Nissan Magnite Raih Empat Bintang ASEAN NCAP

Nissan Magnite HDC

New Car Assessment Program untuk negara ASEAN (ASEAN NCAP) mengeluarkan hasil uji tabrak Nissan Magnite. Cukup impresif, SUV termungil Nissan kelahiran India itu berhasil mengantongi rating empat dari lima bintang. Pun bukan itu saja, melansir Autocar India, hasil tes dari Global NCAP akan dirilis beberapa bulan mendatang.

Untuk saat ini, ASEAN NCAP sendiri belum menjabarkan poin-poin penilaian. Baru sebatas melaporkan skor keseluruhan sebanyak empat bintang. Namun, dapat dikatakan bahwa basic trim dari Magnite sudah cukup mumpuni dalam melindungi penumpang. Sebab pada prinsipnya, ASEAN NCAP akan memilih model dengan kelengkapan keselamatan terendah yang tersedia market ASEAN.

Di balik tubuh Magnite terdapar basis pembangun platform CMF-A+. Berbagi pondasi dengan kembarannya yang akan menyusul, Renault Kiger, dan MPV Renault Triber. Versi CMF-A+ sendiri merupakan turunan dari arsitektur kembangan Renault-Nissan Common Modular Family – A Segment (CMF-A). Pertama ditemukan membangun Renault Kwid dan Datsun Redi Go.

Baca Juga: Cek Promo Nissan Livina dan Poin Keunggulannya

Perdana dites pada Magnite, capaian empat bintang pada platform CMF-A+ merupakan hasil cemerlang. Pasalnya, basis platform modular segmen A dalam Kwid dan Redi Go justru mencatatkan nilai buruk. Boleh jadi disebabkan paket keselamatan yang minimalis. Meski begitu, adaptasinya di model lebih mahal dan besar berbuah manis, mungkin akibat dibarengi peningkatan standar. Kita tunggu saja kejelasannya begitu detail pengujian sudah dirilis ASEAN NCAP.

nissan magnite asean ncap

Dibekali Peranti Keselamatan Komplet

Saat ini Magnite sudah dipasarkan ke India, Indonesia, dan segera menyusul ke market lain. Kalau kita lihat pasar lokal, perbekalannya tergolong hebat. Trim termurah saja, Upper, sudah mengadopsi peranti penjaga stabilitas seperti Vehicle Dynamic Control (VDC) agar sikapnya saat menikung terkendali. Ditemani pula oleh Traction Control System (TCS) guna meminimalisir selip saat berakselerasi. Belum lagi Hill Start Assist sediakan bantuan kala menanjak.

Lain cerita di India, masih ada opsi jauh lebih polosan. Minimalis tanpa sokongan penjaga stabilitas elektronik. Namun tidak sampai benar-benar melupakan keselamatan, memang. Setidaknya dalam spek termurah XE masih ditemukan ragam perlindungan pasif yang tergolong komprehensif. Contohnya, dua airbag siap mengembang begitu terjadi kecelakan frontal. Menjadi bantalan pelindung dari kerasnya hantaman ke panel di muka.

Baca Juga: Kicks e-Power Menjadi Jembatan Era Mobilitas Listrik Nissan

Penahan momentum gerak penumpang depan pun bukan sebatas sabuk pengaman tiga titik moderat. Tersemat komponen lengkap pretensioner dan load limiter. Umumnya, sistem ini memungkinkan sabuk otomatis menarik tubuh begitu terjadi tabrakan frontal. Aktif bersama sinyal pengembang kantung udara. Baru setelah itu load limiter berperan meminimalisir cedera di dada dengan mengendurkan tarikannya. Dikombinasi airbag, efektivitas peranti keselamatan pasif sewajarnya meningkat.

Seluruh fitur tadi menjadi basis dari kemampuan Nissan Magnite melindungi penggunanya di India. Pasar Indonesia pun kebagian kemampuan serupa. Sebagai tambahan, ada pengingat aplikasi seat belt untuk penumpang depan. Di belakang, sabuk pengaman memanfaatkan unit Emergency Locking Retractor (ELR) tiga titik di sisi terluar dan dua titik model fix di tengah.

