Motor Legendaris Honda GL Masih Eksis di Tiongkok

Wuyang Honda CG 125

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda Motor di Tiongkok masih produksi motor laki mirip GL Series

    Namanya CG125 dan tetap mempertahankan nuansa retro era 2000-an
  • Ditenagai mesin injeksi 125 cc

    Dengan daya 9,92 PS di dan torsi 9,5 Nm memang cocok untuk mengejar efisiensi
  • Wuyang Honda meluncurkan CG125 khusus pasar Tiongkok. Kalau Anda lihat dari tampilan, mengingatkan kita pada motor sport GL series yang sempat dijual di Indonesia hingga era 2000an. Dan semangat sang legenda ini masih hidup di sana. Perusahaan afiliasi pembuat sepeda Jepang - Cina ini merilis dengan banderol terjangkau, yakni 7.480 yen. Atau sekitar Rp16,8 jutaan untuk akomodasi berkendara harian.

    Wuyang Honda CG 125

    Varian edisi khusus datang dengan skema warna putih dan biru yang tampak retro. Mirip dari paduan kelir Honda H'Ness CB350 di pasar Amerika Serikat. CG 125 diberi logo sayap Honda bersama lambang Wuyang Honda 3D di samping tangki bensin. Ia mempertahankan desain klasik, struktur tubuh mengikuti elemen dasar dari British Cafe Racer. Jok retro bergaya bantal mengembang, garis-garis bodi melanjutkan gaya motor klasik. Instrumen meter cluster sepenuhnya mempertahankan bentuk asli dari model lawas. Semuanya pakai jarum analog.

    Wuyang Honda CG 125

    Lampu utama tetap mengotak, ditemani sepasang sein kuning di sampingnya. Suspensi dan roda-roda dilapis cat hitam guna meningkatkan aura klasik khas GL series. Namanya juga ingin mempertahankan gaya jadi. Motor hanya menggunakan sistem pengereman pakai tromol. Baik di depan maupun di belakang. Terus lampu ekor pun sama, berbentuk persegi panjang berikut rumah sein.

    Baca Juga: Honda Monkey x One Piece Limited Edition, Hanya 300 Unit

     

    Wuyang Honda CG 125

    Secara mekanis, CG125 Special sama dengan model standar. Motor dipersenjatai oleh mesin injeksi sebagai pengabutan bahan bakar. Kubikasinya 125 cc berikut pendingin udara. Buncahan piston tunggal menghasilkan tenaga maksimal 9,92 PS di 8.500 rpm dan torsi puncak 9,5 Nm di 7.500 rpm. Tidak berlebihan untuk sekelas motor ini. Nah, Wuyang Honda mengklaim angka efisiensi asupan bensin tembus 55,55 km/liter. Catatan yang tidak terlalu buruk buat sepeda komuter harian. Sedangkan kapasitas tangki mencapai 13,3 liter. Cukup buat berkelana jauh.

    Wuyang Honda CG 125

    Mungkin ada pertanyaan, akankah produk semacam ini masuk pasar Indonesia? Jelas segmentasi marketnya berbeda. Kemudian pendekatan marketing di tiap negara tak bisa disamakan. Namun, bagi Anda pecinta motor lawas atau pehobi restorasi, CG125 Spesial bisa dijadikan inspirasi modifikasi. Misal dengan menggunakan bahan Verza 150 cc. Tinggal sesuaikan bentuk tangki bersama corak kelirnya. Lalu jok juga dibalut material kulit sintetis coklat. Kustomisasi macam ini seharusnya bukan hal sukar bagi modifikator lokal. Part atau onderdil jika mau dibuat seperti ini di Indonesia amat melimpah. Susun bujet dan keinginan perombakan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Malaysia Rilis “Astrea Grand” 35th Anniversary Edition 2022 Rp17 Jutaan

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
    • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
    • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
    • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
    • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
    • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022