Pembuktian Naik Kelas, Mazda CX-60 2023 Mendebut Kenalkan PHEV, RWD dan Seabrek Teknologi Baru

2023 Mazda CX-60


Mazda punya wacana ambisius dalam strategi elektrifikasi. Tak serta merta melengserkan jantung penggerak konvensional, melainkan merancang konstruksi baru yang relevan untuk pengembangan jangka panjang. Mereka tidak ingin kehilangan karakter menyenangkan seperti selama ini tertanam. Bahkan berusaha menciptakan sensasi baru meski elemen elektrik mulai menjangkiti.

KEY TAKEAWAYS

  • Mazda CX-60 memakai platform baru SkyActiv Multi-Solution Scalable Architecture

    Bisa untuk mobil kompak hingga besar, bersamaan format penggerak berbeda, dan dipersiapkan untuk hybrid, plug-in hybrid atau listrik murni
  • PHEV pertama Mazda. Memadukan unit SkyActiv-G 4-silinder 2,5-liter dengan motor elektrik plus baterai lithium-ion 17,8 kWh

    Mesin naturally aspirated menghasilkan 189 hp dan torsi 261 Nm. Ditambah motor elektrik pencipta 134 hp dan 250 Nm. Alhasil diperoleh kombinasi 323 hp dan 500 Nm
  • Tahun lalu Mazda mengumumkan soal platform anyar SkyActiv Multi-Solution Scalable Architecture. Basis fleksibel untuk generasi terbaru Mazda kelak. Bisa untuk mobil kompak hingga besar, bersamaan format penggerak berbeda. Yang pasti, dirancang untuk pengembangan mobil listrik masa depan. Mulai dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV) dan elektrik murni.

    2023 Mazda CX-60

    Produk pertama yang memakainya adalah Mazda CX-60. Resmi mendebut dengan banyak inovasi dan teknologi baru. Inilah representasi Mazda untuk naik kelas melawan brand kasta premium asal Eropa dan Jepang. Layout anyar mesin depan dan penggerak belakang (RWD), menjanjikan pengalaman baru dalam hal pengendaraan. Ia menjadi pembuka jalan SUV terbaru lain seperti CX-70, CX-80 dan CX-90 yang tergabung dalam "Large Product Group".

    Ukurannya tergolong besar, meski belum setara Mazda CX-9. Panjangnya 4.755 mm, lebar 1.890 mm, tinggi 1.670 mm dan wheelbase 2.870 mm. Sedikit lebih gemuk dibanding CX-50. Mungkin desainnya tidak sekeren SUV Mazda lain. Namun sangat menggambarkan kedewasaan dan sikap elegan untuk menyasar kalangan konsumen papan atas di market mapan. Ciri penggerak RWD bisa dikenali dari kap mesin ekstrapanjang. Menyimpan mesin dalam posisi membujur ke belakang. Tersedia delapan pilihan warna dan dua opsi ukuran pelek 18-inci atau 20-inci.

    2023 Mazda CX-60

    Kabin CX-60 menggambarkan kemewahan dalam kesederhanaan. Simpel tanpa perlu pemikat berlebih, tapi aura aristokratnya kian terasa. Ada beberapa fitur unik yang belum pernah dimiliki Mazda sebelumnya. Seperti panel instrumen digital LCD seluruhnya. Kemudian monitor tengah berukuran 12,3-inci dan pemakaian Head-Up Display sangat besar. Paling menarik adalah Driver Personalisation System. Mampu secara otomatis mengatur posisi duduk terbaik melalui deteksi kamera. Input-nya berdasarkan posisi mata dan tinggi badan, lalu setir, kursi, HUD dan spion secara otomatis menyesuaikan diri. Canggih!

