Belum resmi meluncur di pasaran. Namun gambar bocoran New Mitsubishi Xpander CVT 2022 banyak beredar di jejaring sosial. Bahkan tanpa adanya balutan kamuflase sedikitpun. Memang kalau dilihat dari samping, proporsi tubuh tampak sama dengan model sekarang yang dijual. Tapi sebagai major facelift, ubahan roman depan, pelek dan buritan lumayan kentara. Ia sekarang tambah segar untuk menarik minat masyarakat di segmen mobil keluarga.
Yang pertama datang dari muka. Bentuk grille sekarang serbahitam. Bagian atas menggunakan bilah horizontal. Kemudian di bawahnya pakai kombinasi jaring. Alur pahatan tetap bergaya desain Dynamic Shield khas Mitsubishi. Kalau di model lawas semua pakai garis kromium di varian Sport dan Ultimate. Lalu Xpander 2022 memiliki rumah lampu baru seperti huruf T tidur. Sehingga komposisi menjadi lebih padat, tanpa rongga seperti di unit lama. Lantas fog lamp menyatu bareng pelindung bumper depan.
Kalau dilihat dari samping, goresan pinggang dari pintu depan hingga ke ujung belakang tetap sama. Namun pola pelek dual tone turut baru turut mengerek tampilan tambah apik. Ukuran diyakini tetap sama 16 inci. Beralih ke buritan. Daya pikat utama justru datang dari rumah lampu belakang. Sedikit berbeda, menggunakan lengkung huruf L. Kemudian pendaran LED pun dibuat tambah bagus.
Baca Juga: Siap Menggebrak Pasar Lagi, Ini Bocoran Mitsubishi Xpander Major Change
Di bawahnya, Anda menemukan sepasang reflektor vertikal di kedua sisi. Lalu bentuk pintu belakang dibuat agak berbeda. Lokasi pelat nomor berpola trapesium dan bumper tampak dikelir silver. Pewarnaan ini boleh jadi berbeda di tiap varian Xpander 2022. Untuk sementara, belum ada bocoran tampilan kabin sang facelift. Tapi lantaran bukan All New, maka diramal tak jauh-jauh dari model eksis.
Tak mau kalah dengan generasi terbaru Toyota Avanza 2022. Mitsubishi Xpander pun menggunakan transmisi CVT. Tipe penyaluran ini memang memiliki bobot lebih enteng plus kompak dibandingkan matik konvensional. Sistem distribusi tenaga dua puli, memiliki faktor besar sebagai penentu jumlah asupan bahan bakar. Sebab bisa mengatur rasio gigi secara instan dan menjaga putaran mesin (rpm) lebih rendah. Tentu korelasinya adalah tingkat konsumsi bensin semakin sedikit.
Apalagi kalau dalam laporan keuangan Mitsubishi Motors. Xpander model 2023 bakal menjadi kendaraan HEV. Sehingga padanan paling cocok agar bisa mendapat efisiensi optimal ialah transmisi CVT. Entah bagaimana caranya pabrikan meramu formulasi baru, agar saat kendaraan diajak berakselerasi tak lemot. Sebab mekanikal pacu di balik kap depan tak berubah.
Xpander memanggul jantung pacu MIVEC 1,5 liter empat silinder DOHC. Resultan denyut tenaga sampai 105 PS pada 6.000 rpm. Lalu mesin memberi momen puntir sekuat 141 Nm, diraih pada 4.000 rpm. Sebagai pilihan transmisi tetap tersedia manual 5-speed atau CVT. Semua pakai penggerak roda depan. Kabarnya GIIAS 2021 menjadi tempat pengenalan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mitsubishi Xpander Facelift 2022 Dipastikan Pakai CVT dan Berwajah Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.