Bukan itu saja, pos jaga pengendalian diisi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Ragam komponen lain tak ketinggalan menambah kemampuan Magnite dalam menyuguhkan keselamatan berkendara. Termasuk di dalamnya Anti Roll Bar, Rear Parking Sensor, Child Lock, hingga Hazard otomatis saat rem mendadak.

Naik tingkatan ke trim lebih mahal, perantinya tentu semakin komplet. Menjadikannya sebagai salah satu kendaraan yang atraktif untuk saat ini. Mulai dari kedatangan set kontrol stabilitas, speed sensing lock, impack sensing unlock, sampai memuncak di penambahan alat bantu bagi pengemudi. Sebut saja Around View Monitor (AVM) dan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS). Seluruh potensi Magnite ini bisa kita nikmati di varian tertinggi, Premium. (Krm/Odi)

Baca Juga: Tengok Spesifikasi Detail Nissan Magnite, Crossover Kompak nan Kaya Fitur

Jelajahi Nissan Magnite

  • Tampak Depan Bawah Nissan Magnite
  • Tampak samping Magnite
  • Tampak Depan Nissan Magnite
  • Tampak atas Magnite
  • Tampak Grille Magnite
  • Fog lamp depan Magnite
  • Lampu depan Magnite
  • lampu belakang Magnite
  • Nissan Magnite Drivers Side Mirror Front Angle
  • handle pintu Magnite
  • Pelek Magnite
  • Semua pintu Magnite terbuka
Nissan Magnite
Rp 277 - 308 Juta Cicilan : Rp 6,32 Juta

Model Mobil Nissan

Mobil Nissan
  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan Ariya
    Nissan Ariya
  • Nissan Kicks 2024
    Nissan Kicks 2024
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Carvaganza

  • Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ramai Segmen SUV Kecil Banyak Fitur; Pilih Sonet, Magnite, Raize atau Rocky
    Ahmad Karim . 19 Mei, 2021
  • FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    FIRST DRIVE: Nissan Magnite 2021, Begini Sensasi SUV Rp 200 Jutaan
    Wahyu Hariantono . 14 Jan, 2021

Artikel Mobil Nissan Magnite dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Batch Baru Nissan Magnite Mulai Diekspor dari India, Kapan Konsumen Indonesia Kebagian?
    Ahmad Karim . 02 Jul, 2021
  • Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ada Antrean Panjang di India, Kapan Nissan Magnite Bisa Sampai Ke Konsumen Tanah Air?
    Ahmad Karim . 12 Jan, 2021
  • Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Nissan Magnite Raih Empat Bintang dalam Uji Tabrak ASEAN NCAP
    Ahmad Karim . 05 Jan, 2021
  • Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Mengenal Mesin Nissan Magnite Turbo 1.0L yang Pinjam Teknologi Sportscar GT-R
    Anjar Leksana . 04 Jan, 2021
  • Kupas Spesifikasi Nissan Magnite, Tampil Kompak dan Penuh Fitur Kekinian
    Kupas Spesifikasi Nissan Magnite, Tampil Kompak dan Penuh Fitur Kekinian
    Helmi Alfriandi . 21 Des, 2020
  • Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Ahmad Karim . 18 Mei, 2021
  • Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Mengorek Fitur Keselamatan SUV Mungil Kia Sonet dan Nissan Magnite, Selengkap Apa?
    Ahmad Karim . 02 Feb, 2021
  • Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Lima Alasan Mengapa Nissan Magnite Pantas dijadikan Mobil Pertama
    Ahmad Karim . 30 Des, 2020
  • Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Bujet Rp 250 jutaan atau Kurang, Pilih Kia Sonet Smart atau Nissan Magnite Premium?
    Ahmad Karim . 29 Des, 2020
  • First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    Ahmad Karim . 14 Jan, 2021