Pengalaman Memiliki Mobil Toyota Makin Mudah Lewat Layanan Berbasis Online
Toyota tidak berhenti melakukan inovasi. Terutama dalam mempermudah konsumen membeli melalui total mobility solution. Semua bisa didapat, dari mulai mendapatkan informasi terkait produk, mudah diakses, aman dan nyaman serta memperkenalkan beragam program inovatif.
Kali ini Toyota Astra Motor melakukan pengembangan di beberapa layanan. Terutama untuk menghadirkan pengalaman memiliki produk Toyota dengan lebih mudah. Beberapa layanan berbasis mobilitas diperkuat antara lain paket kredit dengan cicilan ringan EZDeal, layanan baru Toyota Trade-In dan yang terbaru, Toyota Official Store Solution (TOSS).
Pertama adalah EZDeal. Berupa program pembiayaan dengan cicilan lebih ringan selama 6 tahun. Beberapa keuntungan yang ditawarkan antara lain calon konsumen dapat memiliki mobil dengan biaya lebih murah, hemat dengan cicilan ringan, serta cicilannya dapat disesuaikan dengan pemasukan konsumen. Juga menawarkan trade ini untuk konsumen yang tidak suka memiliki mobil yang sama dalam waktu lama. Contohnya Toyota Raize dengan cicilan mulai Rp2,7 juta per bulan, Yaris dengan cicilan mulai dari Rp3,4 juta per bulan. Ke depannya akan lebih banyak model yang ditawarkan dalam program EZDeal ini.
Toyota Trade-in adalah tawaran one stop solution untuk konsumen Toyota. Konsumen bisa menjual mobil lamanya dan membeli mobil baru di bawah layanan satu atap. Proses dijamin mudah dan cepat dengan proses appraisal serta transaksi yang transparan. Hanya ke diler Toyota, konsumen bisa menjual mobil lamanya dan membeli mobil baru dengan penawaran terbaik.
Janji yang ditawarkan Toyota melalui program ini adalah fleksibilitas waktu bagi pelanggan dalam penarikan unit lama, karena semuanya terintegrasi dalam satu layanan. Jadi selama unit baru belum tiba konsumen masih bisa menggunakan mobil lama. Layanan ini bisa dilakukan di mana saja, tidak harus datang ke dealer.
Layanan paling baru adalah Toyota Official Store Solution atau TOSS. Merupakan kesadaran Toyota akan perkembangan digital dan berubahnya kebiasaan konsumen. Saat ini TOSS baru ada di beberapa diler dan dalam bentuk beta version. Meski terlihat belum siap, namun TOSS akan menjadi andalan Toyota pada masa mendatang di seluruh diler resmi Toyota.
Mirip digital marketplace yang sudah familiar digunakan, konsumen Toyota dapat dengan mudah membeli mobil baru, suku cadang, aksesori, atau paket servis dengan mudah, kapan saja dan di mana saja. TOSS mempunyai 3 tahapan mudah. Tinggal pilih produk yang mau dibeli, lakukan transaksi via online, lalu tinggal menunggu mobil yang dibeli datang. Semudah belanja online.
“Kami berterima kasih untuk respons positif dan animo yang besar yang sudah diberikan customer terhadap berbagai total mobility solution Toyota. Kami berkomitmen untuk terus melakukan enhancement baru di setiap touchpoint channel Toyota berdasarkan masukan dari pelanggan untuk memberikan experience terbaik kepada pelanggan. Ke depannya, akan lebih banyak program baru yang kami tawarkan untuk menunjang kemudahan bermobilitas yang beragam dari masing-masing orang,” ujar Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.
Baca Juga: Toyota Indonesia Tambah Lima Model Berlabel Gazoo Racing
Menyiasati Perubahan Kebiasaan
Sebelum ketiga program ini, Toyota sudah melakukan pendekatan secara digital kepada konsumennya. Disebut Toyota Mobility Solution. Salah satu diantaranya adalah Kinto. Program ini memberi kemudahan bagi konsumen yang tidak ingin memiliki mobil namun membutuhkan kemudahan untuk mobilitas.
Bagi yang ingin memiliki kendaraan, Toyota juga mempunyai berbagai solusi financing bagi customer yang menginginkan paket kredit yang ringan dan mudah. Selain adanya official website dan berbagai akun sosial media, pelanggan yang membutuhkan informasi bisa mengakses chatbot Toyota dan mToyota.
Jika mau konsultasi tentang perawatan kendaraan bisa mengakses melalui Halobeng. Mau melihat-lihat produk Toyota dan minta advice langsung ke Toyota advisor atau salesforce seolah-olah kayak mampir di dealer, bisa akses Toyota Live Showroom. Dan, antusiasme masyarakat yang mencari informasi mengenai Toyota dengan mengakses digital ternyata sangat besar. Saat ini akses terhadap channel digital Toyota setiap bulan mencapai lebih dari 2 juta akses. Baik melalui website dan social media ataupun melalui berbagai aplikasi dan channel digital Toyota.
Selain itu, dari data yang Toyota punya, digitalisasi juga turut mempengaruhi penjualan. Dari beberapa kali penyelenggaraan Toyota Virtual Expo, telah mendapatkan antusiasme yang besar dari publik. Contohnya Virtual Expo yang dilakukan pada Maret lalu, online visitor mencapai hampir 52 ribu orang dan berhasil mencatatkan SPK hampir 1.500 SPK hanya dalam 3 hari penyelenggaraan.
“Tugas kami di Toyota adalah selalu menyiapkan dan melakukan improvement di setiap titik poin prosesnya, baik secara offline maupun sekarang dengan pendekatan digital buat yang ingin prosesnya lebih simple. Pilihan layanan total mobility solution Toyota pun kian lengkap baik program usership, ownership, dan after sales yang semakin menarik dengan benefit yang lebih untuk pelanggan,” ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (Sta/Odi)
Baca Juga: Daftar Ongkos Servis Berkala Mobil Toyota di Bengkel Resmi
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Toyota Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil Toyota dari Carvaganza
Artikel Mobil Toyota dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test