Penantang Honda CBR250RR, Suzuki Rilis New GSX250R 2023 Dua Silinder

Suzuki GSX250R

 

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki GSX250R bukan buatan Jepang

    Melainkan bikinan Changzhou Australian Suzuki Machinery Co., Ltd. yang berarti impor dari Cina
  • Untuk pasar Jepang, Suzuki Motor Corporation memberikan penyegaran buat GSX250R. Motor sport ini merupakan lawan sepadan bagi Honda CBR250RR dan Yamaha R25. Semua menggunakan jenis pemacu berkubikasi 250 cc dua silinder. Di Negeri Matahari Terbit, barang baru itu dilepas 614.900 yen (belum termasuk pajak) atau setara Rp65,16 jutaan.

    Namun perlu diketahui, Suzuki GSX250R bukan buatan Jepang, melainkan bikinan Changzhou Australian Suzuki Machinery Co., Ltd. Jadi mereka mengimpornya dari Cina. Lanjut mengenai pembaruan, motor kini memiliki bentuk headlamp tunggal dengan pancaran LED. Striping di samping bodi tampak amat sederhana bertuliskan GSX dan Suzuki di dekat fairing bawah.

    Suzuki GSX250R

    Tata letak jok dan bentuk pahatan tubuh jauh berbeda dari Suzuki Gixxer SF 250 di Indonesia. Ia tampak ramping dengan dua header dan satu saluran knalpot. Kemudian panel meter menggunakan layar digital monokromik untuk menampilkan kecepatan, putaran mesin (rpm), kapasitas bensin dan info lain.

    Baca Juga: Suzuki GS150 Gaya Thunder Jadul Ini Dijual Rp18 Jutaan

    Mengenai dimensi, New GSX250R memiliki tinggi 2.085 mm, panjang 740 mm, lebar 1.110 mm, jarak sumbu roda 1.430 mm. Lalu jarak bodi ke tanah 160 mm, radius putar 2,9 meter, kapasitas tangki 15 liter, serta bobot total 181 kg. Ia menggunakan pelana bertingkat dan tinggi jok pengemudi 790 mm. Jujur saja dengan profil tubuh macam ini, Suzuki seperti hanya menampilkan lekuk tubuh konservatif dibanding pesaing terdekatnya. Mereka terkesan bermain aman, sehingga karakter motor tidak begitu terlihat sporty.

    Suzuki GSX250R

    Begitu juga dengan pemacu dua silinder lama seperti milik Suzuki Inazuma. Tidak ada ubahan teknis agar memberikan performa unggulan. Mesin berkode J517 ini berpendingin air, SOHC 2-katup berkubikasi 248 cc. Diameter kali langkah 53,5 x 55,2 mm dan rasio enjin 11,5:1. Lewat sistem pemasok bahan bakar injeksi, ledakan dua piston memberi output daya maksimum 18 kW (24 PS) pada 8.000 rpm.

    Torsi puncak didapat 22 Nm (2,2 kg.m〉di 6.500 rpm. Tenaga ditransfer ke roda belakang menggunakan transmisi manual 6-speed. Untuk konsumsi bahan bakar berdasar metode WMTC didapatkan angka 32,8 km/liter saat dikendarai satu orang.

    Lanjut soal profil roda, ban Suzuki GSX250R berukuran 110/80-17M/C 57H di depan dan dibelakang 140/70-17M/C 66H. Sebagai penghela laju kendaraan, terpasang rem cakram tunggal hidrolik di depan maupun belakang. Semua dibekali perangkat ABS. Tidak ada fitur canggih terpasang seperti Assist & Slipper Clutch. Padahal rival sekelas memilikinya. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Suzuki Rilis Harga V-Strom 250SX, Lebih Murah Dibanding Honda CRF250 Rally

    Jelajahi Suzuki GSX R150

    • Tampak belakang serong Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
    Rp 35,34 - 38,64 Juta Cicilan : Rp 806.333

    Model Motor Suzuki

    Motor Suzuki
    • Suzuki GSX R150
      Suzuki GSX R150
    • Suzuki Satria F150
      Suzuki Satria F150
    • Suzuki Address
      Suzuki Address
    • Suzuki Avenis
      Suzuki Avenis
    • Suzuki Burgman Street 125 EX
      Suzuki Burgman Street 125 EX

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Suzuki GSX R150 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • MotoGP: Resep Alex Rins Jaga Performa di Tengah Balapan Hujan GP Mandalika
      MotoGP: Resep Alex Rins Jaga Performa di Tengah Balapan Hujan GP Mandalika
      Ivan Hermawan . 21 Mar, 2022
    • Jadi Satu-satunya Merek Motor yang Ikut JAW 2022, Suzuki Beri Diskon Rp3,5 Juta untuk GSX-R150
      Jadi Satu-satunya Merek Motor yang Ikut JAW 2022, Suzuki Beri Diskon Rp3,5 Juta untuk GSX-R150
      Bangkit Jaya Putra . 15 Mar, 2022
    • Bagaimana Cara Suzuki Terapkan Pelumas Balap ke Motor Harian
      Bagaimana Cara Suzuki Terapkan Pelumas Balap ke Motor Harian
      Ivan Hermawan . 09 Nov, 2021
    • Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition Tersedia di Tipe Menengah, Tak Ada Perubahan Harga
      Suzuki GSX-R150 MotoGP Edition Tersedia di Tipe Menengah, Tak Ada Perubahan Harga
      Ary Dwinoviansyah . 28 Okt, 2020
    • Konektivitas Gawai Menempel di Motor Sport Suzuki, Realisasi Tahun Depan
      Konektivitas Gawai Menempel di Motor Sport Suzuki, Realisasi Tahun Depan
      Ary Dwinoviansyah . 09 Okt, 2020
    • All New Honda CBR150R vs Suzuki GSX-R150, Mana Layak Dipilih?
      All New Honda CBR150R vs Suzuki GSX-R150, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 13 Jan, 2021
    • Komparasi Suzuki GSX-R150 ABS vs Honda CBR150R ABS
      Komparasi Suzuki GSX-R150 ABS vs Honda CBR150R ABS
      Muhammad Hafid . 06 Nov, 2018
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
    • First Ride Suzuki Gixxer SF250: Masih Menggodakah Ia di Antara Rival?
      First Ride Suzuki Gixxer SF250: Masih Menggodakah Ia di Antara Rival?
      Helmi Alfriandi . 06 Agu, 2020
    • Test Ride Suzuki GSX-R150: Niatnya Berkenalan, Malah Jatuh Cinta (Part-2)
      Test Ride Suzuki GSX-R150: Niatnya Berkenalan, Malah Jatuh Cinta (Part-2)
      Rizki Satria . 01 Okt, 2018
    • Test Ride Suzuki GSX-R150: Niatnya Berkenalan, Malah Jatuh Cinta (Part-1)
      Test Ride Suzuki GSX-R150: Niatnya Berkenalan, Malah Jatuh Cinta (Part-1)
      Rizki Satria . 25 Sep, 2018