Pentingnya SRUT untuk Menekan Jumlah Truk ODOL

regulasi ODOL

Sertifikat Registrasi Uji Tipe atau SRUT jadi hal penting. Jika sebuah kendaraan mengantongi dokumen ini, berarti telah diuji secara teknis maupun spesifikasi detail. Sehingga bisa dikategorikan laik jalan dan lebih terjamin keselamatan penggunanya. Lantas kalau dikaitkan dengan truk bermuatan lebih, Over Dimension dan Over Loading (ODOL). Sebetulnya itu merupakan langkah awal supaya moda angkut yang dipakai sesuai peruntukan serta fungsi di jalan.

KEY TAKEAWAYS

  • Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor untuk pertama kali harus memenuhi sejumlah persyaratan

    Sesuai dengan UU no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 66
  • Tidak perlu datang ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat

    Pendaftaran nomor rangka cukup dilakukan secara daring melalui aplikasi VTA
  • Upaya memperbaiki sekaligus menangani permasalahan (ODOL) bukan perkara gampang. Harus dicermati dari hulu hingga ke hilir supaya tercipta zero ODOL. Sesuai dengan UU no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 66. Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor untuk pertama kali harus memenuhi sejumlah persyaratan. Selain memiliki bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah dan mempunyai hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor. Pemilik harus mengantongi sertifikat registrasi uji tipe (SRUT), yang merupakan filter utama.

    Maka SRUT sebetulnya menjadi langkah awal, untuk mengetahui spesifikasi asli dari kendaraan tersebut. Bisa mengetahui panjang sasis, spesifikasi teknis sebuah kendaraan sesuai fungsi. Dan mengetahui apakah kendaraan bermasalah atau tidak. Sebetulnya pabrikan (APM) banyak yang mengikuti regulasi berlaku. Celakanya, misal yang truk terjual ke tangan ke konsumen. Kemudian mereka memodifikasi bak agar bisa memuat barang banyak. Inilah kemudian jadi truk ODOL.

    Banyaknya truk ODOL, lantaran terdapat pengguna yang mencoba memaksimalkan keuntungan dan menekan logistic cost. Yakni dengan menambah beban barang pada kendaraan, hingga kurang peduli soal keselamatan pengendara maupun orang lain. Maka itulah pentingnya SRUT sebagai standardisasi laik jalan. Bahkan dokumen ini menjadi syarat dalam pembuatan STNK dan BPKB. Baik kendaraan penumpang maupun angkutan barang.

    Nah, demi mempermudah pengurusan uji tipe kendaraan, Kemenhub sebetulnya sudah lama memfasilitasi lewat e-SRUT. Ini merupakan pengembangan layanan dari aplikasi Vehicle Type Approval (VTA) daring dari kementerian. Sehingga bisa meningkatkan layanan kepada APM, importir umum (IU) maupun masyarakat pengguna produk otomotif.

    Jadi melalui e-SRUT, pabrikan atau perusahaan yang bergelut di bidang otomotif. Tidak perlu datang ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk permohonan SRUT. Pendaftaran nomor rangka cukup dilakukan secara daring melalui aplikasi VTA (https://vta.dephub.go.id/site/) dan untuk kendaraan karoseri melalui (http://ujitiperb.dephub.go.id/). Sehingga mengurangi proses administrasi berbelit-belit dan efisien waktu pengurusan.

    Informasi tambahan berdasarkan data resmi Kemenhub. Pelanggaran terbanyak karena truk over loading sekitar 81,7 persen dan membuat negara rugi sekitar Rp43 triliun dalam satu tahun. Pemerintah pun menargetkan Indonesia bebas kendaraan kelebihan muatan mulai 2023. Sebab adanya permohonan dari para pelaku usaha. Yakni untuk meminta tenggat waktu supaya menyesuaikan diri sebelum aturan ini benar-benar ditegakkan. Sementara ini telah dilakukan pengawasan ketat terhadap 21 Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB). Lantas pencegahan lainnya, seperti melarang kendaraan berlebihan muatan dan dimensi memasuki jalan tol. Lalu memaksimalkan pengoperasian UPPKB di jalan nasional. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Truk ODOL Berbahaya dan Merugikan, Isuzu Indonesia Dukung Penuh Kebijakan Baru Pemerintah

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Truk Unggulan

    Artikel Truk dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Tim Isuzu Indonesia Juara 1 di I-1 Grand Prix World Technical Competition 2024
      Tim Isuzu Indonesia Juara 1 di I-1 Grand Prix World Technical Competition 2024
      Zenuar Yoga . 05 Nov, 2024
    • Hino Dukung Pelatihan Pengemudi Bus di Sumatra Utara
      Hino Dukung Pelatihan Pengemudi Bus di Sumatra Utara
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • KTB Fuso Kampanyekan SupirHero Sebagai Apresiasi kepada Pengemudi Truk
      KTB Fuso Kampanyekan SupirHero Sebagai Apresiasi kepada Pengemudi Truk
      Anjar Leksana . 29 Okt, 2024
    • KTB Fuso Segarkan Wajah Mitsubishi Fighter X Series
      KTB Fuso Segarkan Wajah Mitsubishi Fighter X Series
      Anjar Leksana . 17 Okt, 2024
    • DCVI Resmikan Diler Baru di Balikpapan
      DCVI Resmikan Diler Baru di Balikpapan
      Zenuar Yoga . 12 Okt, 2024
    • Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Anjar Leksana . 14 Nov, 2023
    • Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Ivan Hermawan . 05 Des, 2020
    • Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Helmi Alfriandi . 03 Feb, 2020
    • Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
      Supir Truk Wajib Tahu! Ini Tips Keselamatan Berkendara dari Mitsubishi Fuso
      Zenuar Yoga . 26 Sep, 2024
    • Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Muhammad Hafid . 08 Okt, 2022
    • Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Muhammad Hafid . 13 Mei, 2020
    • First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Anjar Leksana . 30 Mar, 2022
    • First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      Ahmad Karim . 08 Mar, 2020
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019