Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengumumkan peluncuran Ninja ZX-25RR edisi 40th Anniversary pada Kamis (8/8) melalui media sosial. Model ini menambah koleksi Ninja dengan livery khusus, mempertahankan tiga warna ikonik: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Dibuat secara terbatas, motor ini dijual dengan harga Rp138 juta OTR.
“Melihat banyaknya permintaan dari Kawasaki Lovers yang menginginkan seri 40 tahunan di Ninja ZX-25RR untuk hadir di Indonesia, akhirnya kami wujudkan keinginan mereka walaupun kuantitas yang diproduksi hanya limited stock. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada customer Kawasaki yang ikut meramaikan dunia otomotif khususnya sportbike,” ucap Bapak Michael C. Tanadhi selaku Dept. Head Sales & Promotion PT KMI dalam siaran resminya, Kamis (8/8).
Model ini merupakan varian termurah dari seri Ninja 40th Anniversary. Sebelumnya, telah diluncurkan Ninja ZX-10R, Ninja ZX-6R, dan Ninja ZX-4RR. Seri Ninja Anniversary ke-40 ini khas dengan livery retro, sebuah tema populer di era 90-an yang sering terlihat pada motor superbike. Popularitasnya kembali meningkat setelah Jonathan Rea menggunakannya tiga tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 2021, dalam event balap motor tahunan WSBK di Mandalika.
Livery seri Ninja Anniversary ke-40 didesain mengikuti pendahulunya, Kawasaki ZXR750, dengan tiga warna khas: Lime Green, Pearl Crystal White, dan Blue. Logo "Kawasaki" yang besar pada fairing samping dan simbol peringatan 40 tahun menjadi ciri khasnya.
Logo 40th Ninja Anniversary terpampang di tangki bensin, mirip dengan stiker kejuaraan yang mengingatkan pada balap tahun 1980-an. Logo Kawasaki berwarna biru dengan latar putih pada fairing samping disusun dengan ukuran dan keseimbangan yang ideal untuk setiap model.
Rangka dan swingarm dicat perak, menggambarkan bagian aluminium yang umum digunakan pada era 1980 dan 1990-an. Untuk ZX-25RR dan ZX-4RR, tabung front fork masih berwarna hitam, berbeda dengan Ninja ZX-10R dan Ninja ZX-6R yang dicat emas. Namun, semua model dalam seri ini tetap menggunakan warna Lime Green pada roda depan dan belakang.
Dari segi spesifikasi, ZX-25RR identik dengan ZX-25R, namun terdapat beberapa komponen yang membedakannya. Ninja ZX-25RR dilengkapi dengan suspensi upside down buatan Showa yang sudah termasuk pengaturan preload di sisi kanan. Bagian belakangnya sepenuhnya dapat diatur, dengan pengaturan preload, rebound, dan kompresi yang bisa disesuaikan. Warna ulir per juga dibedakan, dengan ZX-25RR menggunakan warna hijau yang selaras dengan bodi motor. Selain itu, komponen frame slider juga disertakan sebagai proteksi standar pada saat pembelian.
Jantung mekanis ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 249,8 cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris, DOHC, dan 16 katup. Mesin tersebut memiliki diameter bore x stroke sebesar 50,0 x 31,8 mm, serta rasio kompresi 11,5:1. Jantung mekanis ini dipadukan dengan transmisi 6 kecepatan.
Tenaga maksimum yang dihasilkan adalah 49,5 Hp pada 15.500 rpm dan torsi puncak 22,9 Nm pada 14.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui gearbox enam percepatan. Menurut klaim produsen, kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 187 km/jam. Dengan komponen ram air, tenaga bisa bertambah hingga 1 PS, yang bekerja optimal ketika motor mencapai kecepatan 100 km/jam.
Motor ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Lampu LED sudah terpasang di bagian depan dan belakang. Kawasaki Traction Control (KTRC) menawarkan tiga mode berkendara yang dapat diatur off. Ada empat riding mode yang tersedia: Sport, Road, Rain, dan Rider, yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. Dalam Rider mode, power dan KTRC dapat diatur sesuai dengan karakter pengendara dan kondisi jalan. Power dapat diatur pada mode full atau low, dengan mode low mengurangi tenaga motor sekitar 35 persen dari mode full. Selain itu, ada KQS (Kawasaki Quick Shifter) yang memungkinkan upshifts dan downshifts, berfungsi di atas 2.500 rpm.
TFT meter dengan Circuit mode dan Rideology The App memungkinkan pengendara terhubung dengan motor secara nirkabel. Seri New Ninja ZX-25R menjadi motor sport full fairing 250 cc pertama di Indonesia yang memiliki fitur konektivitas.
Berbagai fungsi instrumen kini dapat diakses melalui smartphone. Informasi kendaraan seperti odometer, pengukur bahan bakar, dan jadwal perawatan bisa dilihat melalui aplikasi Rideology The App. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat catatan pengendaraan, yang mencakup rute GPS, posisi gigi, rpm, dan informasi lainnya. Ketika smartphone terhubung, pemberitahuan telepon seperti panggilan dan pesan akan ditampilkan di panel instrumen. Pengendara juga bisa mengatur tampilan instrumen, termasuk unit pilihan serta pengaturan waktu dan tanggal, langsung dari smartphone.
Selain itu, terdapat Electronic Throttle Valves (ETV) yang terintegrasi dengan ECU berkapasitas tinggi. Komponen ini mengatur volume bahan bakar dan udara yang masuk ke mesin melalui fuel injector dan throttle valves, memberikan respon mesin yang lebih halus dan memudahkan pengendara dalam menggunakan fitur-fitur yang ada.
Motor ini juga dilengkapi dengan Immobilizer sebagai fitur keamanan standar. Meskipun masih menggunakan anak kunci, terdapat chip yang tertanam di dalamnya, sehingga motor tidak akan menyala jika dicoba dengan kunci lain, menambah tingkat keamanan.
Untuk rangka, digunakan tralis dan lengan ayun model banana yang terbuat dari high-tensile steel. Pengereman depan menggunakan cakram berdiameter besar dengan kaliper monoblock radial-mount, sedangkan disc belakang yang lebar menjamin pengereman yang efektif.
Motor sport 250 cc 4-silinder ini dilengkapi dengan ban radial GPR300 dari Dunlop untuk grip yang optimal di aspal. Ban ini memberikan efek ringan pada kendaraan, membuat handling lebih lincah. Ukuran ban yang digunakan adalah 110/70 untuk bagian depan dan 150/60 untuk bagian belakang. (Bgx)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.