Sungguh mulia GR Heritage Parts Project ini. Toyota Gazoo Racing (GR) berupaya untuk terus melestarikan Supra generasi lawas. Agar tetap hidup tak termakan usia dan kehabisan onderdil. Terutama untuk Supra A70 dan A80, komponen penting diproduksi lagi. Kelak dijual ke Jepang, Amerika Utara, Eropa dan banyak negara lain. Berita gembira bagi pemilik sang legenda.
Proyek ini sudah berlangsung sejak Januari tahun lalu. Tadinya bagian-bagian yang dibuat sangat terbatas. Karena permintaan dari konsumen tinggi, katalog onderdil diperluas. "Ini adalah bentuk kepedulian ke konsumen yang mengidamkan terus mengendarai kendaraan penuh memori mereka, proyek ini membuat ulang onderdil yang sudah diskontinu, dan menjualnya sebagai onderdil resmi," jelas pihak Toyota GR.
Jika semua sudah rampung, Toyota mulai menyuplai ke diler-diler resmi. Jadi sama saja seperti membeli komponen Toyota umumnya. Tapi harus diingat, mereproduksi lagi spare part lama tidak bisa sebanyak dahulu. Pasti ada batasannya dan tidak akan tersedia berlimpah. Barang hanya dijual saat stok tersedia.
Nomor komponen dan periode produksi diumumkan Toyota mulai 1 Juli 2021. Untuk melihat lebih detail bisa klik tautan https://toyotagazooracing.com/gr/heritage. Di Jepang, onderdil SUpra A70 mulai dijual Juli ini. Antara lain tersedia clutch master cylinder, clutch release cylinder, brake hose heater hose, dan kenop kontrol air conditioner.
Baca Juga: Toyota Supra A90 Drifter, Dibuat Pakai Ramuan Masa Lalu
Lalu Agustus 2021, dimulai bagian-bagian bodi A70. Seperti emblem depan, side protection moulding, emblem Supra belakang, front door garnish dan front suspension lower arm. Untuk Supra A80, komponen sensor oksigen juga tersedia Juli 2021. Lalu cover bemper depan menyusul Agustus.
Supra A70 adalah model pertama yang melepas nama Celica. Dibuat antara 1986 hingga 1993, kelegendarisannya tak pernah lepas dari performa mesin dan kehebatan pengendalian. Apalagi kalau bukan menyandang enjin inline-6 turbo dengan pilihan kapasitas 2,0-liter, 2,5-liter dan 3,0-liter. Versi paling berkesan tentu saja memakai unit 1JZ-GTE 2,5-liter I-6 twin-turbo.
Kalau bicara ikon paling terkenal, sudah pasti Supra A80. Generasi penerus A70 beredar sejak 1993 sampai 2002. Jantung mekanis 2JZ-GTE 3,0-liter twin-turbo adalah bintangnya. Kondisi standar mampu menghasilkan tenaga 280 PS dan torsi 431 Nm. Namun selalu jadi bahan modifikasi ekstrem di seantero dunia. Kemampuan yang nyaris tak terbatas dan durabilitasnya, pantas diakui sebagai mesin terbaik sepanjang masa. (Odi)
Baca Juga: Toyota Crown Bakal Punya Versi SUV? Ini Penampakannya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.