Perbandingan Rasa Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid, Ini Bedanya

Toyota Innova Zenix 2.0 V

 

KEY TAKEAWAYS

  • Ternyata rasa Innova Zenix Hybrid dan besin sangat berbeda

    Saya rasakan sendiri dalam sesi test drive
  • Ternyata karakter berkendara Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid tak sama. Itu saya rasakan setelah duduk di balik kemudi Zenix 2.0 V CVT. Beralih dari varian Q Hybrid untuk menuju Jakarta. Kalau dilihat mengenai perawakan, semua model tampak sama. Kecuali detail body kit, aksesori dan ukuran pelek. Memang, kalau dirasa segi performa, keduanya menyajikan karakter sangat jauh berbeda.

     

    Performa Mesin

    Lihat kinerja dulu. Di atas rangka All New Kijang Innova Zenix, menancap jantung pacu anyar 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Toyota Astra Motor mengklaim efisien nan bertenaga. Ruang bakar 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm. Lalu torsi puncak diperoleh rentang 4.500-4.900 rpm, sebesar 205 Nm. Distribusi daya ke roda depan pakai Direct Shift CVT 10 speed. Betul, dari data di atas kertas, jauh lebih unggul dibanding Innova Reborn.

    Rasa berkendaranya lebih tenang dibanding model lawas. Respons mesin tambah cekatan untuk mengilat dari posisi diam. Tapi bila dijejerkan dengan varian hybrid, performa sangat timpang. Bila Anda mencoba Q Hybrid duluan, baru pindah ke V CVT, seperti anjlok, turun kelas. Motor listrik sangat membantu di putaran awal. Setidaknya hingga kecepatan 60 km/jam, atau bergantung pada bukaan pedal gas. Sementara Innova Zenix reguler hanya mengandalkan satu sumber tenaga penggerak. Dan tidak tersedia Adaptive Cruise Control (bagian TSS) yang bisa bikin praktis berkendara.

    innova zenix

    Pengendalian

    Tapi memang diakui, Kijang Innova 2.0 V CVT semakin senyap. Terus buat melesat kencang di tol Cipali 100 km/jam, tak perlu putaran tinggi. Jarum analog menunjukkan 1.500 rpm. Bahkan bila dipacu kian kencang lagi, 120 km/jam konstan cuma 2.000 rpm. Artinya kalau kita lihai mengatur irama mesin dan tidak tergesa-gesa dapat hemat bensin. Transmisi baru sangat membantu pengendaraan seperti itu. Saat pengetesan, catatan di MID tertera 12 km/liter. Sebetulnya bisa lebih irit asal jaga rpm.

    Jenis CVT sebetulnya memiliki rasio infiniti alias tak terbatas. Namun Toyota membaginya menjadi 10-speed secara virtual. Lupakan sementara soal rasa berkendara varian hybrid. Dalam sudut pandang sebagai mobil ICE, ia relatif menyenangkan. Tarikan awal terbantu oleh launch gear, sehingga terasa enteng. Di tipe V sayangnya tidak tersedia paddle shift untuk mengatur perpindahan rasio.

    Namun kita bisa beralih ke mode Sequential Shiftmatic. Ini memungkinkan perpindahan gigi seperti transmisi manual untuk meningkatkan kenikmatan berkendara. Anda bisa mengatur rasio dengan menggerakkan tuas transmisi ke + atau – ketika di posisi M. Tapi, kalau melenggang santai rasanya opsi ini tidak banyak digunakan. Cukup posisikan di D (drive), biarlah ECU yang mengatur perpindahan itu sesuai kebutuhan.

    Baca Juga: Ragam Fitur Pintar yang Ada di Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

     

    Electric Power Steering

    Kenyamanan berkendara juga didapatkan dari aplikasi Electric Power Steering (EPS). Toyota sengaja mengaplikasikan supaya dapat memberikan putaran kemudi ringan saat kecepatan rendah. Lalu kian berat dan responsif di kecepatan tinggi. Selama membawa Innova Zenix V, sensasi relaks. Termasuk memiliki rasa percaya diri memadai tatkala harus melaju cepat. Sebab stabilizer di belakang dipakai untuk menjaga mobil supaya tidak mudah limbung.