    Menilik ruang mesin, ada beberapa opsi ditawarkan. Belum diketahui pasti tersedia untuk negara mana saja, yang jelas tiga enjin buat pasar Eropa. Paling ditunggu apalagi kalau bukan PHEV pertama Mazda. Memadukan unit SkyActiv-G 4-silinder 2,5-liter dengan motor elektrik plus baterai lithium-ion 17,8 kWh. Mesin naturally aspirated menghasilkan 189 hp dan torsi 261 Nm. Ditambah motor elektrik pencipta 134 hp dan 250 Nm. Alhasil diperoleh kombinasi 323 hp dan 500 Nm. Menjadikannya mobil produksi Mazda paling bertenaga sejauh ini.

    Baca Juga: Mazda CX-5 Akan Beralih ke RWD dan Pakai Mesin Baru 6-Silinder Mild Hybrid

     

    2023 Mazda CX-60

    Klaim akselerasi dari pihak pabrikan tergolong impresif. Melesat menuju 100 km/jam dari diam cuma butuh 5,8 detik. Karena ini PHEV, maka baterai bisa diisi melalui arus AC normal. Tentu saja ada model berkendara listrik murni. Daya jelajah ditawarkan lumayan jauh, mencapai 60 km. Sementara konsumsi bahan bakar kombinasi berdasarkan WLTP sebesar 1,5 liter/100 km (66,6 km/liter) memakai pelek 18-inci dan 1,6 liter/100 km (62,5 km/liter) untuk 20-inci.

    Dua mesin lainnya merupakan pengembangan baru, 6-silinder inline dan masuk jenis mild-hybrid. Unit bensin berupa e-SkyActiv X 3,0-liter yang dilengkapi kelistrikan 48-volt. Juga ada e-SkyActiv D diesel plus teknologi mild hybrid 48-volt juga. Sayang data spesifikasi detail belum diumumkan. Tapi ini jadi bayangan untuk CX-5 generasi terbaru nanti.

    2023 Mazda CX-60

    Gambaran 6-inline menggerakkan roda belakang tentu sangat menggairahkan. Apalagi Mazda juga serius meracik format suspensi yang tepat. Di depan memakai double wishbone dan belakang multi-link. Kata Mazda, pengemudi bakal merasakan pergerakan halus dalam kondisi apapun. Mungkin ini juga pengaruh Kinematic Posture Control (KPC) untuk menetralisir gaya gravitasi.

    Semua jantung pemacu dipasangkan transmisi otomatis 8-percepatan baru. Tidak lagi memakai torque converter konvensional, melainkan kopling multi-plate dan sebuah motor elektrik/generator. Penggerak AWD i-Activ juga ada. Disediakan juga ragam mode berkendara seperti Normal, Sport, Off-Road, Towing dan EV.

    2023 Mazda CX-60

    Peranti keselamatan sudah pasti banyak tersedia. Mulai dari View Monitor 360 derajat, Vehicle Exit Warning, Traffic Sign Recognition, Advanced Smart City Brake Assist with pedestrian, cyclist detection and intersection function, Rear Emergency Brake Assist with pedestrian detection, Lane Keeping Assist with Steering Assist, and Drowsiness Detection, Lane-Keep Assist System, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, i-Adaptive Cruise Control, Hill Launch Assist, dan Emergency Stop Signaling System.

    Mazda CX-60 sudah langsung dijual untuk pasar Eropa. Ada tiga trim: Exclusive-Line, Homura dan Takumi dengan rentang harga mulai dari £43.950 (Rp827,5 juta) hingga £48.050 (Rp904,7 juta). (Odi)

     

