MV Agusta Rush 1000, 208 HP dan Hanya 300 Unit

JAKARTA, Motovaganza.com – Penggemar motor super cepat, MV Agusta mendapat kabar gembira. Pabrikan asal Italia itu mengumumkan secara resmi rencana produksi hyper naked MV Agusta Rush 1000 mulai Juni mendatang. Sejak dipamerkan di ajang EICMA Show 2019 di Milan, motor ini memang menarik perhatian. MV Agusta mengatakan model ini akan diproduksi di Lake Varese dan dipasarkan terbatas hanya 300 unit. Harganya ditaksir lebih mahal dari Ducati Streetfighter V4, yakni 34.250 Euro atau sekitar Rp 553 juta. Di atas lawannya yang dijual 19.990 Euro. Secara basis, MV Agusta Rush 1000 terlihat seperti Brutale 1000. Namun sedikit berbeda. Perawakannya lebih radikal. Tidak hanya sekadar penampilan yang berbeda, beberapa komponen untuk penunjang performa juga ditingkatkan. Tidak tanggung-tanggung, pihak pabrikan menyematkan part premium dari merek ternama. Lampu depan yang digunakan menjadi hal pembeda dari saudara Brutale lain. Bentuknya bulat dan terpasang pencahayaan modern dari JW Speaker model 8791 Adaptive LED Headlights. Sorot sinarnya bisa mengikuti arah motor dan terdapat 16 titik lampu yang punya fungsi masing-masing. Soal rangka, sama dengan Brutale lain. Namun Rush, menggunakan sasis berbahan alumunium dan titanium. Kerennya, semua unsur bodi dari plastik ABS diganti serat karbon. Peleknya juga pakai material ringan dan kuat serta model palang berbeda dengan saudaranya. Roda belakang menempel di single arm diberikan cover carbon fiber sebagai peranti penunjang aerodinamika. Pabrikan menyebutnya sebagai "drag-racing aesthetic". Penggunaan tutup berbahan ringan itu sebagai solusi teknis untuk mengurangi koefisien drag. Baca juga: VIDEO: Begini Jika Kawasaki Ninja ZX-25R Dimodifikasi

Knapot SC-Project

Komponen premium lain yang menempel yaitu penggunaan knalpot SC-Project tipe tertinggi dengan bagian ujung berlubang ganda. Suspensi upside down Ohlins EC yang diadopsi dari Brutale 1000 RR pada bagian depan, dan monosok merek serupa bisa diatur tingkat kekerasannya. Pengereman dipercayakan unit kaliper Brembo Stylema 4 piston yang menjepit cakram 320 mm di bagian depan dengan Bosch 9-plus ABS, serta 2 piston kaliper dengan disc 220 mm di belakang. Seperti dilansir dari Cycleworld, model ini menggunakan mesin berbasis inline 4-silinder Brutale 1000 RR. Rush disebut mampu menghasilkan tenaga 208 hp pada 13.000 rpm, dengan torsi 116 Nm di putaran 11.000 rpm. Beda sedikit dari musuhnya yang menyemburkan power maksimum 208 hp pada 12.750 rpm, dan torsi 123 Nm pada putaran 11.500 rpm. Namun jika Rush digabungkan dengan Racing Kit, dayanya meningkat menjadi 212 hp. Silinder mesinnya diklaim berteknologi seperti Formula 1. Baca Juga Motovaganza: Royal Enfield Siapkan Scrambler Twin 650

Opsi Racing Kit

Untuk opsi part racing kit terdiri dari sistem pembuangan dengan peredam ganda berbahan titanium ultralight. Sistem kontrol engine dirancang untuk mengoptimalkan dan meningkatkan daya, serta subframe yang menopang jok belakang terbuat dari serat karbon. Model edisi terbatas ini juga memiliki fitur kontrol traksi yang dapat diprogram dalam 8 tingkat aktuasi, sistem antiwheelie, launch control, quick shifter up maupun down sebagai piranti standar. Berkat penerapan komponen ringan, bobot kering MV Agusta Rush hanya 185 Kg. Belum termasuk penampung bahan bakar sebesar 16 liter. Warna tersedia ada dark Metallic matt gray, Mamba red matt carbon, and Metallic bronze.

2020 MV Agusta Rush 1000 Specs

MSRP: $37,200
Engine: 998cc, liquid-cooled inline 4-cylinder; 16-valve
Bore x Stroke: 79.0 x 50.9mm
Claimed Horsepower: 208 hp @ 13,000 rpm
Claimed Torque: 86.1 lb.-ft. @ 11,000 rpm
Fuel System: Integrated ignition-injection system w/ eight injectors
Transmission: 6-speed constant mesh; electronic quickshift
Clutch: Wet, multiplate
Frame: CrMo and tubular steel w/ aluminum alloy swingarm
Front Suspension: 43mm fully adjustable inverted fork; 4.7-in. travel
Rear Suspension: Fully adjustable single Öhlins shock; 4.7-in. travel
Front Brake: 4-piston Brembo Stylema calipers, floating 320mm discs, w/ Bosch 9-plus ABS
Rear Brake: 2-piston caliper, 220mm disc
Wheels, Front/Rear: 17 x 3-in. aluminum/17 x 6-in. aluminum, w/ carbon fiber cover
Rake/Trail: N/A /3.8 in.
Wheelbase: 55.7 in.
Seat Height: 33.3 in.
Fuel Capacity: 4.2 gal.
Claimed Dry Weight: 406 lb.
Availability: June 2020
Contact: mvagusta.com
Sumber: Cycleworld Baca juga OTO: MV Agusta Rush 1000, Harganya Lebih Mahal dari Ducati Streetfighter V4 ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AHM Rilis Honda Monkey Baru di IIMS 2025
    AHM Rilis Honda Monkey Baru di IIMS 2025
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Deret Fungsi Fitur RoadSync Duo di Honda CUV e:
    Deret Fungsi Fitur RoadSync Duo di Honda CUV e:
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Maka Cavalry Mulai Diterima Konsumen, Jaminan Ketersediaan Produk Terbukti
    Maka Cavalry Mulai Diterima Konsumen, Jaminan Ketersediaan Produk Terbukti
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2025
  • QJMotor Resmi Masuk Indonesia, Langsung Rilis 4 Model
    QJMotor Resmi Masuk Indonesia, Langsung Rilis 4 Model
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2025
  • Perluas Jaringan, Maka Motors Resmikan Lima Showroom Sekaligus
    Perluas Jaringan, Maka Motors Resmikan Lima Showroom Sekaligus
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Rekomendasi 7 Moge di Indonesia yang Layak Dibeli pada 2025
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2025
  • Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Adu Yamaha Aerox CyberCity dengan Honda Vario 160 ABS dari Semua Sektor, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 07 Feb, 2025
  • Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Rekomendasi 7 Motor Listrik Menarik di 2025
    Zenuar Yoga . 04 Feb, 2025
  • Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Line-up Maxi Yamaha 155 Terbaru Awal 2025, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 14 Jan, 2025
  • Kaleidoskop 2024: Daftar Moge yang Meluncur Tahun Ini (Part-2)
    Kaleidoskop 2024: Daftar Moge yang Meluncur Tahun Ini (Part-2)
    Zenuar Yoga . 30 Des, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024