp dibanding model sebelumnya. Sedang torsi meningkat 17 persen, menjadi 74 Nm. Daya itu dihembuskan dari mesin boxer V-twin 90 derajat.
Moto Guzzi telah memperbarui frame pada si kembar V9 ini. Area headstok diperkuat untuk meningkatkan handling dan stabilitas lebih baik. Untuk kenyamanan, mereka juga memasang footpeg dengan bantalan karet untuk meminimalkan getaran. Ini mungkin hanya pembaruan kecil, tetapi cukup siginifikan bagi pengendara yang gemar turing. Kaki tidak mudah lelah, dan membuat sang rider nyaman meski melakukan perjalanan jauh.
Selain ABS saluran ganda, Guzzi juga memberikan sistem kontrol traksi MGCT yang dapat disesuaikan atau bisa dimatikan secara manual. Kedua fitur itu menjadi standar pada keduanya untuk model 2021. Teknologi juga disertakan di dua Moto Guzzi V9 ini, berupa Moto Guzzi MIA yakni berupa sistem multimedia yang memudahkan motor terkoneksi dengan ponsel.
Untuk V9 Bobber model 2021 mendapat pembaruan lebih mendalam. Termasuk beberapa penyesuaian komponen. Khususnya jok diubah dengan desain yang lebih ramping dan proporsional. konturnya lebih tipis, agar selaras dengan bentuk tangki. Menjadikannya satu garis lurus yang estetik. Ini lebih baik dari V9 Bobber tahun lalu. Modelnya masih sama, dibuat terpisah, dengan bagian pengemudi lebih panjang dan buat pembonceng lebih kecil.
Kemudian sepatbor depan lebih pendek, supaya ban gambot yang terpasang lebih terpampang jelas. Panel samping alumunium juga mendapat ubahan. Kalau sebelumnya sedikit terbuka, kini tetutup rapi dan tetap ada lubang ventilasi.
Di bagian depan, lampu depan LED baru dan memiliki DRL berbentuk Mandello Eagle, ikonik Moto Guzzi. Piranti anyar itu memberikan tampilan Bobber lebih modern. Kemudian di atasnya diberikan paket instrumen digital, lebih menarik dan informatif.
V9 Bobber tersedia dalam warna baru, yaitu Nero Esenziale. Walau mengadopsi kelir doff, beberapa bagian diselaraskan dengan grafis abu. Terlihat di sisi tangki yang menjadi latar logo Mandello Eagle. Sektor itu tentu menampilkan kesan gagah dan kokoh. Sementara V9 Roamer tersedia dalam skema lebih minimalis, yakni Grigio Lunare. Cat khusus itu memberikan kesan mengilap, terutama di sepatbor, tangki bahan bakar, dan panel samping.
Belum ada kabar resmi tentang harga atau ketersediaan untuk kedua V9, dan Guzzi belum menyebutkan apakah varian V9 Bobber Sport juga mendapat ubahan untuk model 2021. Buat di Indonesia sendiri, Moto Guzzi V9 Bobber dan Roamer saat ini memiliki harga OTR Jakarta masing-masing Rp 595 juta dan Rp 570 juta. (Bgx/Odi)
Sumber: Bennetts, Visordown, Motorcycle Cruise
Baca Juga: Setelah 2 Tahun Mengaspal, Moto Guzzi Beri V85 TT Sentuhan Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.