    Baca Juga: Mazda2 Hybrid 2022 Berbasis Toyota Yaris Debut untuk Pasar Eropa

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mazda Unggulan

    Artikel Mobil Mazda dari Carvaganza

    • Mazda Catat 234 Unit Penjualan di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Mazda Catat 234 Unit Penjualan di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Wahyu Hariantono . 05 Des, 2024
    • GJAW 2024: Mazda MX-30 Debut Publik Pasca Launching, Banyak Promo Menarik
      GJAW 2024: Mazda MX-30 Debut Publik Pasca Launching, Banyak Promo Menarik
      Wahyu Hariantono . 23 Nov, 2024
    • Mazda MX-30 Meluncur Tawarkan Pengalaman Unik, Ini Spek Lengkapnya
      Mazda MX-30 Meluncur Tawarkan Pengalaman Unik, Ini Spek Lengkapnya
      Muhammad Hafid . 12 Nov, 2024
    • Lewat MX-30, Mazda Ekspresikan Idealisme di Era EV
      Lewat MX-30, Mazda Ekspresikan Idealisme di Era EV
      Setyo Adi . 11 Nov, 2024
    • Mazda MX-30 Tandai Debut di Pasar EV Indonesia, Harga Rp860 Juta
      Mazda MX-30 Tandai Debut di Pasar EV Indonesia, Harga Rp860 Juta
      Wahyu Hariantono . 11 Nov, 2024

    Artikel Mobil Mazda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Tambah XForce DS dan Jimny White Rhino, Ini Daftar Model SUV Kompak Terbaru
      Tambah XForce DS dan Jimny White Rhino, Ini Daftar Model SUV Kompak Terbaru
      Setyo Adi Nugroho . 09 Des, 2024
    • Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Wahyu Hariantono . 05 Des, 2024
    • Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Wahyu Hariantono . 05 Des, 2024
    • Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Mazda Torehkan Penjualan 234 Unit di GJAW 2024, CX-5 dan CX-3 Masih Favorit
      Wahyu Hariantono . 05 Des, 2024
    • Di GJAW 2024, Mazda Indonesia Memperkenalkan MX-30 ke Publik
      Di GJAW 2024, Mazda Indonesia Memperkenalkan MX-30 ke Publik
      Wahyu Hariantono . 24 Nov, 2024
    • Komparasi SUV Populer Baru, All New Honda CR-V Lawan New Mazda CX-5
      Komparasi SUV Populer Baru, All New Honda CR-V Lawan New Mazda CX-5
      Setyo Adi Nugroho . 27 Sep, 2023
    • Duel Mesin dan Fitur All New Toyota Vios vs Mazda 2 Sedan, Mana yang Pantas Dibeli?
      Duel Mesin dan Fitur All New Toyota Vios vs Mazda 2 Sedan, Mana yang Pantas Dibeli?
      Bangkit Jaya Putra . 17 Okt, 2022
    • New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa Lebih Memikat?
      New Hyundai Palisade Vs Mazda CX-9, Siapa Lebih Memikat?
      Setyo Adi Nugroho . 06 Agu, 2022
    • R360 Coupe, Nenek Moyang Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda
      R360 Coupe, Nenek Moyang Lahirnya Banyak Mobil Hebat Mazda
      Rizki Satria . 04 Jul, 2021
    • Usia Pakai Relatif Muda, Seberapa Menarik Beli Mazda2 Bekas?
      Usia Pakai Relatif Muda, Seberapa Menarik Beli Mazda2 Bekas?
      Anjar Leksana . 21 Apr, 2021
    • Test Drive All New Mazda CX-60: Paket Komplet!
      Test Drive All New Mazda CX-60: Paket Komplet!
      Eka Zulkarnain . 01 Nov, 2023
    • First Drive Mazda CX-5 AWD 2023: Kapabilitas Bertambah, Semakin All-Rounder
      First Drive Mazda CX-5 AWD 2023: Kapabilitas Bertambah, Semakin All-Rounder
      Anindiyo Pradhono . 09 Mar, 2023
    • Road Test Mazda New CX-5 Elite: Mobil Ramah, Tapi…
      Road Test Mazda New CX-5 Elite: Mobil Ramah, Tapi…
      Indra Alfarisy . 06 Apr, 2022
    • Road Test Mazda CX-30: Nyaris Sempurna!
      Road Test Mazda CX-30: Nyaris Sempurna!
      Rizki Satria . 27 Feb, 2020
    • First Drive All New Mazda3: Mudah Disukai
      First Drive All New Mazda3: Mudah Disukai
      Anindiyo Pradhono . 22 Jul, 2019