Setelah muncul di EICMA tahun lalu, Kawasaki Versys 650 edisi 2022 mendarat juga ke Indonesia. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melengkapi portofolio motor petualang yang sebelumnya diisi Versys 250 dan Versys 1000. Harga sekarang Rp199 juta OTR atau ada kenaikan Rp18,1 juta dari sebelumnya Rp180,9 juta. Lantas apa saja yang berubah?
Fasad Versys 650 mengalami sedikit revisi dari model sebelumnya. Desain headlamp kini mirip keluarga Kawasaki Ninja dan sukses membuatnya tampil lebih menarik. Kemudian komponen windshield juga terlihat lebih miring dari yang sebelumnya punya posisi tegak, Anda juga bisa mengatur ketinggian sampai 4 opsi.
Sementara dari bodi samping, Kawasaki memberikan tarikan atau lekuk garis yang lebih tegas. Sehingga kesan kekar dari motor ini lebih terlihat. Jika diamati lebih detail, bagian sasis dari Versys 650 juga sengaja diekspos untuk memunculkan aura tangguhnya.
"Terinspirasi dari Versys 1000, desain yang diperbarui dari upper cowl dan bodywork di sekitarnya memberikan Versys 650 menjadi lebih emotional design dan stylish. Pastinya akan dimanjakan kenyamanan yang maksimal dalam setiap perjalanannya," kata Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion KMI lewat keterangan resmi (22/1)
Dari sektor mesin, jika membandingkan dengan versi sebelumnya bisa dibilang tak banyak berubah. Dia masih mengemas enjin berkubikasi 649 cc, 4-Tak, parallel-twin, DOHC, 8-katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Dengan konstruksi itu, motor ini mampu memproduksi tenaga sebesar 67 PS di 8.500 rpm serta torsi 61 Nm di 7.000 rpm.
Untuk pertama kalinya sudah kedapatan fitur Kawasaki Traction Control (KTRC). Teknologi tersebut memiliki dua tingkatan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pengendara, atau memungkinkan juga untuk dinonaktifkan.
Baca Juga: Kawasaki Kenalkan Z650RS 2022, Era Retrovolution Dimulai
Guna mengimbangi output mesin, Kawasaki New Versys 650 ditopang dengan pengereman cukup maju. Di depan sudah memakai cakram ganda berukuran 300 mm dengan dengan kaliper masing-masing 2 piston. Sementara di bagian belakang menggunakan cakram ganda 250 mm dengan juga dengan kaliper 1 piston. Pelek mengadopsi tipe cast wheel ring 17 dengan dengan palang yang mirip moge fairing-nya Kawasaki ZX-6R dan ZX-10R. Di depan pakai ukuran ban 120 per 70 dan belakang 160 per 60.
Karena diciptakan sebagai motor penjelajah, New Kawasaki Versys 650 dibekali suspensi depan berjenis upside down 41 mm dengan pengaturan rebound. Di haluan belakang mengaplikasikan suspensi monoshock yang juga bisa diatur karakter rebound-nya.
Secara total, Kawasaki Versys 650 edisi 2022 memiliki panjang 2.165 mm, lebar 840 mm, dan tinggi 1.420 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya adalah 1.415 mm, ground clearance 170 mm, berat total 218 kg, dan kapasitas tangki BBM di 21 liter.
Fokus pembaruan Versys 650 bisa dibilang meningkatkan fungsionalitas dan fiturnya. Dia dibekali dengan teknologi penunjang yang siap memaksimalkan pengalaman berkendaranya. Nah untuk lebih detail di bawah ini adalah daftar fiturnya.
Baca Juga: Generasi Baru Kawasaki Versys 650 Makin Canggih dan Pintar
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.