Nostalgia Grand Prix 1980-an, Yamaha Rilis XSR900 GP
Yamaha Motor Sales Co., Ltd. akan merilis motor sport XSR900 GP. Model bergaya balap klasik ini adalah cara produsen menghidupkan kembali kenangan bersejarah dari warisan mereka. Dilengkapi dengan mesin 888 cc, konfigurasi tiga silinder segaris, berpendingin cairan, 4-tak, DOHC, dan mengadopsi tema Crossplane Concept di rangka aluminium die-cast CF. Jika diperhatikan dengan seksama, desain bodinya mengingatkan motor Grand Prix YZR500 dari era 1980-an.
Meskipun belum diluncurkan, Yamaha Jepang telah mengumumkan harga sebesar 1.430.000 yen, yang setara dengan sekitar Rp150 juta. Harga ini tergolong sangat terjangkau jika dibandingkan dengan harga on-the-road motor sport 800 cc di Indonesia. Perlu diketahui, XSR900 GP dikembangkan berdasarkan model XSR900. Namun, pabrikan telah melakukan penyesuaian ulang pada tingkat kekakuan bodi untuk mencapai keseimbangan dengan posisi berkendara baru.
Selain rangka belakang yang baru, sasis motor ini memiliki geometri mengadopsi gaya balap. Supaya stabilitas saat berbelok tajam meningkat. Poros batangnya terbuat dari aluminium, sehingga mempengaruhi handling dan mengurangi beban di bagian depan. Dimensi panjang 2.160 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.180 mm, dengan ketinggian jok 835 mm dari tanah, ground clearance 145 mm, dan bobot total 200 kg. Yamaha menyematkan pelek 17 inci dengan profil ban 120/70 mm di depan dan 180/55 mm di belakang.
Sebagai motor balap, suspensi depan dan belakang dirancang khusus. Yamaha menggunakan sistem peredam kejut dari KYB yang bisa disesuaikan sepenuhnya untuk pengalaman berkendara yang sporty. Uniknya, tekanan redaman bisa diatur untuk dua kondisi: kecepatan tinggi dan rendah.
Performa XSR900 GP sangat bertenaga. Mesinnya memiliki bore dan stroke berukuran 78 mm x 62 mm. Tiga silinder piston menawarkan rasio kompresi 11,5:1, menghasilkan tenaga sebesar 120 PS di 10.000 rpm dan torsi puncak 93 Nm di 7.000 rpm. Berdasarkan klaim Yamaha, konsumsi bahan bakarnya mencapai 31,6 km/liter saat kecepatan stabil 60 km/jam, sedangkan menurut WMTC 21,1 km/liter.
XSR900 GP juga memiliki Yamaha Ride Control (YRC) dan teknologi pendukung berkendara lainnya. Memungkinkan pengendara memilih karakteristik mesin dan tingkat intervensi elektronik sesuai dengan preferensi berkendara, termasuk penyesuaian terhadap kondisi jalan. Terdapat mode preset seperti Sport, Street, dan Rain. Ditambah lagi dengan Quick Shift System (QSS) yang memudahkan pengemudi melakukan upshifting saat akselerasi dan downshifting saat deselerasi tanpa perlu menarik tuas kopling, menjadikan quickshifter generasi ketiga ini mendukung kenyamanan berkendara.
Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, Yamaha XSR900 GP dilengkapi dengan layar meter cluster digital TFT berukuran 5 inci yang mendukung navigasi. Anda dapat memilih dari empat pola tampilan, termasuk tachometer analog. Layar ini menunjukkan kecepatan, putaran mesin, pengukur bahan bakar, konsumsi bahan bakar rata-rata, termometer, dan indikator shift.
Anda juga dapat menghubungkan XSR900 GP dengan smartphone menggunakan aplikasi Y-connect (Yamaha Motorcycle Connect), yang menampilkan berbagai informasi dan gambar di layar. Aplikasi ini memungkinkan pengelolaan kendaraan, penerimaan panggilan telepon, email masuk, dan lainnya. Untuk navigasi, pemilik harus menginstal aplikasi Garmin StreetCross di ponsel dan menyambungkannya ke motor untuk menampilkan peta digital pada kluster instrumen. (Alx/Odi)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Yamaha Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor Yamaha dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test