Dua brand dengan sejarah panjang saling berkolaborasi. Vespa yang legendaris di otomotif dan Christian Dior di bidang fashion, berhasil menghasilkan produk unik nan berkelas. Memakai basis Vespa 946, versi Christian Dior memperlihatkan estetika tinggi. Desainnya sendiri diinterpretasikan ulang oleh Maria Grazia Chiuri, Direktur Kreatif koleksi wanita Dior.
Vespa 946 Christian Dior merupakan barang kolektor sejati. Dibuat di Italia dengan perhatian khusus, dedikasi, dan ketepatan yang sungguh-sungguh dari salon mode asal Perancis. Model ini hanya tersedia 946 unit.
Bentuk dan gurat 946 dibiarkan sama, tanpa ada revisi apapun. Namun tema dan sentuhan detail dirancang penuh oleh Dior. Tampak dari penandaan motif Oblique yang dirancang oleh Marc Bohan pada tahun 1967 di bawah sadel. Corak ciri khas Dior pastinya mencuri perhatian para fashionista. Bahkan detail terkecil sekalipun mencerminkan komitmen terhadap keunggulan dan savoir-fare yang dibagikan oleh kedua brand tersebut. Salah satunya tote bag buatan Dior - dengan tema sama - tengah naik daun, terutama di kalangan wanita.
Panel bodi seluruhnya terbuat dari baja, disempurnakan dengan bagian aluminium termasuk pelindung lumpur dan penutup samping. Paduan warna dasar putih krem dan list bodi emas juga mencirikan kemewahan. Bahkan aksen gold tertera sampai ke pemutar sadel, bibir pelek, pengait tas, braket cermin aluminium, ujung hand grip, dekorasi "neck-tie", serta rak belakang. Sementara kursi dilapisi kulit biru tua, begitu juga hand grips, jahitan tangan, dan penutupnya.
Baca Juga: Vespa Sprint 150 i-get ABS 10th Anniversary Dijual Terbatas, Apa Istimewanya?
Meski mudah dikenali, rasanya belum lengkap jika tidak mencantumkan nama. Ditulis merek Christian Dior pada "perut" Vespa. Lengkap bersama striping abu-abu hitam menjalar sampai shield dan sepatbor. Pewarnaan ini tentunya turut mewakili identitas sang rumah desain.
Setiap unit Vespa 946 Christian Dior sangat berharga karena disertai welcome kit. Mencakup asal usul kemitraan dan fitur kendaraan, manual penggunaan dan perawatan, dan buklet garansi. Kit tersebut juga dihadirkan dengan penutup aluminium berlapis krom untuk meningkatkan area kursi menempel pada body - sesuatu yang selalu menjadi salah satu ciri khas Vespa 946 - dan akan dipasang pada Vespa saat customer menerima pengiriman sepeda motor tersebut.
Diluar pengemasan tak ada yang berubah. Fokusnya memang soal menerjemahkan 946 dari sudut pandang desainer Prancis. Makanya mesin 150cc 3V, Injeksi Elektronik tetap jadi sumber tenaga. Bodi monokok yang terbuat dari baja lembaran (berkualitas tinggi) dan penggunaan elemen aluminium pada setang kemudi, dudukan jok, panel body samping, spakbor depan dan batang spion.
Dalam hal keamanan, ia punya modal 220 mm disc brake ganda, ABS dual channel, dan sistem kontrol traksi elektronik ASR. Roda besar berukuran 12 inci, serta roda aluminium alloy yang dapat dilepas-pasang.
Produk istimewa ini sudah ada di Indonesia diboyong Importir Umum (IU). Ada tiga unit yang pertama hadir. Boston Motoshop salah satu dari tiga pemilik Vespa mewah itu. Karena unitnya langka dan banyak peminatnya, Boston kemudian menawarkan lewat sistem lelang. Pada akhirnya skuter warna putih krem dengan aksen emas itu pindah tangan seharga Rp1,35 miliar. (Bgx/Odi)
Baca Juga: Vespa Buatan Indonesia Diproduksi di Pabrik Cikarang Akhir 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.