Capaian Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) September 2021 naik. Mereka tuai hasil positif pada sisi retail mobil penumpang dan kendaraan niaga ringan. Terkumpul angka jualan dengan total 8.930 unit dan pangsa pasar 13,6 persen. Sebelumnya pada Agustus, perusahaan hanya mengantongi 8.521 unit saja. Tak dipungkiri, besaran PPnBM DTP 100 persen hingga akhir tahun turut merangsang penjualan otomotif domestik. Sehingga Xpander terus jadi ujung tombak.
Pada segmen kendaraan penumpang, MMKSI mencatat penjualan 5.066 unit. Lalu di segmen kendaraan niaga ringan terkumpul 3.864 unit. Model seperti Xpander series (termasuk varian Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan lebih dari 38 persen. Selebihnya ada L300 menyumbang lebih dari 33 persen dan Pajero Sport 18 persen lebih.
“Model Xpander termasuk Xpander Cross terus memperkuat posisi sebagai mobil favorit konsumen. Sebab sesuai dengan preferensi dan kebutuhan konsumen Indonesia. Lalu L300 alami kenaikan penjualan hingga 760 unit dibandingkan bulan sebelumnya. Sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar di kelas niaga ringan. Ini membuktikan model legendaris yang telah hadir selama lebih dari 40 tahun di Indonesia ini tetap diminati. Dan sesuai kebutuhan masyarakat,” tutur Naoya Nakamura, President Director PT MMKSI.
Baca Juga: Pembelian Aksesori OEM Mitsubishi Xpander Kini Dapat Diskon Hingga 50 Persen
Volume maker di kendaraan penumpang lebih banyak karena sebagai unit produksi lokal. Mereka mendapat keringanan PPnBM dan harga jual ke masyarakat jadi semakin murah. Potongan harga on the road bisa sampai belasan juta. Ambil contoh Xpander (termasuk Xpander Cross). Keduanya mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV lebih dari 30 persen dan terjual 3.398 unit.
Sedangkan Pajero Sport meraih lebih dari 39 persen pangsa pasar di lahan medium SUV 2.500 cc (4x2 dan 4x4). Terjual 1.664 unit ke tangan konsumen. Volume penjualan L300 alami kenaikan 760 unit dibandingkan penjualan Agustus 2021. Sekaligus mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Small Pick-Up 4x2 dengan pangsa pasar lebih dari 70 persen. Bulan lalu terjual 3.028 unit. Kemudian Mitsubishi Triton mempertahankan posisi sebagai pentolan segmen Pick-Up 4x4. Pangsa pasarnya lebih dari 62 persen. Terkirim 829 unit.
Demi meningkatkan penjualan, MMKSI terus tebar promo tiap bulan bagi Xpander maupun varian Cross. Paling umum suguhan uang muka ringan mulai 10 persen, atau bunga rendah 0 persen sampai tenor 2 tahun. Kemudian gratis asuransi, Paket Smart Cash dengan bunga 0 persen dan bebas biaya admin melalui Dipo Star Finance. Tidak hanya itu saja, untuk menarik pelanggan, dalam pembelian langsung mendapat kaca film Konica Minolta bagi Xpander. Dan jenis V-Kool bagi Xpander Cross. Anda juga memperoleh Paket Smart Silver (gratis servis berkala) hingga 50.000 km atau 4 tahun. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mitsubishi Xpander Facelift 2022 Dipastikan Pakai CVT dan Berwajah Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.