Jenis Low SUV sekarang semakin variatif. Peminatnya tergolong banyak seperti Low MPV. Apalagi kalau menengok harga bekas. Rentang angka jual saling bersenggolan. Saat beli Suzuki XL7 bekas, dapat menjadi opsi mobilitas tujuh penumpang. Misal untuk varian teratas Alpha A/T lansiran 2020 di Jabodetabek dilepas sekitar Rp220 juta. Sementara di lintas segmen, Mitsubishi Xpander Ultimate A/T keluaran 2020 dijajakan Rp230 jutaan. Produk SIS ini pun memiliki sejumlah kelengkapan oke dari sejumlah rival. Cek dulu daftar sekennya.
Suzuki XL7 pakai mesin bensin serupa dari Ertiga berkode K15B. Konfigurasi 4-silinder, berkapasitas 1,5 liter Naturally Aspirated. Embusan daya terlontar tembus 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga sepadan Mitsubishi Xpander namun ada sedikit kalah selisih torsi 3 Nm. Kendaraan ini berbasis platform Heartech yang diklaim ringan serta lincah. Penyaluran daya via transmisi manual 5-speed atau opsi matik konvensional 4-speed. Nilai plus XL7 ialah distribusi terasa halus dan kinerja enjin terbilang senyap, di kelasnya.
Baca Juga: Suzuki SX4 S-Cross 2016 Bekas, Opsi Crossover Bujet Rp150 Jutaan
Walau bekas, baiknya tetap ambil tipe tertinggi Suzuki XL7 Alpha. Suguhan yang diberi ke konsumen berupa banyak fitur. Seperti Smart E-Mirror pertama di kelasnya. Ia berfungsi sebagai kaca spion digital berbekal dua kamera. Posisi tepat di spion tengah dan di belakang mobil. Selain berfungsi layaknya dashcam, perangkat juga dapat merekam aktivitas mobil, menangkap momen tak terduga. Serta meningkatkan kemampuan berkendara saat memarkir kendaraan.
XL7 kasta atas jua dilengkapi Keyless Push Start-Stop Button, Ventilated Cup Holders, AC Digital Auto Climate with Heater serta Power Outlet hingga baris ketiga. Selain itu fitur keselamatan menjadi salah satu unggulan. Seperti terpasangnya Pedestrian Protection dan Child Proof Door Lock. Sederet perangkat menang ditujukan untuk dapat menarik konsumen. Baik untuk berjiwa muda maupun yang sudah berkeluarga.
Peranti keselamatan terpasang lumayan baik. Mencakup dual SRS Airbag, hill hold assist supaya mobil tak menggelundung di tanjakan. Selanjutnya parking sensor, high speed alert, sistem pengereman ABS + EBD dan ESP. Semua ini ditawarkan sebagai standar pabrik. Lantaran dijadikan kasta tertinggi, XL7 diimbuhi SmartPlay Studio 7 inci berikut multikonektivitas. Tapi masih ada yang kurang, tanpa cruise control. Xpander sudah punya.
Lalu mengenai purnajual. Depresiasi unit bekas Suzuki tak begitu terjun bebas. Kemudian biaya kepemilikan Suzuki XL7 diklaim sangat kompetitif di kelasnya. Ongkos berkala sang crossover MPV selama lima tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu) hanya berkisar di angka Rp6,9 juta. Baik untuk transmisi manual maupun otomatis. (Alx/Odi)
Baca Juga: Panduan Membeli Suzuki Ertiga Gen II Bekas dan Harganya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.