Honda HR-V selalu laris penjualannya. Sejauh ini masih jadi favorit meski makin berdatangan lawan-lawan baru. Jika Anda menimbang untuk beli unit bekas, kami sarankan ambil keluaran 2018. Tahun ini model facelift meluncur GIIAS 2018 dengan membawa pembaruan menarik.
Sayangnya tidak terlalu banyak. Perubahan desain paling banyak terjadi di bagian wajah. Grille baru tampak lebih besar dan gagah, ditambah desain bemper yang berubah sampai rumah fog lamp. Fitur andalan di eksterior ada di penggunaan lampu Full LED di head lamp dan juga fog lamp. Tapi hanya untuk HR-V tipe 1.5L E Special Edition dan 1.8L Prestige. Tipe lain pakai lampu utama halogen dengan model proyektor.
Selain itu, desain pelek ikut berubah. Tipe E sampai Prestige tampak kekinian dari rancangan pelek berwarna two-tone. Paling berbeda tipe S sebagai varian termurah. Desain bergaya propeler justru terlihat keren dan sama seperti HR-V spesifikasi Eropa. Tambahan lain, antena berganti model shark finn dan ada garnish krom di pintu bagasi.
Interior tak luput dapat penyegaran walau tidak ada desain yang berubah. Kabin HR-V tipe S dan E kini didominasi warna hitam. Jok tipe E mengombinasikan kulit dan kain. Sedangkan Special Edition sudah kulit semuanya, sampai membalut setir dan tuas transmisi. Khusus Prestige, berpadu dengan warna Ivory untuk dasbor, konsol tengah sampai door trim. Perubahan di kursi baris kedua, adanya tambahan head rest di tengah dan sabuk pengaman tiga titik.
Ada 3 varian utama: tipe 1.5L S, 1.5L E dan 1.8L Prestige. Paling rendah tipe S, menggantikan tipe A yang sudah berhenti dijual. Paling menarik satu tambahan tipe baru 1.5L E Special Edition. Posisinya mengisi celah antara tipe E dan Prestige. Perbedaan dengan tipe E biasa ada di kelengkapan yang mengambil beberapa fitur dari Prestige.
Harga baru per Juni 2021. Paling murah HR-V 1.5L S M/T Rp296,6 juta dan CVT Rp307,3 juta. Tipe E CVT dibanderol Rp330,5 juta dan Special Edition Rp348,1 juta. Paling mahal 1.8L Prestige sebesar Rp402,3 juta.
Pencarian di laman mobil bekas ditemui banyak tipe E dan E Special Edition. Khusus HR-V E CVT 2018 bermain di kisaran Rp255 juta sampai Rp260 juta. Sedangkan HR-V E SE sekitar Rp265 juta hingga Rp275 juta. Tipe Prestige juga tersedia dengan mahar masih Rp310 jutaan.
Baca Juga: Honda City 2016 Bekas, Sedan Berkarakter Sporty Tak Sampai Rp200 Juta
Keistimewaan dari Honda HR-V ialah tidak pelit fitur. Varian termurah (1.5L S), sudah dilengkapi fitur keselamatan seabrek: ABS+EBD+BA, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal dan Brake Override System. Rem parkirnya saja sudah model elektrik (Electronic Parking Brake) plus ada Auto Brake Hold. Namun airbag hanya ada 2, sama seperti tipe E.
Varian tengah (E dan E Special Edition) makin lengkap lagi. Menyalakan mesin menggunakan tombol (keyless ignition), ditambah paddle shift dan punya cruise control untuk sensasi berkendara lebih menyenangkan. Tombol AC Smart Touch begitu futuristik, layaknya tombol-tombol fungsi pesawat USS Enterprise di film Star Trek. Head unit monitornya pun sebesar 8-inci, yang dibuat bergaya mengambang.
Tipe Prestige tentunya semakin lengkap dari E. Selain lampu LED yang juga dimiliki Special Edition, jumlah airbag Prestige ada 6 buah dan terbentang Panoramic Roof di plafon. Beda harga yang sangat jauh, jelas karena ditopang mesin lebih bertenaga.
Jika Anda butuh crossover dengan kabin nyaman dan lapang, HR-V menawarkan paling luas. Penumpang belakang disediakan ruang kaki dan kepala ekstra-lega. Ditambah lagi kepraktisan pengaturan kursi yang sama persis dengan Honda Jazz. Perlu ruang bagasi lebih besar, tinggal melipat sandaran jok yang rata lantai dan langsung tersedia area lapang dan datar. Pembagian 60:40 bisa disesuaikan kebutuhan antara membawa barang dan juga penumpang. Dudukan jok juga mampu dilipat ke atas atau juga dikenal sebagai mekanisme Ultra Seat.
Tidak adanya perubahan teknis di HR-V terbaru, membuat rasanya masih sama saja. Impresi berkendara HR-V mirip Jazz karena memakai platform sama. Mesin dan transmisinya pun identik. Hanya ground clearance lebih tinggi yang membuat HR-V tidak sestabil Jazz. Karakter utama tetap sporty bawaan DNA Honda. Mobil ini enak diajak ngebut dan meliuk-liuk di tikungan. Imbas negatifnya, kenyamanan tidak seberapa. Soal ini, masih kalah dari Chevrolet Trax maupun Mazda CX-3.
Lansiran 2018 berarti unit sudah memasuki 3 tahun. Kalau pemakaian pemilik sebelumnya normal, estimasi odometer berada di rentang 50 ribu - 60 ribu kilometer. Biasanya masih banyak yang sehat asalkan selalu dirawat rutin. Teliti juga penggantian oli dan cairan lainnya. Kalau sesuai anjuran bengkel resmi, semua diganti dalam jadwal pasti. Bawa juga ke bengkel atau inspektor terpercaya agar mendapatkan pengecekan detail. Pastikan tidak bekas banjir ataupun tabrakan berat. (Odi)
Baca Juga: Pertimbangan Membeli Honda Mobilio, Mending Baru atau Bekas?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.