MotoGP: Winglet Dilarang, Pabrikan Motor Bakal Ubah Bentuk Fairing
MISANO, 20 September 2016 - Dalam gelaran MotoGP ke–14 Motorland, Aragon, Spanyol, pihak penyelenggara berencana membuat peraturan baru tentang pelarangan penggunaan sayap mini alias winglet di body motor. Nantinya, pelarangan ini berlaku untuk semua motor yang ada di grid MotoGP.
Walau dari sisi pabrikan penggunaan winglet sangat berguna untuk performa motor, namun pihak penyelenggara tetap akan mengeluarkan peraturan tersebut. Hal ini dikarenakan alasan pelarangan berkaitan dengan masalah keselamatan para rider MotoGP. Peraturan tersebut telah di publikasikan setelah seri ke - 13 di sirkuit Misano, Italia pekan lalu oleh pihak Grand Prix Commission.
"Alat atau bentuk yang menonjol dari fairing atau bodywork dan tidak terintegrasi dengan body (contohnya sayap, sirip, dll.) yang bisa menghasilkan efek aerodinamis seperti downforce yang tidak diizinkan." Dalam hal ini, Technical Director MotoGP menjadi satu-satunya penentu apakah alat atau desain fairing akan termasuk dalam ketentuan di atas.
Selanjutnya, untuk menghindari bagian depan fairing yang berbentuk sayap, dengan alasan keamanan, bagian depan fairing tidak boleh menonjol lebih dari 150mm dari garis vertikal yang ditarik dari poros roda depan. Sementara, semua lebar fairing yang ada saat ini sudah sesuai dengan ketentuan ini.
Menariknya, jika winglet tambahan tidak boleh lagi digunakan namun tidak pada pengguaan winglet yang menyatu dengan fairing. Ini artinya, kemungkinan semua pabrikan motor MotoGP akan mengubah bentuk fairing mereka. Hal ini sudah terlihat pada fairing milik Ducati GP16 milik duo Andrea, Iannone dan Dovisiozo.
Waduh!
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test