    Seluruh Innova Zenix menggunakan tipe MacPherson Strut untuk menyangga roda depan. Sedangkan Torsion Beam menyokong roda belakang. Namun tipe V pakai pelek lebih kecil, 215/60 ring 17 inci. Cenderung minim body roll bila lari di atas 120 km/jam. Tapi, stabilitas sangat jauh berbeda dibandingkan dengan tipe Q Hybrid Modellista. Yang jelas power to weight ratio tak sama.

    Innova Zenix 2.0 V

    Keamanan

    Fitur tertanam di V 2.0 CVT tidak berlebih. Bantal pengaman cuma ada dual airbags. Lalu disc brake 16 inci terpasang di seluruh roda. Itu demi memastikan rem mobil dapat bekerja optimal yang diperkuat oleh fitur ABS, EBD, BA. Sensor parkir terdapat di semua model. Saat mundur terbantu oleh kamera parkir (seluruh tipe). Kemudian Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA) telah menjadi standar pabrikan.

    Andai disuruh memilih, mungkin sebaiknya ambil tipe G Hybrid CVT. Harga cuma Rp458 juta. Sedangkan trim V 2.0 gasoline Rp467 juta on the road Jakarta. Makanya tak heran, dari total jumlah pemesanan, jenis HEV paling banyak diminati hingga 80 persen. Layak dimiliki, buat perjalanan jauh nyaman, tak mudah lelah. Namun harus sabar menunggu pemesanan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Toyota Kijang Innova Zenix Punya Visibilitas dan Fleksibilitas Tinggi Karena Hal Ini

    Jelajahi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya
    • Toyota Calya
      Toyota Calya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dari Carvaganza

    • Paus Fransiskus Pilih Keliling Jakarta Naik Toyota Innova Zenix Hybrid, Segini Harganya
      Paus Fransiskus Pilih Keliling Jakarta Naik Toyota Innova Zenix Hybrid, Segini Harganya
      Anjar Leksana . 05 Sep, 2024
    • Jakarta - Malang dengan Mobil Hybrid All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
      Jakarta - Malang dengan Mobil Hybrid All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
      Anindiyo Pradhono . 07 Apr, 2024
    • Kenal Lebih Dalam Toyota Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Ini Saat Service
      Kenal Lebih Dalam Toyota Innova Zenix Hybrid, Perhatikan Ini Saat Service
      Setyo Adi . 12 Mar, 2024
    • Evolusi Toyota Kijang Innova Zenix HEV Raih Best Hybrid Award oleh Carvaganza
      Evolusi Toyota Kijang Innova Zenix HEV Raih Best Hybrid Award oleh Carvaganza
      Alvando Noya . 15 Okt, 2023
    • Carvaganza Tunjuk Toyota Kijang Innova Zenix HEV Raih Best Product Development Award
      Carvaganza Tunjuk Toyota Kijang Innova Zenix HEV Raih Best Product Development Award
      Muhammad Hafid . 13 Okt, 2023

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV dari Oto

    • Berita
    • Road Test
    • Paus Fransiskus Gunakan Toyota Innova Zenix V HEV Senilai Rp550 Jutaan
      Paus Fransiskus Gunakan Toyota Innova Zenix V HEV Senilai Rp550 Jutaan
      Anjar Leksana . 04 Sep, 2024
    • Alasan Mengapa All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV Pilihan Tepat untuk Berpelesiran bersama Keluarga
      Alasan Mengapa All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV Pilihan Tepat untuk Berpelesiran bersama Keluarga
      OTO . 08 Apr, 2024
    • Jakarta - Malang dengan All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
      Jakarta - Malang dengan All New Toyota Kijang Innova Zenix Q HEV
      OTO . 07 Apr, 2024
    • Skema Cicilan Syariah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid 2024 dengan DP 25 Persen
      Skema Cicilan Syariah Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid 2024 dengan DP 25 Persen
      Anjar Leksana . 26 Mar, 2024
    • Kijang Innova Zenix HEV Dominasi Pemesanan Toyota di IIMS 2024
      Kijang Innova Zenix HEV Dominasi Pemesanan Toyota di IIMS 2024
      Anjar Leksana . 28 Feb, 2024
    • First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
      First Drive All New Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid Modellista: Mengupas Cita Rasa MPV Crossover
      Anjar Leksana . 26 Des, 2022