Perhatikan Beberapa Hal Ini Dulu Sebelum Upgrade Busi

Busi NGK

Busi berperan penting sebagai alat untuk menghidupkan mesin kendaraan. Bertugas menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.

Terdapat tiga elemen utama agar mesin bensin beroperasi dengan baik: campuran kualitas bahan bakar dan rasio udara yang tepat, kompresi, serta percikan api dari busi. Jika ketiga elemen ini terpenuhi, maka performa mesin akan optimal.

Beberapa produsen motor memilih busi dengan elektroda dari Nickel sebagai standar. Namun, untuk meningkatkan performa mesin, Anda dapat mengganti atau meningkatkan busi standar ke versi yang lebih canggih.

NGK menyediakan berbagai varian busi, dari tipe standar (OEM) hingga varian upgrade dengan fitur yang lebih unggul. Fitur-fitur yang membedakan antara lain adalah bentuk Ground Electrode, Central Electrode, dan penggunaan material Logam Mulia pada setiap produknya.

“Untuk pengguna motor harian tapi mau upgrade ke busi yang lebih baik, bisa beralih menggunakan G-Power. Central electrode-nya berbeda dengan busi standard, G-Power terbuat dari bahan platinum,” kata Diko Oktaviano, Aftermarket Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia (NMI), (19/6).

Ukuran elektroda tengah G-Power memiliki diameter 0,6 mm, lebih kecil dari busi standar yang berdiameter 2,0 mm. Elektroda tanahnya berbentuk trapesium, yang berfungsi mengurangi resistensi percikan api, mempercepat pembesaran inti api dan memfokuskan nya.

Dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari busi OEM, pengguna G-Power dapat menikmati beberapa keuntungan seperti pengapian yang lebih optimal, peningkatan efisiensi bahan bakar, dan masa pakai yang lebih panjang.

G-Power tidak hanya untuk pengguna motor sehari-hari, tetapi juga cocok untuk kegiatan berat seperti ojek online yang setiap hari menempuh jarak hingga 200 km. Penggemar kecepatan pun dapat memanfaatkan busi G-Power.

Selain itu, pengguna motor dapat meningkatkan kinerja dengan beralih ke NGK Iridium IX. Dari segi spesifikasi, Iridium IX menawarkan performa yang lebih unggul dibandingkan G-Power dan busi standar OEM.

Keunggulan busi Iridium IX terasa karena elektroda tengahnya yang lebih pipih, menghasilkan percikan api yang konsisten, terfokus pada satu titik, stabil, dan lebih besar. Ini mengoptimalkan proses pembakaran dan membuat mesin motor lebih responsif.

Busi iridium juga lebih tahan terhadap kompresi dan panas mesin yang tinggi. Hal itu membuat usia pakai busi jadi lebih panjang.

“Namun semua itu tidak bakal kita rasakan kalau mesin atau komponen mesin ada masalah. Penggunaan busi aftermarket harus didukung dengan kualitas mesin dan komponen lainnya. Selain itu, minimal kalau mau pakai tipe iridium dan ingin merasakan efeknya, gunakan bahan bakar berkualitas,” jelas Diko.

Busi NGK yang dijual di Indonesia itu ada beberapa jenis. Mulai dari tipe standar OEM (nickel alloy), G-Power, Iridium IX, Laser Iridium dan Laser Platinum, Moto DX, IRI Series dan Racing Competition. (Bgx)

Baca Juga: Panduan Balik Nama Mobil dengan Biayanya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Update Harga Motor Kawasaki per Oktober 2024
    Update Harga Motor Kawasaki per Oktober 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
    Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
    Zenuar Yoga . 04 Okt, 2024
  • IMOS 2024 Janjikan Area Lebih Luas dengan 60 Merek Partisipan
    IMOS 2024 Janjikan Area Lebih Luas dengan 60 Merek Partisipan
    Zenuar Yoga . 04 Okt, 2024
  • Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
    Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
    Anjar Leksana . 03 Okt, 2024
  • AHM Rilis Motor Baru 9 Oktober 2024, New Scoopy 2025?
    AHM Rilis Motor Baru 9 Oktober 2024, New Scoopy 2025?
    Anjar Leksana . 02 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Harga Maksimal Rp45 Juta, Ini Opsi Skutik dan Motor Sport Pakai ABS
    Harga Maksimal Rp45 Juta, Ini Opsi Skutik dan Motor Sport Pakai ABS
    Zenuar Yoga . 16 Agu, 2024
  • Ada Model Baru, Ini Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series yang Dijual di Indonesia
    Ada Model Baru, Ini Kawasaki Ninja 40th Anniversary Series yang Dijual di Indonesia
    Zenuar Yoga . 12 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024