Persaingan Otomotif Makin Ketat, Mitsubishi Dirikan Training Center Senilai Rp250 Miliar
Guna meningkatkan pelayanan bagi konsumen dari sisi purnajual. MMKSI meresmikan Training Center di Kawasan Industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Fasilitas ini menjadi pusat pelatihan Mitsubishi Motors terbesar di Indonesia sekaligus di kawasan Asia Tenggara. Seremoni dihadiri oleh jajaran direksi dan manajemen. Harapannya, supaya mereka bisa menjadi brand yang dapat diandalkan. Termasuk dalam menghadapi persaingan kian ketat dari rival baru, pabrikan Cina dan Korea.
KEY TAKEAWAYS
Mitsubishi Motors Training Center terbesar di ASEAN
Nilai investasi mencapai Rp250 miliar“Menjadi Training Center Mitsubishi Motors terbesar di wilayah ASEAN. Fasilitas ini akan memainkan peranan penting memastikan kesiapan kami untuk menjaga brand tetap kompetitif dalam persaingan dan tantangan yang serba cepat di industri otomotif di Indonesia. Juga sebagai Training Center global. Dalam perjalanan menuju eksistensi brand Mitsubishi Motors ke-55 tahun bersama Indonesia. Investasi berharga ini menjadi bagian dari komitmen kami untuk terus berkembang,” ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.
Wilayah Jabodetabek dipilih sebagai domisili Mitsubishi Motors Training Center. Karena lokasinya strategis, serta kontribusi wilayah yang sangat baik. Atau sebesar 40 persen terhadap penjualan model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors secara nasional. Tak hanya itu, angka service incoming unit (SIU), atau jumlah kendaraan yang datang ke diler untuk melakukan perawatan ke bengkel resmi di wilayah Jabodetabek sepanjang 2023 mencapai lebih dari 200,000 unit.
Nah, Mitsubishi Motors Training Center ini terletak tidak jauh dari pintu keluar Tol Cibitung, mulai beroperasi pada 14 Oktober 2024 dan akan menjadi training center utama Mitsubishi Motors di Indonesia. Mereka juga memiliki delapan fasilitas Mitsubishi Regional Training Center (MRTC) lain di delapan kota. Di antaranya Medan, Palembang, Cikarang, Kebumen, Mojokerto, Makassar, Banjarbaru dan Bandung. Selama ini, MRTC menjadi fasilitator penyelenggara training basic kepada tenaga ahli area after sales di seluruh diler Mitsubishi Motors di Indonesia.
Adapun nilai investasi, fasilitas yang lengkap dan target output Mitsubishi Motors Training Center dibangun dengan investasi sebesar Rp250 miliar. Semua itu dilakukan demi meningkatkan standar kualitas layanan terbaik ke jenjang lebih tinggi lagi. Tentu melalui pelatihan sumber daya manusia yang bertugas di garda depan jaringan diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors. Berdiri di atas lahan seluas 20.200 m2 serta bangunan dua lantai dengan total luas 8.895 m2. Pusat pelatihan didesain dengan konsep modern, sesuai nilai dan semangat perusahaan.
Untuk pelatihan, Mitsubishi bilang, Training Center memiliki tenaga pengajar kompeten dengan sertifikasi dan standar operasional global. Pengajaran di sini dilakukan guna menunjang pelatihan level intermediate dan advanced bagi para tenaga ahli terlatih. Dan seluruh fasilitas serta tenaga pengajar akan mendukung seluruh kebutuhan terkait dengan aktivitas penjualan, servis kendaraan dan penyediaan suku cadang, serta sarana bodi & cat.
Berbagai aktivitas pelatihan dan pengembangan tenaga garda depan diler mencakup banyak hal. Mulai dari petugas di zona penerimaan tamu, seperti petugas resepsionis, service advisor dan salesperson. Para trainee nanti tidak hanya akan mendapatkan ilmu secara teori, tapi juga ada sesi roleplay dan praktik atau simulasi yang akan menunjang kemampuan petugas. Selain itu tersedia area pelatihan mumpuni bagi para tenaga mekanik. Berhubungan dengan servis kendaraan hingga pelayanan perbaikan bodi & cat.
Lalu semua materi pembelajaran akan dilakukan di ruang-ruang kelas bersih dan nyaman, dengan fasilitas lengkap untuk mendukung simulasi pada saat pelatihan. Tak hanya itu, tersedia area test course seluas 5,625 m2 di area outdoor, yang bisa digunakan oleh para trainee untuk melakukan uji kendaraan untuk training produk maupun training yang terkait purnajual, untuk mendapatkan real experience terhadap produk-produk Mitsubishi Motors.
Kurikulum Pelatihan Mitsubishi Motors Training Center digadang akan menjadi pusat unggulan dalam pengembangan keterampilan dan kapabilitas tenaga kerja, guna memenuhi kebutuhan semakin meningkat dari diler-diler mereka di seluruh Indonesia. Fasilitas memiliki kapasitas pelatihan dengan total output lebih dari 6.000 orang atau meningkat tiga kali lipat dari sebelumnya. Ada 46 sesi kelas pelatihan bagi sales training untuk 2.600 orang dan 351 sesi kelas pelatihan layanan purnajual yang terbagi dalam kelas teknis, kelas non-teknis, dan bodi & cat, untuk 3.200 orang.
Tidak hanya dari sisi fasilitas dan infrastruktur, MMKSI juga telah mempersiapkan kurikulum dan materi pelatihan untuk level intermediate dan advanced yang akan diimplementasikan dalam pelaksanaan training di lokasi ini. Kurikulum layanan purnajual yang dipergunakan merujuk pada standar kurikulum pada Mitsubishi Motors Global Training Center, berupa MSA (MItsubishi Service Advisor) Training, MSTEP (Mitsubishi Service Technician Education Program), M-BaP (Mitsubishi Body and Paint) Training dan spesial training lainnya. Kemudian kurikulum mengenai layanan penjualan yang dipersiapkan adalah salesmanship training untuk level Salesforce hingga Branch Manager, TIFOTI (Training For Trainer) dan customer satisfaction training. Dari berbagai pelatihan, peserta diharapkan memiliki skill unggul di dalam proses penjualan dan pelayanan kepada konsumen. Adapun syarat dan ketentuan peserta training adalah personel diler yang ditunjuk dengan mengacu kepada ketentuan masa kerja dan pengalaman training didapat sebelumnya. (Alx)
Baca Juga: Mitsubishi DST Concept, Jagoan Baru di Segmen SUV Pasar ASEAN
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Mitsubishi Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil Mitsubishi dari Carvaganza
Artikel Mobil Mitsubishi dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test